LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2 (NEW KRISTAL)

BABAK BARU LENGKENG KRISTAL 2 PER DOMPOL BISA 3 Kg!

Kristal 2 - top foto 1
GEGER LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2. Sebenarnya saya pingin menyimpan foto saya ini selama mungkin, terus terang (maap) saya dah kewalahan rasanya melayani besarnya permintaan bibit lengkeng Kristal 2 yang fenomenal ini (soalnya pada nggak sabaran, pingin cepet dikirim bibitnya kalo dah transfer…hhheehe). Mana ada sich lengkeng yang hampir begitu sempurna seperti lengkeng satu ini: ya manisssnya yg mak nyesss (pas, nggak manis banget, dijamin nggak berhenti makan), ya daging buahnya yg begitu tebelll dengan bijinya yg kecil, ya bentuk buahnya yg bulet gede……dan begitu kering daging buahnya itu lho jadi nggak merepotkan kalo kita sedang asyik makan buah lengkeng. Trus ngapain akhirnya saya munculkan jugak foto ini???
Gara-garanya itu muncul varietas lengkeng baru, tapi blum tersedia bibitnya. Nah, ini kan jlas bikin repot saya…..hp saya trus berdering…hadeww…..Ketika saya tawarkan lengkeng top Kristal 2 ini sebagai penggantinya, ada yg justru balik bertanya:
“Apa buahnya selebat seperti yg di foto ini???”, tanyanya sambil memperlihatkan/ mengirimkan foto wartawati majalah pertanian bersama lengkeng baru tersebut. Kebetulan di fb saya nge-share jugak.
Woalah, belum tahu dia!!!
Saya pun langsung kirim balik foto saya ini.
“Lihat baik2, pak……meski hujan lebat……lengkeng ini bandelnya minta ampun. Buahnya lebat juga kan?? Kalo bapak lihat dompolan terbesar yang paling kiri itu diperkirakan (sampai saat ini belum di panen – kurang lebih 3 Minggu lagi) beratnya nyampek 3 Kg…..lebih keren kan???”
Diem, tak ada jawaban.
Tuttt….tuuuttt…tuuttt….
Malemnya pesanan besar dan bertahap muncul di BBM saya….
Alhamdulillah.
Karena saya pikir sudah terlajur beredar, ya udah skalian dibikin status aja….xiiixii…..sambil berdoa: moga2 Anda tertarik jugak!!!!!
Aaamiiin.

(sengaja dikirim pas jam 12 malam ini….biar nggak geger….hehhhee).

Ini yang 3 Kg itu:

lengkeng Kristal 2 per dompol 3 kg


DURIAN KENDIL

KLANGENAN IBU TIEN SOEHARTO

brongkol2

DURIAN KENDIL FROM BRONGKOL. Kali ini, rasanya bener2 miris mendengar nasib Durian Pelangi kita yang mulai dikebunkan secara besar2an di negara jiran. Apa selamanya kita begini, baru bergerak setelah orang lain dah berlari jauh?? Kegundahan itu membawa saya jalan2 ke Brongkol, sebuah tempat yang dihuni belasan ribu pohon durian yang sedang berbuah dengan luas areal mencapai 60 hektar lebih…ckkckkk….bukan cuma kebun doang tapi hutan belukar durian, bok……mulut saya sampai melongo melihat buah bergerombol pendek2 dan begitu buuanyak varietas durian di sini…..wuih keren pokoknya dan jangan menyebut diri maniak durian deh kalo belum ke sini…hehhee…soalnya hanya di lokasi inilah bila pas musim durian, sampeyan bisa dapet beronggok2 durian afkiran yg harganya murah banget cuma Rp 5.000 per butir. Namun, tempat yang dulunya jalur penting perang gerilya ala Jendral Sudirman ini (waktu pertempuran palagan Ambarawa), menyimpan juga segudang durian eunak, exclusive dan sangat mahal, diurutan teratas ada Durian Kendil. Yah, bentuknya memang lucu kayak kendil (periuk), soalnya bisa diletakkan dalam posisi berdiri tegak kayak kendil tanpa bergulir. …luar biasa….
Entah karna peristiwa heroik tadi atau karna jaman dulu pernah juara kontes durian…..shg durian Kendil inipun selain jadi mascotnya Brongkol, juga terkenal menjadi klangenannya ibu Tien Soeharto. Enaknya durian special sajian istana ini jangan ditanya…..penampilan juringnya aja berisi daging buah yang begitu menyatu sehingga terlihat begitu padet dan tebelll….manis daging durian yang berwarna kuning mengiurkan ini bertekstur lembut dengan diselingi rasa pahit yang justru membikinnya jadi legit. Efeknya bisa dibayangkan, dagingnya yg legit itu langsung lengket… menempel di dinding2 mulut dan lidah kita…..menyebar kenikmatan! Kalo lengketannya itu Anda ambil dengan mempermainkan lidah….pelan2… Wooooww…..enakkkkk tenan, Nyo!!!

