Category: Alpukat


ALPUKAT MENTEGA

TANPA GULA PUN MANIS

CARA BARU. Trus terang Alpukat Mentega lah yang pertama mampu merubah image kita tentang cara memakan buah alpukat. Tidak perlu lagi ada sendok dan gula, apalagi gelas. Anda hanya perlu pisau dapur. Memotongnya mirip klao kita mengiris buah Melon, dan hasil potongannya dapat Anda makan langsung, begitu nikmat……karna daging buah begitu padet, gurih dan manis…….mau???

Foto: CARA BARU. Trus terang Alpukat Mentega lah yang pertama mampu merubah image kita tentang cara memakan buah alpukat. Tidak perlu lagi ada sendok dan gula, apalagi gelas. Anda hanya perlu pisau dapur. Memotongnya mirip klao kita mengiris buah Melon, dan hasil potongannya dapat Anda makan langsung, begitu nikmat......karna daging buah begitu padet, gurih dan manis.......mau???READY STOCK:
Bibit Alpukat Mentega yang pulen.

ALPUKAT WINA

JAGONYA CARI UNTUNG!

ALPUKAT “Montok” WINA yang jago banget cari untung!

Kalo bicara sama petani, maka sebagai Presiden waktu itu, pak Harto memang gila bener……dia bisa berbicara berjam-jam dengan kelompencapir2 di TV. Menjawab atau pun bertanya langsung ke para petani sama lincahnya. Bahkan saya paling seneng lho lihat senyum khas dan tawa beliau ketika ngeles, saat banyak petani menjerit minta dibantu pemasarannya. Terkadang dijawab kalem aja: yo nanam yg sedang laku wae to….hehhhhheee. Dan itu yang dipahami para petani, maka ketika kelompok petani buah lengkeng lokal di Ambarawa dan Bandungan kelimpungan akibat biaya produksi yg melambung, shg hampir tak ada keuntungan yg didapat, mereka pun langsung mencari di pasar2…..kira2 buah apa yg sedang ngetrend dengan kuntungan yg paling tinggi. Kebetulan waktu itu Alpukat sedang naik daun dengan memasyarakatnya mesin blender, sberapapun banyaknya buah alpukat dari petani langsung diserap pasar…….Ckkkckkk. Mereka pun langsung ingat, ada alpukat top banget di samping hotel “Wina” (shg namanya alpukat Wina). Kelompok2 tani ini pun bergerak, dan salah satu anggotanya H. Agus Riyadi memperbanyak bibitnya scr besar-besaran, baik untuk anggota maupun dijual (foto yg terlihat adalah foto promo milik H. Agus jugak). Dan sekarang terbukti. Selain buahnya jumbo dengan berat bisa mencapai 1,3 kg, eunak dri jenis mentega yg lembut gurih nikmat dng sedikit rasa manis, yg istimewanya lagi kulitnya tuh tebel berwarna hijau cerah kekuning-kuningan. Cantik kulitnya ini selain bisa mengalahkan alpukai jumbo Hawaii yg duluan kesohor namun sayang kulitnya kurang menarik, juga bisa dikirim ke luar pulau seperti Kalimantan saking tebel kulitnya. Bahkan kerennya lagi, dng kulit tebel nya ini bila saat mau panen harga sedang jatuh, bisa ditahan di pohon slama 1-2 bulan hingga harga alpukat naik. Keren kan! Trus jumlah buah per dompolannya dahsyat, mas Bro….. banyak lah bisa mencapai 12 buah…..sehingga 1 pohon bila dah buesar bisa kok dihasilkan setengah ton buah. Woooww, tinggal ngitung sendiri tuh untungnya…………….
Nggak heran lah tahun 2011 dah diakui sbg jawaranya alpukat Jawa Tengah.

ALPUKAT HAWAII SUPER

BUAH YANG BIKIN WAJAH TERLIHAT SEGAR DAN CUANTIK!.

