DURIAN KENDIL

KLANGENAN IBU TIEN SOEHARTO

brongkol2

DURIAN KENDIL FROM BRONGKOL. Kali ini, rasanya bener2 miris mendengar nasib Durian Pelangi kita yang mulai dikebunkan secara besar2an di negara jiran. Apa selamanya kita begini, baru bergerak setelah orang lain dah berlari jauh?? Kegundahan itu membawa saya jalan2 ke Brongkol, sebuah tempat yang dihuni belasan ribu pohon durian yang sedang berbuah dengan luas areal mencapai 60 hektar lebih…ckkckkk….bukan cuma kebun doang tapi hutan belukar durian, bok……mulut saya sampai melongo melihat buah bergerombol pendek2 dan begitu buuanyak varietas durian di sini…..wuih keren pokoknya dan jangan menyebut diri maniak durian deh kalo belum ke sini…hehhee…soalnya hanya di lokasi inilah bila pas musim durian, sampeyan bisa dapet beronggok2 durian afkiran yg harganya murah banget cuma Rp 5.000 per butir. Namun, tempat yang dulunya jalur penting perang gerilya ala Jendral Sudirman ini (waktu pertempuran palagan Ambarawa), menyimpan juga segudang durian eunak, exclusive dan sangat mahal, diurutan teratas ada Durian Kendil. Yah, bentuknya memang lucu kayak kendil (periuk), soalnya bisa diletakkan dalam posisi berdiri tegak kayak kendil tanpa bergulir. …luar biasa….
Entah karna peristiwa heroik tadi atau karna jaman dulu pernah juara kontes durian…..shg durian Kendil inipun selain jadi mascotnya Brongkol, juga terkenal menjadi klangenannya ibu Tien Soeharto. Enaknya durian special sajian istana ini jangan ditanya…..penampilan juringnya aja berisi daging buah yang begitu menyatu sehingga terlihat begitu padet dan tebelll….manis daging durian yang berwarna kuning mengiurkan ini bertekstur lembut dengan diselingi rasa pahit yang justru membikinnya jadi legit. Efeknya bisa dibayangkan, dagingnya yg legit itu langsung lengket… menempel di dinding2 mulut dan lidah kita…..menyebar kenikmatan! Kalo lengketannya itu Anda ambil dengan mempermainkan lidah….pelan2… Wooooww…..enakkkkk tenan, Nyo!!!

DURIAN DM (DIBYO MAS)

 PULENNYA POLL!

dimas 1Terkadang kita begitu kecewa berat dengan kelakuan pembeli kita, mereka seenaknya menghina, menjelek-jelekkan, bahkan terkadang tega menipu kita. Demikian pula dengan kisah apa yg dialami pemilik durian ini dulu, saking kecewa beratnya atas jerih payah yang dilecehkan, seluruh uang yang didapatnyapun dibelikan buah durian di desa-desa, mengobati rasa pilu sambil jalan-jalan. Berhari-hari tak terasa dia sudah menyantap banyak durian, lidah jadi begitu mati rasa. Namun betapa terkejutnya dia ketika suatu siang merasakan salah satu durian yang dibelinya, krasa pulen bener! Dagingnya yang kering, tebal kayak berlapis-lapis, dan bijinya yang begitu kecil juga terpisah selaput lapisan…..membikinnya cepet kenyang meski baru makan 3 pongge. Jlas beda dengan durian-durian yang tlah dimakannya. Luar biasa enak menurutnya. Dicowel pakai tangan pun nggak kalah nikmat. Alhamdulillah….itulah upah sebenarnya yang dia dapat langsung dari Tuhan…hehhee. Dia langsung kembangkan durian ini.
Keistimewaan durian ini pun berlanjut, dengan perawatan maximal ternyata beratnya bisa mencapai 7-11 Kg….Wooww! Nikmat banget kalo dimakan setelah jatuh, manisnya segerrr…..bikin kerjab-kerjab, nggak bisa digambarkan dengan kata-kata….nah, kalo pingin rasa pahitnya muncul….biarkan aja 2-3 hari….2 pongge aja serasa nggak kuat!!! Lucunya lagi, kalo berbuah nggak serempak. Begitu panen mau habis, eh muncul lagi tuh pentil durian…..Ckkkkckkk…. kapan habisnya kalo gini, dap! Namun jangan harap bisa mudah mendapatkan durian ini. Ada yang njaga. Karna daftar indennya bukan pembeli biasa, tapi anak cucu yang bereret-reret……bener2 durian hak milik keluarga……hehhee….makanya paling cocok nich ditanam sebagai durian keluarga jugak…..praktis, karna dagingnya mudah dipindah ke wadah, dan dibawa kemana-mana sebagai oleh-oleh…..nggak blenyek…..TOP dah juragan!

