Nangka + Cempedak = Nangkadak

Satu prestasi luar biasa anak bangsa Tim Ahli Pemuliaan Tanaman Taman Wisata Mekarsari melakukan perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dan cempedak (Artocarpus integer Merr) pada tahun 2000, setelah melalui evaluasi penelitian selama tiga tahun, ditemukan tiga varietas unggul baru yaitu, nangkadak, cempeka dan pedakka.

Dimana tumbuhan ini masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, secara umum sosok tanaman dan tipe buah dari silangan ini lebih mengarah kepada cempedak, tetapi ukuran buah yang dihasilkan serta kualitas buahnya jauh lebih unggul dan berbeda dari induk aslinya. Bentuk buah nangkadak berbentuk silindris dan berkesan padat, aroma ketika buah matang terasa sangat lembut, tidak setajam cempedak, tapi lebih mengarah pada aroma nangka.  Nangkadak memiliki tekstur daging buah lembut dan dami buah tidak lengket karena getah yang dihasilkan sedikit

 Keunggulan lainnya dari buah ini adalah rasanya yang sangat manis dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Buah yang dihasilkan pada musim hujan pun tetap manis, tidak seperti nangka maupun varietas cempedak lainnya yang sedikit berkurang rasa manisnya, bahkan terasa hambar jika berbuah di musim penghujan.

Berbeda dengan pohon nangka pada umumnya yang ketinggiannya dapat mencapai 20 hingga 30 Meter untuk ukuran nagka besar dan 6 sampai 8 Meter untuk ukuran nangka kecil, pohon Nangkadak setinggi  2 Meter saja sudah dapat menghasilkan buah yang sangat banyak..

Buah Nangkadak berukuran lebih kecil dibanding varietas lainnya, tapi nangkadak lebih cepat berbuah, Saat berusia 2,5 Tahun saja, satu pohon Nangkadak sudah dapat berbuah dari 30 hingga 50 buah sehingga sangat cocok untuk dikomersilkan

Keunggulan Nangkadak :

  • Aroma buah lembut, tidak terlalu kuat.
  • Daging buah tebal & berwarna menarik (kuning orange).
  • Rasa mendekati nangka dengan tingkat kemanisan tinggi (30° brix).
  • Tekstur daging buah lembut tanpa serat. Ukuran buah sedang (3 – 5 kg).
  • Tanaman memiliki sosok & tajuk yang kompak, pendek & rimbun.
  • Tanaman berumur genjah (2 – 3 tahun). Produktivitas buah cukup tinggi (30 – 50 bh/phn/panen).
  • Buah unik karena merupakan perpaduan nangka dengan cempedak.

Diambil dari berbgai sumber.

About these ads