Besarnya 2 X Jambu Citra

Thongsamsi1
Cerita dibalik KONTROVERSI THONGSAMSI alias JAMBU AIR “SUPER JUMBO” CITRA. Foto terkenal di atas memang banyak menimbulkan pro kontra di sini (dri album pak Nonot). Banyak yg nggak rela nama Citra diganti Thongsamsi, menurut mereka itu cuma perlakuan yg berbeda aja shg bisa jumbo gitu; penjarangan buah menjadi alasan mereka. Padahal semuanya itu dimulai dari kesenangan kok. Saat saya ditanya knapa suka akunting yg merupakan satu2nya bahasa resmi bisnis itu, jlas karna saya senang ngomong sama angka2 yg merupakan wujud lain dari uang. Setiap membaca laporan keungan, angka2 itu seperti memberitahu dari mana dia berasal, brapa jumlah dia sesungguhnya, akan kemana dia nantinya, dll. Itu luar biasa menarik untuk diungkap, shg akibat rasa penasaran itu, maka berlembar2 laporan tak terasa teraudit sudah. Demikian pula ketika pak Sarno di Banyumas menciptakan indukan durian Bawor, tak terasa batang bawah yg ditempel sudah membentuk seperti piramida saking banyaknya. Dia melakukan karna senang aja. Toh dia mikir Monthong cs plasma nutfahnya adalah durian Pontianak juga yg dicuri.
Namun kalo dia tahu ini pasti kecewa; soalnya musibah Monthong kembali terulang lagi, akibat kesenangan jugak, ada petani bernama Opas Kasetsuanpetch di Thailand sono begitu tergila2 sama jambu air. Setelah tak sengaja menemukan jambu air Citra yg disia2kan negara kita (padahal sudah menyandang predikat jawara/ unggul). Si Opas ini pun memboyong dan menanamnya, saat berbuah dia terbengong-bengong melihat bentuk dan rasanya yg ciamiik. Otaknya pun berputar2, supaya bisa diekspor harus disandingkan dng jambu2 air Taiwan yg sudah kelewat mendunia, terlihat Citra kalah jauh dri segi ukurannya. Jambu ini jlas perlu dipermak, pikirnya. Dia pun berpikir praktis, mempersiapkan nama yg lebih menjual, seperti nama jambu2 Taiwan. Thongsamsi pun jadi pilihan.
Tak banyak cingcong, dia pun menyilangkan dng beberapa jambu air unggulan, juga menyambungkan dng batang bawah top lokal….trus ditanam dng sistem guludan/ kanal dan perawatan klas satu, hasilnya bener2 kece; pasar Hongkong langsung disabetnya karna ukuran jambu Citra bim salabim menjadi 2 kali lipatnya! Woooww!!!!! Kenikmatannya pun berlipat, manisss meski blum matang bener, bak perokok mirip rokok Djisamsu ……bikin ketagihan. Makan satu jambu Thongsamsi (emas tiga warna) meski jumbo dijamin TIDAK CUKUP!!!!
NB: Moga2 crita ini membuat kita sedikit ngerti lah knapa si Opas ngotot memakai nama Thongsamsi…hehhhee…piece mas Bro….
Bibit buah Jambu Thongsamsi sudah tersedia dan siap kirim…..

Kelihatan Indah y….padahal tidak. Cobalah perhatikan, apa yang janggal dari ranumnya buah Jambu Citra ini? Kalo Anda teliti; ada pada jumlah buah tiap tangkainya. Seandainya saja pemiliknya mau menyisakan hanya 3 buah saja pada tiap tangkainya, maka buah Jambu Citra ini lebih ranum dan besaaar. Dan layak dipajang di Supermarket2 besar. Itu yg terjadi pada petani Jambu kita, gara2 kata ‘EMAN2′ maka buah Jambu Citranya hanya terjual di pinggir2 jalan saja. Sayangkan……

Foto: Kelihatan Indah y....padahal tidak. Cobalah perhatikan, apa yang janggal dari ranumnya buah Jambu Citra ini? Kalo Anda teliti; ada pada jumlah buah tiap tangkainya. Seandainya saja pemiliknya mau menyisakan hanya 3 buah saja pada tiap tangkainya, maka buah Jambu Citra ini lebih ranum dan besaaar. Dan layak dipajang di Supermarket2 besar. Itu yg terjadi pada petani Jambu kita, gara2 kata 'EMAN2' maka buah Jambu Citranya hanya terjual di pinggir2 jalan saja. Sayangkan......
About these ads