Category: Durian


DURIAN “NINGRAT” SUNAN

DURIAN SPESIAL UNTUK SUNAN SOLO, YANG BERASA BAK ICE CREAM

Pas jam 12 malam ngluarin status lagi, tentang legenda durian ningrat yang eunak bin enaakkk banget. Masak gara2 ngasih usulan ….eh dikeluarin dri sebuah komunitas durian, padahal beberapa perbincangan durian mereka yang dianggap kontroversial dan jadi perdebatan berlarut2 sering saya deskripsikan di sini.…..
Nah, rasa2nya saya masih nyisakan pr yang sayang banget jugak kalo nggak segera dibikin status, bisa lenyap berlembar2 hasil wawancara……namun sayangnya jugak saya sekarang nggak bisa akses lagi ke sana. Lupa2 inget. Yaitu tentang pernyataan berani salah satu membernya bahwa: durian Sunan lebih enak daripada durian Musangking, Malaysia. Ckkkckkk……benar ke??? Bahkan pernyataan ini mendapat dukungan maestro durian pak Panca Jarot Santoso.

sunan
Pemahaman lebih lanjut durian ini ternyata membawa saya ke daerah asalnya yaitu Boyolali, daerah istri saya jugak. Durian yang penuh mistis, filosofi dan pantangan. Maksudnya dengan memahami filosofi masyaratnya…..ternyata kita jadi tahu seberapa nikmatnya durian yang digembar-gemborkan tertua di tanah Jawa ini.
Tidak cuma bisa bilang enak thok, lebih dari itu!
Soalnys Boyolali itu selain gudangnya susu, abon, buah pepaya, juga terkenal kuliner sotonya yang khas. Jangan bilang sudah ke Boyolali lho kalo belum makan sotonya yg berreret2 sepanjang kota.
Padahal saya sendiri trus terang dari dulu nggak suka makan soto, bingung saya dimana enaknya……tapi sejak dikenalkan oleh istri cara elegan makan Soto Boyolali, saya jadi ketagihan. ….hehhhee…..Soto itu dibuat dengan kuah yg kekentalannya saat disruput trasa gurih banget, jlas dimasak dengan kayu bakar yang lama untuk mendapatkan kuah yg heboh gini dan disajikan cuma dalam mangkok kecil. Tpi dijamin Anda bakalan nambah dan nambah.
Nah demikian pula durian Sunan, nggak besar jugak tapi saking istimewa kelezatannya maka menjadi sakral, meski berbuah buanyak bisa nyampek lebih dari 800 butir per pohon, nggak sembarang orang dulu brani makan durian yang hanya dipersembahkan dan dinikmati terbatas untuk keluarga kerajaan Sunan Solo Hadiningrat…… tanpa dijaga, orang dah takut: ora ilok pokoke….
Seberapa enaknya sih?? Seorang pelanggan saya yang merupakan eksekutif di pabrik Garment dan punya kebun durian Sunan di Ungaran bercerita, suatu kali dia kedatangan seorang maniak durian kawakan yang dah lama nyari2 keberadaan durian Sunan….eh pas disuruh nyicipin…..kok nggak berapa lama teler jugak, padahal baru separuh menikmati durian Sunan miliknya…kejap-kejap….nggak nahan nikmatnya, katanya……hehhee…
Dan ini membuktikan jugak durian sunan tidak bersifat lokalitas…ditanam di mana aja, tidak berubah rasa …….meski Boyolali beriklim kering, seorang pekebun di Bogor pun mengamini itu…..dan kerennya lagi tahan terhadap hama dan penyakit yang merupakan momok menakutkan para pekebun durian yaitu busuk akar dan penggerek buah….
Kok bisa ya, mengherankan? Ini jlas durian sakti kali…..hehhhee….wong kulitnya tipis……kok daya simpan lama dan nggak tembus penggerek buah y…..sip!
Durian unggulan nasional ini seakan dibuat special untk dimakan satu orang, beda dengan Monthong yang perlu teman untuk menghabiskannya. kayak soto Boyolali tadi lah, kalo kurang tinggal nambah…..begitu nikmat…..daging buahnya yang berwarna krem justru tampak lain dari pada yang lain, dagingnya pun terasa begitu keset berlemak pas banget ketika dimakan lembut karena seratnya yang halus seperti menuh-menuhin rongga mulut kita….rasa manis bercampur sedikit pahit diakhir seperti muncrat pelan2 namun terus menerus kita rasakan karna dagingnya sangat tebal dan cenderung berbiji kecil. Paling cuma beberapa biji aja yang sempurna. Lainnya kecil tapi bukan kopek. Jadi bukan cuma seperti ice creamnya Musangking……ini kayak ada topingannya…..ada sesuatu yang lebih namun nggak brani saya omongin. Hasrat kelaki-lakian yang seperti terpancing. Yang jlas saya jadi paham sekarang, knapa ada pantangan dalam memakan durian keramat ini: “Jika Anda ingin makan durian ini bersamaan dengan durian lain, ANDA DILARANG MAKAN DURIAN SUNAN DULU!” Karna bila Anda tetep aja ngotot makan durian Sunan dulu, maka durian lain akan nggak berasa durian lagi……weleh weleh…….….
Xiiixiii……
jadi terbukti lebih enakkan????!