Oh ya….ini penampakan biji dan kulit duriannya yang kuning menarik sedang dipegang pak Dibyo sendiri.

biji DM pak Dibyo durian DM 2

DURIAN DURI HITAM (BLACK THORN, OCHEE)

JAWARA BARU DURIAN TERNIKMAT

black thorn durians

The best of BLACK THORN DURIAN (Ochee). Dalam episode terakhir: Upin & Ipin pun berteriak kegirangan ketika durian Duri Hitam keluar sbagai Juara Baru Pertandingan Raja Buah di Kampong Durian Runtuh mengalahkan durian2 lain termasuk Musangking. Jlas itu kemenangan ke-6 yang disabet Tok Dalang! Ini mungkin cuma film animasi tersohor, tapi jangan salah bahwa film ini dikerjakan oleh sekumpulan anak2 muda cerdas dan kreatif dri negri Jiran yang dikenal sbg penghasil buah silangan dengan mengutamakan rasa. Jadi nggak main2 kan mereka menempatkan Black Thorn sebagai number 1? Masih langkanya durian ini di negri asalnya lah yg membuat banyak orang penasaran sehingga banyak crita melegenda dri durian apik ini.Di alam nyata, lumbungnya durian Penang telah mengakui durian ini sbg jawara sejak lama: lebih Power dri Musangking dan lebih mahal tentunya. Rasanya yg selangit hanya bisa dirasakan oleh para maniak! Kita yg awam agak sulit menggambarkan kenikmatannya. Seorang maniak durian seperti Unan Rimba yg dah ngrasain durian2 top pun sampai perlu menyediakan air putih untuk memakannya. Dan perlu jempol ketiga untk mengangumi paduan rasa dan warna kuning orange durian ciptaan Tuhan ini. Lezatnya menyengat, legit banget! Pahitnya yang krasa diujung-ujung begitu mengetarkan lidah, namun secara cepat tertutup oleh legitnya yg sangat mendominasi tadi. Muter2 pokoknya. Jadi yg trasa ya manis ya legit, meski nikmat pahitnya bisa 2 kali lipat dari Musangking.Kalo dalm berjualan, saya pernah menggambarkan nikmat durian Monthong itu kayak nasi aja dan durian Musangking kayak lauknya dan itu bisa membikin bibit Musangking laris manis. La trus durian Duri Hitam ini kayak apa y?? Kayak lauk juga, namun istimewanya seperti dimasak dan disajikan sedemikian rupa oleh Chef Internasional…..jadinya nikmat banget…..bumbu2nya itu lho jlas the best…..alamaaaaak, bener2 mak yuuusss….
(lihar foto dr Durian).
duri hitam7

DURIAN MONTHONG TABULAMPOT

Tabulampot Terindah dan Termahal!!!

