ALKESA

Alkesa – Sawo Mentega

Di Majalengka kalo pas musimnya, banyak penjual Alkesa di pinggir jalan. Namun namanya berbeda yaitu ‘Tjampolay”. Bahkan terkenal di kota Ceribon syrup Tjampolay, sebagai oleh-oleh khas kota udang.

Di Jakarta lah buah ini dikenali sebagai buah Alkesa (Lucumma nervosa), Alkesa adalah jenis buah yang keberadaannya sudah mulai sulit dijumpai keberadaannya di Jakarta. Alkesa  termasuk tanaman sawo-sawoan yang dapat memiliki ketinggian batang mencapai 10 meter.

Tampil dengan kulit buah berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah menjadi kuning saat buah sudah matang, Alkesa memiliki rasa buah yang unik yaitu merupakan campuran antara lembutnya alpukat dan manisnya ubi tetapi tidak berserat.

Sampai menjelang kepunahannya di Jakarta, buah asal Amerika Selatan yang kaya akan kalori, zat tepung, vitamin dan mineral ini belum pernah dimanfaatkan maksimal. Padahal jika dilihat dari tekstur buahnya, Alkesa sepertinya cocok dijadikan bahan baku selai, dodol maupun dikeringkan menjadi tepung sebagai bahan cookies atau kue kering.

Alkesa kian langka, mungkin kita adalah orang yang beruntung dari sekian banyak orang yang tidak pernah merasakan uniknya rasa buah sawo mentega ini.

Diambil dari berbagai sumber.

Tinggalkan komentar