Durian Terenak Di Dunia!

petruk4LEGENDA “DURIAN PETRUK” YANG PALING DICARI!
Di kala dirundung nelangsa seperti ini, pingin rasanya makan durian terenak di dunia: durian Petruk! Dijamin lupa galaunya…..lho kok???
Terus terang untuk durian yg satu ini saya sampai geleng2 kepala dng fanatisme para maniak durian yg luar biasa. Banyak cerita menyelimutinya yg bersifat mistis, bahkan tidak masuk akal yg bikin durian Petruk makin kesohor. Pernah saya ngalami sendiri di kios durian deket rumah , saat saya makan durian Petruk versi Gunung Pati yg tinggal atu2nya, tiba2 tanpa ba bi bu seorang ibu nylonong aja ikut makan. Mirip orang nyidam! Dah makannya lbih cepet lagi dari saya, untungnya dia yg bayar….xiiixiii……

Legenda yg termasyur bahkan dihubungkan dng kebesaran para Wali Songo yg dipercaya sambil menyebarkan agama Islam di tanah Jawa juga membawa bibit2 durian Petruk ke beberapa daerah penyebaran, seperti Gunung Pati tadi. Inilah satu2nya buah durian yg bila dimakan dipercaya bawa BERKAH…. Ckkkckkk….padahal Wali Songo kan hidup ratusan tahun yg lalu, sedangkan nama Petruk sendiri berasal dari nama sang pemiliknya yg tinggal di Jepara. Secara nalar terlampau jauh jarak masanya…hehe..
Yang jlas durian Petruk lah salah satu durian yg pernah menyelamatkan muka kita ketika datang serbuan durian enak2 dari luar…..
Maka layaklah bila Pemerintahan kita pada tahun 80-an mengukuhkan durian Petruk dari Jepara sbg jawara durian unggul Nasional. Shg bila masih banyak yg ngaku2 durian Petruk , tapi tidak mengacu pada durian Petruk dri Jepara itu jlas perlu diragukan??? Namun kasusnya malah membabi-buta jadi seperti buah Alpukat ; semua Alpukat lokal yg nikmat dinamakan Alpukat Mentega!….tuh kan….jadi nggak salah kan kalo durian yg bentuknya lonjong memanjang dan eunak dinamakan Petruk semua…….
pokoknya kalo Petruk pasti Eunnaakk!!!
bener2 tak terbayang…..
Kok bisa sih orang2 pd mabuk kepayang gini, padahal warna dagingnya nggak kuning amat, bentuk buahnya jugak nggak lonjong memanjang. Biasa aja…
tapi rasanya boKK!!
Terjawab dah, knapa durian Petruk dibilang durian TERENAK di dunia…
ternyata karna mirip mangga Khio Sawoei yg dah krasa manis sejak muda,
shg saat matang di pohon….puncak kemanisan durian Petruk terasa sempurna…..
wuuuiiihh mak nyus…..
legit pisan…
nggak aneh, rasanya memang bener2 dahsyat…..
tonjokan rasanya manisnya itu lo terus menerus, manis, manissss banget….. tanpa henti dan tanpa rasa pahit….
top….saya suka!!!
bau lembutnya juga tidak menyengat seperti durian2 lain yg terkadang bikin mual….
meski berlemak justru nendang banget…..
apalgi biji-bijinya yg kecil mendukung daging buahnya yg begitu tebeeel ,
dan krasa basah2 lengket lembut daging buahnya langsung lumer di mulut kita….
lidah pun tak berhenti bergoyang mengecap kelezatannya,
saya tersenyum sendiri, makan satu pasti KURANG, mas Bro!!!
pantas aja banyuaaak yg nyari…..
jan….durian yg bikin rindu dendam!!!

NB: meski bibit durian Petruk bercirikan bibit yg tampak lemesan, karna daunnya terkulai…..namun siapa ngira kalo tahan terhadap serangan penyakit busuk akar dan hama penggerek buah yg slalu jadi momok mengerikan petani durian!

READY STOCK:
Bibit buah Durian Petruk.

About these ads