tabulampot1HeBOOOH!! DIJUAL BAKALAN TABULAMPOT DURIAN. Banyak yang mengakui bahwa membuat tabulampot durian luar biasa sulit, bahkan seorang pakar tabulampot sampai bilang bahwa hal itu tidak mungkin terjadi…….jadi tidak ada yang namanya tabulampot durian itu. Titik!
Cuma ayo lah, gimana caranya bila kita berpikir di luar kotak (out of box). Tidak hanya berpikir bahwa tabulampot itu mesti dari kecil dipelihara di pot, gimana kalo ditraining dulu di lahan/ kebun kita, baru setelah berbuah langsung dipindah ke pot besar. Namanya tabulampot juga kan?
Dan setelah dicoba, ternyata bisa kok. Tentunya dengan perbaikan nutrisi jugak. Bahkan tahun berikutnya juga berbuah lagi. Nah, apalagi kalo di lahannya ditraining dalam kondisi padat (jarak tanam rapat dengan tanaman lainnya). Misal ditanam dengan tanaman kayu seperti sengon yang cepet pertumbuhannya. Kelak durian akan ternaungi sehingga lambat pertumbuhannya (dengan bentuk yang pendek , dengan mudahnya bisa dimasukkan ke pot). Karna bila yang ditanam durian unggul seperti Monthong yg cepet berbuahnya, meski pun pendek tetep berbuah dan tampak indah seperti BAKALAN TABULAMPOT DURIAN yang ditawarkan kepada Anda ini; Mau????? ……Buruan, ditawarkan dalam jumlah terbatas dan jlas dalam waktu yang terbatas….DITUNGGU! Dan bila Anda tertarik, silahkan hubungi segera kami di 085226947434.

tabulampot2

READY STOCK:
Bibit buah Monthong Super
Bakalan Tabulampot Durian

DURIAN SRIKANDI (MONTHONG DAUN PENDEK)

EUNAKK DAN PRODUKTIVITASNYA BIKIN GELENG2 KEPALA

Durian enaK SRIKANDI terkadang bikin HATI kita deg2an cemas…….patah nggak ya batangnya?????

Foto: Durian enaK KANJO terkadang bikin HATI kita deg2an cemas.......patah nggak ya batangnya?????

KAGET! Salsa yg nggak suka makan buah durian membuat kami kaget ketika tiba2 minta disuapin dan makan dng lahap buah durian Srikandi di rumah kebun kami…….dia bilang ‘uuuueenak’ dan tertarik karna warna dagingnya yg kuning menyala!!!!
Foto: KAGET! Salsa yg nggak suka makan buah durian membuat  kami kaget ketika tiba2 minta disuapin dan makan dng lahap buah durian KANJO di rumah kebun kami.......dia bilang 'uuuueenak' dan tertarik karna warna dagingnya yg kuning menyala!!!!
Banyak yang menyebut durian Srikandi ini sebagai durian Monthong daun pendek, karena memang durian introduksi Thailand. Bahkan diindakasi sebagai batang atas durian Bawor yang terkenal itu, jadi bukan durian Chanee yang selama ini disangkakan.

READY STOCK:
Bibit buah Durian Srikandi.

DURIAN PETRUK

Durian Terenak Di Dunia!

petruk4LEGENDA “DURIAN PETRUK” YANG PALING DICARI!
Di kala dirundung nelangsa seperti ini, pingin rasanya makan durian terenak di dunia: durian Petruk! Dijamin lupa galaunya…..lho kok???
Terus terang untuk durian yg satu ini saya sampai geleng2 kepala dng fanatisme para maniak durian yg luar biasa. Banyak cerita menyelimutinya yg bersifat mistis, bahkan tidak masuk akal yg bikin durian Petruk makin kesohor. Pernah saya ngalami sendiri di kios durian deket rumah , saat saya makan durian Petruk versi Gunung Pati yg tinggal atu2nya, tiba2 tanpa ba bi bu seorang ibu nylonong aja ikut makan. Mirip orang nyidam! Dah makannya lbih cepet lagi dari saya, untungnya dia yg bayar….xiiixiii……