NANGKA SUPER

INDONESIA GUDANGNYA NANGKA SUPER

NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen…..yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya “Bibit Buah”, banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya…..lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!….jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka…..Martinah sayang abang pingsan!…hehhhee……
Foto: NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen.....yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya "Bibit Buah", banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya.....lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!....jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka.....Martinah sayang abang pingsan!...hehhhee......

DURIAN DM (DIBYO MAS)

 PULENNYA POLL!

dimas 1Terkadang kita begitu kecewa berat dengan kelakuan pembeli kita, mereka seenaknya menghina, menjelek-jelekkan, bahkan terkadang tega menipu kita. Demikian pula dengan kisah apa yg dialami pemilik durian ini dulu, saking kecewa beratnya atas jerih payah yang dilecehkan, seluruh uang yang didapatnyapun dibelikan buah durian di desa-desa, mengobati rasa pilu sambil jalan-jalan. Berhari-hari tak terasa dia sudah menyantap banyak durian, lidah jadi begitu mati rasa. Namun betapa terkejutnya dia ketika suatu siang merasakan salah satu durian yang dibelinya, krasa pulen bener! Dagingnya yang kering, tebal kayak berlapis-lapis, dan bijinya yang begitu kecil juga terpisah selaput lapisan…..membikinnya cepet kenyang meski baru makan 3 pongge. Jlas beda dengan durian-durian yang tlah dimakannya. Luar biasa enak menurutnya. Dicowel pakai tangan pun nggak kalah nikmat. Alhamdulillah….itulah upah sebenarnya yang dia dapat langsung dari Tuhan…hehhee. Dia langsung kembangkan durian ini.
Keistimewaan durian ini pun berlanjut, dengan perawatan maximal ternyata beratnya bisa mencapai 7-11 Kg….Wooww! Nikmat banget kalo dimakan setelah jatuh, manisnya segerrr…..bikin kerjab-kerjab, nggak bisa digambarkan dengan kata-kata….nah, kalo pingin rasa pahitnya muncul….biarkan aja 2-3 hari….2 pongge aja serasa nggak kuat!!! Lucunya lagi, kalo berbuah nggak serempak. Begitu panen mau habis, eh muncul lagi tuh pentil durian…..Ckkkkckkk…. kapan habisnya kalo gini, dap! Namun jangan harap bisa mudah mendapatkan durian ini. Ada yang njaga. Karna daftar indennya bukan pembeli biasa, tapi anak cucu yang bereret-reret……bener2 durian hak milik keluarga……hehhee….makanya paling cocok nich ditanam sebagai durian keluarga jugak…..praktis, karna dagingnya mudah dipindah ke wadah, dan dibawa kemana-mana sebagai oleh-oleh…..nggak blenyek…..TOP dah juragan!

Oh ya….ini penampakan biji dan kulit duriannya yang kuning menarik sedang dipegang pak Dibyo sendiri.

biji DM pak Dibyo durian DM 2

DURIAN DURI HITAM (BLACK THORN, OCHEE)

JAWARA BARU DURIAN TERNIKMAT

black thorn durians

The best of BLACK THORN DURIAN (Ochee). Dalam episode terakhir: Upin & Ipin pun berteriak kegirangan ketika durian Duri Hitam keluar sbagai Juara Baru Pertandingan Raja Buah di Kampong Durian Runtuh mengalahkan durian2 lain termasuk Musangking. Jlas itu kemenangan ke-6 yang disabet Tok Dalang! Ini mungkin cuma film animasi tersohor, tapi jangan salah bahwa film ini dikerjakan oleh sekumpulan anak2 muda cerdas dan kreatif dri negri Jiran yang dikenal sbg penghasil buah silangan dengan mengutamakan rasa. Jadi nggak main2 kan mereka menempatkan Black Thorn sebagai number 1? Masih langkanya durian ini di negri asalnya lah yg membuat banyak orang penasaran sehingga banyak crita melegenda dri durian apik ini.Di alam nyata, lumbungnya durian Penang telah mengakui durian ini sbg jawara sejak lama: lebih Power dri Musangking dan lebih mahal tentunya. Rasanya yg selangit hanya bisa dirasakan oleh para maniak! Kita yg awam agak sulit menggambarkan kenikmatannya. Seorang maniak durian seperti Unan Rimba yg dah ngrasain durian2 top pun sampai perlu menyediakan air putih untuk memakannya. Dan perlu jempol ketiga untk mengangumi paduan rasa dan warna kuning orange durian ciptaan Tuhan ini. Lezatnya menyengat, legit banget! Pahitnya yang krasa diujung-ujung begitu mengetarkan lidah, namun secara cepat tertutup oleh legitnya yg sangat mendominasi tadi. Muter2 pokoknya. Jadi yg trasa ya manis ya legit, meski nikmat pahitnya bisa 2 kali lipat dari Musangking.Kalo dalm berjualan, saya pernah menggambarkan nikmat durian Monthong itu kayak nasi aja dan durian Musangking kayak lauknya dan itu bisa membikin bibit Musangking laris manis. La trus durian Duri Hitam ini kayak apa y?? Kayak lauk juga, namun istimewanya seperti dimasak dan disajikan sedemikian rupa oleh Chef Internasional…..jadinya nikmat banget…..bumbu2nya itu lho jlas the best…..alamaaaaak, bener2 mak yuuusss….
(lihar foto dr Durian).
duri hitam7

