Mudanya Apel, Tuanya bak Kurma

Jangan coba-coba menanam pohon ini, jika Anda malas merawat tanaman. Bila dibiarkan (tanpa pemangkasan) maka pohon ini akan berubah menjadi semak belukar yang menutupi sebagain besar halaman Anda dan sifatnya memang ekspansif.

Asal tanaman ini dari negri Tirai bambu, dengan berbagai nama/ sebutan yang lucu-lucu. Nama latinnya aja Ziziphus ziziphus. Di Thailand terkenal dengan nama ‘Putsa’. Adalagi yang menyebutnya Chinese date, Indian plum, atau Indian jujube. Bahkan ada yang menyebutnya Apel India, Kurma India, atau Apel dataran rendah, sedangkan kita menyebutnya ‘Widara’. Bingungkan??? Tapi kenapa paling banyak menyebut kata ‘India’, mungkin karena disanalah mulai dibudidayakan secara modern dan dalam skala besar. Dari namanya saja sudah kebaca betapa plin=plannya (bingungnya) orang memandang tanaman buah ini, Itu memang sangat beralasan, betapa tidak? Kalau masih muda berwarna hijau kekuningan rasa buahnya kayak Apel, tetapi kalau sudah tua berwarna merah rasanya jadi berubah kayak Kurma.

Sebenarnya ini menjawab kebutuhan kita akan Apel dan Kurma yang tidak bisa berbuah di sembarang tempat. Dengan Putsa, kita mampu memetiknya langsung di pohonnya di dataran rendah lagi. wooowooooww.

Selama ini kita masih kurang menghargai Widara, karena memang dianggap dari kultivar yang rendah (kurang unggul). Sekarang dengan masuknya Putsa, kita bisa kok mengebunkan secara komersial, apalagi bila kita mau, tanaman ini bisa dimanipulasi dengan hormon menjadi lebih besar (bisa sebesar apel manalagi), lebih manis dan enak buahnya.

buah putsaku

About these ads