Legenda yg termasyur bahkan dihubungkan dng kebesaran para Wali Songo yg dipercaya sambil menyebarkan agama Islam di tanah Jawa juga membawa bibit2 durian Petruk ke beberapa daerah penyebaran, seperti Gunung Pati tadi. Inilah satu2nya buah durian yg bila dimakan dipercaya bawa BERKAH…. Ckkkckkk….padahal Wali Songo kan hidup ratusan tahun yg lalu, sedangkan nama Petruk sendiri berasal dari nama sang pemiliknya yg tinggal di Jepara. Secara nalar terlampau jauh jarak masanya…hehe..
Yang jlas durian Petruk lah salah satu durian yg pernah menyelamatkan muka kita ketika datang serbuan durian enak2 dari luar…..
Maka layaklah bila Pemerintahan kita pada tahun 80-an mengukuhkan durian Petruk dari Jepara sbg jawara durian unggul Nasional. Shg bila masih banyak yg ngaku2 durian Petruk , tapi tidak mengacu pada durian Petruk dri Jepara itu jlas perlu diragukan??? Namun kasusnya malah membabi-buta jadi seperti buah Alpukat ; semua Alpukat lokal yg nikmat dinamakan Alpukat Mentega!….tuh kan….jadi nggak salah kan kalo durian yg bentuknya lonjong memanjang dan eunak dinamakan Petruk semua…….
pokoknya kalo Petruk pasti Eunnaakk!!!
bener2 tak terbayang…..
Kok bisa sih orang2 pd mabuk kepayang gini, padahal warna dagingnya nggak kuning amat, bentuk buahnya jugak nggak lonjong memanjang. Biasa aja…
tapi rasanya boKK!!
Terjawab dah, knapa durian Petruk dibilang durian TERENAK di dunia…
ternyata karna mirip mangga Khio Sawoei yg dah krasa manis sejak muda,
shg saat matang di pohon….puncak kemanisan durian Petruk terasa sempurna…..
wuuuiiihh mak nyus…..
legit pisan…
nggak aneh, rasanya memang bener2 dahsyat…..
tonjokan rasanya manisnya itu lo terus menerus, manis, manissss banget….. tanpa henti dan tanpa rasa pahit….
top….saya suka!!!
bau lembutnya juga tidak menyengat seperti durian2 lain yg terkadang bikin mual….
meski berlemak justru nendang banget…..
apalgi biji-bijinya yg kecil mendukung daging buahnya yg begitu tebeeel ,
dan krasa basah2 lengket lembut daging buahnya langsung lumer di mulut kita….
lidah pun tak berhenti bergoyang mengecap kelezatannya,
saya tersenyum sendiri, makan satu pasti KURANG, mas Bro!!!
pantas aja banyuaaak yg nyari…..
jan….durian yg bikin rindu dendam!!!

NB: meski bibit durian Petruk bercirikan bibit yg tampak lemesan, karna daunnya terkulai…..namun siapa ngira kalo tahan terhadap serangan penyakit busuk akar dan hama penggerek buah yg slalu jadi momok mengerikan petani durian!

READY STOCK:
Bibit buah Durian Petruk.