JERUK KEPROK GARUT

AROMA JERUK GARUT BIKIN NGILER!!!

jeruk garut mas Doyo2

Gara2 begitu hebohnya berita tentang Aceng Fikri, membuat nama Garut langsung melejit, termasuk Jeruk Keproknya. Jeruk yang pernah berjaya sebelum tahun 90-an shg masuk dalam deretan jeruk keprok terbaik di negeri ini, tlah dihajar habis2an oleh bencana letusan gunung Galunggung dan serangan penyakit CVPD yang parah. Puluhan tahun tak juga kembali bangkit, namun kasus Kang Aceng mendadak menyadarkan kita, ada emas tersembunyi di Garut. Perlahan tapi pasti, jeruk Keprok Garutpun mulai dikenal lagi, apalagi ternyata bibitnya sudah bebas dari momok menakutkan CVPD itu. Kok CVPD lagi, makhluk apa sih itu???

Saya begitu ngeri melihat sendiri dahsyatnya akibat wabah CVPD (HIV/ AIDS-nya jeruk), ketika mengirim bibit2 buah ke pelanggan saya: mas Wardoyo Gonzalez di desa Girirejo (deket Wisata Kopeng). Sepanjang jalan yg saya lalui saat masuk desa yg dulu gudangnya jeruk itu, ternyata masih menyisakan pohon2 jeruk Keprok lokal meranggas yg kurus tegak berdiri dengan sedikit buah, namun batang pokoknya dipenuhi lendir2 yg menjijikkan. Ibaratnya mati segan, hidup pun tak mau. Nah, pelanggan saya ini rupanya tak putus asa, dia nekad nyoba mengebunkan Jeruk Keprok Garut di sawahnya, jauh dri wilayah epidemic, hasilnya luar biasa. Dia pun menikmati hasil panen jeruknya yg manis menyegarkan itu……
Lihatlah kebahagiaan yg terpancar di wajah anak dan istrinya!

WARNING!!! Tapi jangan coba2 ya sembarangan makan buah Jeruk Garut ini di tempat umum, karna saat Anda buka…..wangi segarnya bikin orang di seluruh ruangan menengok ke Anda dengan air liur mentes….. mulut menganga…….hehhee…….kabuurrr…
Aroma wangi khas Jeruk Garut memang bikin orang lapeeeerr…..
Apalagi ketika dibuka…..
daging buahnya berwarna kuning kemerahan…..
Wuih, bikin tak sabar langsung lep…..
dan rasanya yg sangat manis namun menyegarkan
bener2 memanjakan lidah kita pada tiap bulirnya
topnya lagi
tanpa rasa pahit sedikitpun
soalnya daging buahnya mudah banget terlepas dri kulit arinya
keren kan!
dan saking melegendanya jugak,
jeruk satu ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti demam
dan yang woooow….
bisa bikin anak2 kita jadi pintar!!!

Namun kalo saat ini Anda makan jeruk Garut
dan tidak seheboh crita saya di atas
trus dapetnya murah jugak
(soalnya per kilonya Jeruk Garut bisa nyampek Rp 30.000,-)
bisa dipastikan nggak ASLI jeruk Garutnya sampeyan
pingin yg asli???
tanem bibitnya aja, dijamin asliii lho……
dijamin MANISSS!!!
Mak Yess…..

DEWANDARU

CHERRYNE WONG JOWO DIPERCAYA BAWA WAHYU

dewandaru
DEWANDARU atau Cermai Londo atau bahkan ada yang menyebut Java Cherry…..top banget kalo sedang berbuah…..terlihat warna buahnya bertumpuk-tumpuk, ada yg masih hijau, kuning, merah dan merah kehitaman. Indah nian! Akhir-akhir ini didapuk sebagai buah anti kanker dan anti oksidan yg ampuh, karna kaya akan kandunga kimiawi yg dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

READY STOCK:
Bibit buah Dewandaru
Tabulampot Dewandaru