 

Ready Stock:
Bibit buah Durian Sunan

 

DURIAN KENDIL

KLANGENAN IBU TIEN SOEHARTO

brongkol2

DURIAN KENDIL FROM BRONGKOL. Kali ini, rasanya bener2 miris mendengar nasib Durian Pelangi kita yang mulai dikebunkan secara besar2an di negara jiran. Apa selamanya kita begini, baru bergerak setelah orang lain dah berlari jauh?? Kegundahan itu membawa saya jalan2 ke Brongkol, sebuah tempat yang dihuni belasan ribu pohon durian yang sedang berbuah dengan luas areal mencapai 60 hektar lebih…ckkckkk….bukan cuma kebun doang tapi hutan belukar durian, bok……mulut saya sampai melongo melihat buah bergerombol pendek2 dan begitu buuanyak varietas durian di sini…..wuih keren pokoknya dan jangan menyebut diri maniak durian deh kalo belum ke sini…hehhee…soalnya hanya di lokasi inilah bila pas musim durian, sampeyan bisa dapet beronggok2 durian afkiran yg harganya murah banget cuma Rp 5.000 per butir. Namun, tempat yang dulunya jalur penting perang gerilya ala Jendral Sudirman ini (waktu pertempuran palagan Ambarawa), menyimpan juga segudang durian eunak, exclusive dan sangat mahal, diurutan teratas ada Durian Kendil. Yah, bentuknya memang lucu kayak kendil (periuk), soalnya bisa diletakkan dalam posisi berdiri tegak kayak kendil tanpa bergulir. …luar biasa….
Entah karna peristiwa heroik tadi atau karna jaman dulu pernah juara kontes durian…..shg durian Kendil inipun selain jadi mascotnya Brongkol, juga terkenal menjadi klangenannya ibu Tien Soeharto. Enaknya durian special sajian istana ini jangan ditanya…..penampilan juringnya aja berisi daging buah yang begitu menyatu sehingga terlihat begitu padet dan tebelll….manis daging durian yang berwarna kuning mengiurkan ini bertekstur lembut dengan diselingi rasa pahit yang justru membikinnya jadi legit. Efeknya bisa dibayangkan, dagingnya yg legit itu langsung lengket… menempel di dinding2 mulut dan lidah kita…..menyebar kenikmatan! Kalo lengketannya itu Anda ambil dengan mempermainkan lidah….pelan2… Wooooww…..enakkkkk tenan, Nyo!!!

DURIAN DM (DIBYO MAS)

 PULENNYA POLL!

dimas 1

Terkadang kita begitu kecewa berat dengan kelakuan pembeli kita, mereka seenaknya menghina, menjelek-jelekkan, bahkan terkadang tega menipu kita. Demikian pula dengan kisah apa yg dialami pemilik durian ini dulu, saking kecewa beratnya atas jerih payah yang dilecehkan, seluruh uang yang didapatnyapun dibelikan buah durian di desa-desa, mengobati rasa pilu sambil jalan-jalan. Berhari-hari tak terasa dia sudah menyantap banyak durian, lidah jadi begitu mati rasa. Namun betapa terkejutnya dia ketika suatu siang merasakan salah satu durian yang dibelinya, krasa pulen bener! Dagingnya yang kering, tebal kayak berlapis-lapis, dan bijinya yang begitu kecil juga terpisah selaput lapisan…..membikinnya cepet kenyang meski baru makan 3 pongge. Jlas beda dengan durian-durian yang tlah dimakannya. Luar biasa enak menurutnya. Dicowel pakai tangan pun nggak kalah nikmat. Alhamdulillah….itulah upah sebenarnya yang dia dapat langsung dari Tuhan…hehhee. Dia langsung kembangkan durian ini.
Keistimewaan durian ini pun berlanjut, dengan perawatan maximal ternyata beratnya bisa mencapai 7-11 Kg….Wooww! Nikmat banget kalo dimakan setelah jatuh, manisnya segerrr…..bikin kerjab-kerjab, nggak bisa digambarkan dengan kata-kata….nah, kalo pingin rasa pahitnya muncul….biarkan aja 2-3 hari….2 pongge aja serasa nggak kuat!!! Lucunya lagi, kalo berbuah nggak serempak. Begitu panen mau habis, eh muncul lagi tuh pentil durian…..Ckkkkckkk…. kapan habisnya kalo gini, dap! Namun jangan harap bisa mudah mendapatkan durian ini. Ada yang njaga. Karna daftar indennya bukan pembeli biasa, tapi anak cucu yang bereret-reret……bener2 durian hak milik keluarga……hehhee….makanya paling cocok nich ditanam sebagai durian keluarga jugak…..praktis, karna dagingnya mudah dipindah ke wadah, dan dibawa kemana-mana sebagai oleh-oleh…..nggak blenyek…..TOP dah juragan!

Oh ya….ini penampakan biji dan kulit duriannya yang kuning menarik sedang dipegang pak Dibyo sendiri.

biji DM pak Dibyo durian DM 2

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 113 pengikut lainnya.