Setelah tersibak bahwa buah fenomenal si Jambu Biji Kristal merupakan mutasi dari residu Muangthai Pak yg ditemukan di District Kao Shiung –Taiwan sono dan bukan hasil lab. Maka dimulailah perburuan buah-buahan hasil mutasi. Apalagi munculnya belimbing jumbo Karangsari yang merah merekah di Blitar, yang jelas berbeda dari asalnya si belimbing Bangkok kuning membuat saya pun ikut2an mencari-cari mutasian seperti ini untuk pilihan indukkan. Alam kita memang lain, begitu kreatif. Dari dulu alam kita telah menciptakan banyak varietas buah baru yang berbeda jauh dari asal buah tersebut. Namun begitu, saya tetep aja fokus untuk mencari KENIKMATAN apa yang diberikan buah mutasi tersebut!

Maaf, jangan karena Alpukat jumbo aja sehingga Anda pilih. Atau hanya karena tidak ada ulatnya trus Anda langsung suka…..nikmatkah buahnya? Harusnya sih kita dari dulu menyilang2kan berbagai keistimewaan alpukat2 kita untuk dijadikan satu. Tapi, terus terang nich kita sudah tertinggal jauh untuk urusan itu. Negara bagian Hawaii di Amrik sana telah lama sekali melakukannya , sehingga tak heran sampai ada festivalnya segala. Mereka melakukannya tentu untuk industri yang lebih besar lagi. Bayangkan aja, Alpukat Hawaii yang mereka banggakan itu selain jumbo dengan berat bisa lebih dari 1,2 Kg, daging padet dan tebel dengan biji yang kecil, bisa tumbuh di dataran menengah, genjah karena umur 2 tahunan sudah berbuah, ukuran pohon pun pendek sehingga bisa dipanen dengan mesin, kulitnya bisa dikupas bak jeruk aja, juga daging dalamnya terasa lebih manis bila dibandingkan Alpukat mentega kita, misalnya. Gimana, sempurna kan untuk ukuran buah Alpukat yg bisa membikin wajah kita lebih terlihat cerah dan cuantik ini?Namun alam kita ternyata menambahkannya lebih cihuyy lagi, maka muncul lah ALPUKAT HAWAII SUPER ini: sehingga bisa tumbuh dan berbuah di dataran rendah, tidak berulat untuk bisa berbuah, ukuran bisa lebih besar lagi, bisa berbuah lebih cepat dari 2 tahun (pemilik pohon mengaku 1 tahunan dah belajar berbuah) dan tentunya yg paling penting yaitu rasanya lebih nikmat dan manis dengan buliran2 kuning bak madu. Nah jelas buah super kan????
Image
Lihat aja tampilannya. KUNING MENGGODA. Bila malas ngupas, disendok aja dan Anda pun mendapatkan 3 gelas yang penuh dengan daging Alpukat yg nikmat bak mentega manis beralas roti yang siap santap!!!! Atau bayangkan bila kemudian ditambahi es, trus sirup sbg penambah rasa…… wuiihh, bener2 menyegarkan….….clegukk….sueggggerrrrrrr!!!Tersedia bibit buah Alpukat Hawaii yang super jugak……..

Buah Alpukat Hawaii Super…….dengan bentuknya yg khas…….membikin ngiler siapapun yg melihatnya…..tak tahan tangan ini untk segera memetiknya…..karna membayangkan klezatannya ….wuihhhh…..NYAMMMM…..(sabar mesti diperam dulu…hehhee….)
Foto: Buah Alpukat Kendil.......dengan bentuknya yg khas.......membikin ngiler siapapun yg melihatnya.....tak tahan tangan ini untk segera memetiknya.....karna membayangkan klezatannya bila ditambahi gula....wuihhhh.....NYAMMMM.....(sabar mesti diperam dulu...hehhee....)

Penampakan pohon Alpukat Hawaii Super yg baru blajar berbuah……lihat lah: betapa pendek pohonnya, tidak ada satupun daun yg terkena ulat, buahnya juga besar2………….dan yg penting bisa di dataran rendah…..Ajib!

Foto: Penampakan pohon Alpukat Hawaii Super yg baru blajar berbuah......lihat lah: betapa pendek pohonnya, tidak ada satupun daun yg terkena ulat, buahnya juga besar2.............dan yg penting bisa di dataran rendah.....Ajib!
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.