DURIAN PELANGI

DURIAN PELANGI YANG FENOMENAL

Durian Pelangi3

Thailand bener2 sedang bekerja keras untuk bisa menembus pasaran buah orang2 barat dengan iming2 kelas Menengah atas yang Milyaran populasinya. Mereka sadar harus mampu menghilangkan mindset buah durian dulu “smells like hell, but tastes like heaven” (baunya seperti di neraka tapi rasanya seperti di surga). Tak heran bila buah yg satu ini di barat justru favorit ditampilkan di acara2 televisi yg memacu adrenalin semacam ‘Fear Factor”. Peserta dan penonton terlihat muntah2……”Baunya lebih menjijikan daripada bangkai!” teriak salah satu peserta. Bayangkan buah paling disukai di Asia kok dilecehkan gitu???…..Wkkkkkwkkk……Thailand juga ngrasa kalah start dng Malaysia yg dah berkibar di Australia. Makanya nggak heran sekarang ini mereka secara besar2an mengembangkan durian varietas2 baru, seperti 10.600 hektar di Thailand Utara dikembangkan durian yang tidak berbau dan tanpa biji itu bernama “Longlaplae” dan “Linlaplae”. Nah kalo kita gimana???……masihkah kita sibuk dengan Monthong…hehhhhee. Untungnya Tuhan masih kasihan sama kita (yg malas nyilang2in durian), kita pun dianugrahi durian seperti durian Pelangi dari Manokwari ini yg langsung melejit bikin geger jagad perdurian kita! Durian berwarna yg membuat orang2 barat mau mencicipi karna warna indahnya bisa mengalihkan rasa jijik mereka, ternyata mampu berbuah 2 kali setahun, berumah satu (penyerbukan sendiri) dengan produksi ratusan buah permusim menjadikan buah ini jlas layak dikebunkan secara komersial dan dng daya simpan lama shg layak pula diekspor. Ckkkkckkk….keren bener.
Durian Pelangi yang digambarkan orang barat memiliki perpaduan sempurna sensasi rasa, bau dan warna pelanginya yg ngejereng, bak puding yang diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik. Ia juga memiliki daging buah yang manis legit, lembut hingga terasa lengket lama di rongga2 mulut, beraroma karamel dan tidaklah bertambah unsur rasa lain saat makan kecuali lezat dan lezat!. Nggak heran lah karna durian Pelangi beralkohol rendah. Makanya satu orang tanpa sadar bisa menghabiskan beberapa biji buah durian sekaligus saking eunaknya. Namun ati2, seperti halnya durian merah…….kalo kebanyakan makan bisa bikin kenceng lho!!!!….xiiiixii…
Betul2 FENOMENAL!
NB: Pastikan Anda sudah memiliki bibit buah duriannya…hehhheee….ngharap……

READY STOCK:
Bibit buah Durian Pelangi TERBATAS
Bibit buah Durian Pelangi kaki 3.

DURIAN MERAH

MITOSNYA BIKIN KENCENG!

dumer

Ketika ada pesanan bibit durian unggul dari luar negeri, maka yang terbayang pertama adalah durian ‘klangenan’ saya ini. Meski belum terealisasi ekpornya namun saya udah bangga dengan durian yg menurut istri saya sempurna ini! Dengan warnanya yg bak darah, aroma wanginya yg menyengat, rasanya yg lebih lembut dan maniiis, dan istimewanya itu lho kadar alkoholnya yg terkenal rendah. Dan kabarnya pula, bisa menyuburkan pasutri, gimana nggak subur, begitu Anda makan durian ini gairah Anda langsung kenceng……..bener kan kata istri saya….wkkkwkkkk……
DUMER 2

DURIAN SUMBER

DURIAN TANPA BIJI (NON BIJI/ SEEDLESS) ALIAS BIJI PETE!


non biji 2EKSOTISNYA DURIAN SUMBER – durian tanpa biji alias biji pete! Jika Anda nggak suka atau takut makan buah durian karna sesuatu, dengerlah crita saya ini. Mungkin ini durian khusus untk Anda. Suatu hari seorang pejabat tinggi di Jawa Tengah ketika ditanya: apa sih ciri utama buah durian itu bisa dikatakan enak tenan???….. Jawabnya pas bener, bahwa durian bisa dikatakan eunak kalo kita tanpa sadar (saking eunaknya) terus menerus memakannya, seponge demi sepongge sampai habis. Mungkin ini pendapat pribadi, namun sebagai orang yang berwenang ngurusin wilayah yg terkenal gudangnya durian enak, maka jawaban itu jlas berdasarkan pengalaman panjang. Saat mendengar jawaban itu, rasanya kok belum pernah ya saya memakan durian yang seenak seperti yang beliau katakan itu.

Apalagi ketika seorang teman menawari untuk mencicipi durian tanpa biji, ukhhh rasanya jauuuhhhhh……. teringat bagaimana durian-durian tanpa biji sebelumnya.
Namun saat pertama kali melihat durian Sumber, saya kaget sekaligus kagum dengan kesempurnaan bentuk durian Sumber ini dan baunya tidak menyengat padahal kulitnya sudah semburat kuning matang. Ini jlas beda. Lebih-lebih ketika dibuka…….terhampar butiran-butiran durian yang kuning kunyit dan siap disantap. Satu pongge saya nikmati dan tak menemukan biji di dalamnya. Wuiiih rasanya manis, kayak roti atau mirip jenang……ringan dan kering. Entahlah, kayak tak berakhohol aja……maaf, trus terang bila memakan buah durian, saya biasanya langsung mulai krasa agak pusing meski baru menyantap satu atau dua pongge, tapi ini tidak. Dan akhirnya ludes tandas……tak terasa bener! (Bahkan lupa, hanya sempat sedikit memotret). Cuma menyisakan 3 bijinya yang kecil mungil, sebesar pete. Seandainya ada satu butir durian Sumber lagi waktu itu, pasti saya akan santap lagi……hehheee….begitu nikmat!

non biji

Penasaran kok lezat ya, saya amat2i kulitnya yang cuma ada 3 biji yang sebesar pete, ternyata ada air yang menggenang…..oeiii, ini durian jlas anti hujan. Kelebihan air akibat hujan biasanya ikut terserap ke daging buah sehingga rasa buah durian jadi hilang manisnya (anyep)…….durian Sumber tidak, air mengalir begitu saja…….luar biasa. Pantesan tetep manis meski musim hujan. Top!

NB: Oh ya, mungkin ada yang mikir saya telat crita soal durian Sumber ini……ah, nggak apa2 kok. Soalnya saya mesti yiapkan bibit buahnya dulu, sebelum crita……xiiiixiii…..

DURIAN KHOLIL

KUPAS TUNTAS DURIAN “JAWARA” KHOLIL!

Kalo Anda mau bisnis kebun durian, durian Kholil lah yg mesti ada di deretan depan pilihan Anda. Lho kok?? Selain terbukti adaptif shg lebih tahan hama/penyakit (indukannya aja berumur 100 tahun lebih), durian yg satu ini istimewa banget karna bisa berbuah lebih cepet dari durian pd umumnya! Jadi nggak heran kalo harganya bisa melambung tinggi (untk buah lokal) hingga dibandrol Rp 100.000,- perbuahnya dng berat bisa mencapai 3 Kg lebih. Meski berbuah lebih cepet, kadar airnya justru sedikit shg rasa duriannya pun krasa lebih lezat….yamiee: daging buah creamy dengan rasa padu padan manis legit tanpa rasa pahit, dengan daging buahnya yg tebel tentunya. Top kan! Saking enaknya nich, walau pun perut udah kenyang pingin makan trus dan trusss……

Maka banyak yg berkelakar: rasanya belum makan buah durian kalo belum nyoba durian yg yahuuud ini. Padahal menurut saya, masalah sebenarnya ada pd kesan pertamanya; aroma buahnya yg kuat merangsang langsung tercium walau buah belum terbelah. Hingga pembeli mana yg nggak mau nyoba??? Warna daging buah apalagi tampak atraktif, kuning cerah begitu dibuka. Dijamin ngiler pokoknya……..hehhee……dng keistimewaan di atas maka nggak heran kalo durian Kholil pernah bikin termehek2 para juri hingga meraih peringkat durian juara nasional (foto bukti dri Kadin Semarang)……hayo beli-belii……bibit buahnya!!!!

Nampang dulu dengan pak Kholil….sang pemilik durian Kholil yg kesohor itu!
pak Kholil