Category: Jambu Biji


JAMBU MALAKA

INDAH KEUNIKANNYA

Jambu MALAYA dengan daun dan buahnya yang unik, tentu indah banget bila ditanam di taman kita ……

Foto: Jambu MALAYA dengan daun dan buahnya yang unik, tentu indah banget bila ditanam di taman kita ......
READY STOCK:
Bibit buah Jambu Malaya

RED CHERRY GUAVA

DIABETES PUN MENGHILANG!!!!!!

Gara-gara tidak saya hapus data maupun sms2 dari para pelanggan, sudah 2 HP saya yang jebol! Entah lah, bak kekasih aja, dari data mereka yg rapi saya simpan, saya ini suka banget menyapa pelanggan2 saya dengan apa yang mereka suka. Tentang apa yang bisa membuat mereka tertawa. Adem rasanya dengan suara mereka lagi, tanpa keluhan tentunya….hehhehee. Saya akui saya bisa aja salah, bagaimana pun tidak semuanya bisa tangani sendiri. Biasanya saya tiba2 ada feeling untuk menghubungi mereka. Tampak seperti dialog berikut ini:
“Selamat Siang, pak….”
“Siang….”
“Saya dari bibitbuah.com, pak. Gimana, pak?……Red Cherry Guava yang Anda beli dulu tentunya sudah bertambah besar dan berbuah lebat kan…..”
(dari data saya tahu beliau beli tabulampot Red Cherry Guava yang besar, baru pertama kali berbuah namun berbuah lebat, dengan pertumbuhan yg mengagumkan)
“Berbuah lebat???……kalo mas di sini, Anda bisa lihat tanaman yang kurus jelek dan tanpa daun satupun”
Saya terkaget2 mendengar bahasanya yg rada kasar, namun saya sedikit bisa menenangkan diri (dari data saya tahu orangnya suka bikin kejutan dng guyon).
“Oh, maaf…..hari Sabtu saya mau ke Jogja, pak. Kalo diijinkan saya bisa mapir berkunjung ke rumah bapak, untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi???”
“Tidak, Mas tidak boleh ke sini…”
Hadeww. Tenang2…..diapun melanjutkan jawabannya:
“Saya yang akan ke tempat, mas….besoook! Saya akan borong tabulampot jambu cherry mas itu……haaahhhaa,” jawab beliau sambil terus tertawa ngakak……
Saya bengong….jlas bingung….
“Maksud, bapak???”
“Begini, denger crita saya, trus terang dulu saya tertarik beli tabulampot mas, karna mas crita bisa mengobati diabetes. Kan mas inget kalo waktu itu saya cuma nemenin istri saya yang penasaran lihat mas di internet. Nah, di rumah saya makan satu persatu tuh buahnya. Eh, saya yg suka kesemutan jadi nggak lagi…..Suenengnya saya! Tetangga2 saya yang juga kebanyakan saudara saya pada tahu, ikut ngemil jugak. Ya, ludes lah buahnya……karna mereka merasakan khasiatnya, salah satu dari mereka nekad makan daunnya. Ampun, semuanya ikut2an bak ulat aja……banyak cara, ada yang diekstrak dulu. Akibatnya bisa ditebak kan, mas…..daunnya pun ablas!…hehhhee. Bahkan sekarang pada rebutan kalo ada tunas yg muncul…..xiiiixiii……ditungguin kayak emas aja”
Wooow….luar biasa, berita kejutan! Penampilan buah yang terus menerus muncul tanpa mengenal musim menjadikan tanaman ini bagus bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi. Secara fisik tanaman ini memiliki bentuk daun, bunga dan buah seperti jambu biji (Guava), dengan ukuran buah yang relatif lebih kecil dari jambu biji. Buahnya bila matang menarik dengan warna merah agak keunguan, dengan bentuk bulat, rasanya pun maniiis nikmat bila telah matang bener. Gegernya buah Cherry Guava yang satu ini karna ternyata berkhasiat mengobati penyakit kencing manis bersumber dari pak Widodo dari Widodo Farm yang tanpa sengaja membaca literatur di saat menggunakan jasa penerbangan Garuda. Seorang dokter Jepang merekomendasikan buah ini sbg alternatif pengobatan diabetes. Bahkan pengobatan di China pun menggunakannya. Sayang, saya sudah melakukan banyak uji pustaka dan browsing di internet…..tapi belum menemukan data akurat yg mendukung. Justru saya menemukan manfaat lain yang tak kalah dahsyatnya yaitu bahwa Lycopene yang terkandung dalam jambu biji ini, memiliki sifat antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu mengatasi masalah kesuburan. Manfaat dari lycopene tersebut adalah dapat meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi laki-laki. Begitu…..yang jlas perlu dicoba banget…..OK!
Foto: RED CHERRY GUAVA. Gara-gara tidak saya hapus data maupun sms2 dari para pelanggan, sudah 2 HP saya yang jebol! Entah lah, bak kekasih aja, dari data mereka yg rapi saya simpan, saya ini suka banget menyapa pelanggan2 saya dengan apa yang mereka suka. Tentang apa yang bisa membuat mereka tertawa. Adem rasanya dengan suara mereka lagi, tanpa keluhan tentunya....hehhehee. Saya akui saya bisa aja salah, bagaimana pun tidak semuanya bisa tangani sendiri. Biasanya saya tiba2 ada feeling untuk menghubungi mereka. Tampak seperti dialog berikut ini:<br /><br />"Selamat Siang, pak...."<br /><br />"Siang...."<br /><br />"Saya dari bibitbuah.com, pak. Gimana, pak?......Red Cherry Guava yang Anda beli dulu tentunya sudah bertambah besar dan berbuah lebat kan....."<br /><br />(dari data saya tahu beliau beli tabulampot Red Cherry Guava yang besar, baru pertama kali berbuah namun berbuah lebat, dengan pertumbuhan yg mengagumkan)<br /><br />"Berbuah lebat???......kalo mas di sini, Anda bisa lihat tanaman yang kurus jelek dan tanpa daun satupun"<br /><br />Saya terkaget2 mendengar bahasanya yg rada kasar, namun saya sedikit bisa menenangkan diri (dari data saya tahu orangnya suka bikin kejutan dng guyon).<br /><br />"Oh, maaf.....hari Sabtu saya mau ke Jogja, pak. Kalo diijinkan saya bisa mapir berkunjung ke rumah bapak, untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi???"<br /><br />"Tidak, Mas tidak boleh ke sini..."<br /><br />Hadeww. Tenang2.....diapun melanjutkan jawabannya:<br /><br />"Saya yang akan ke tempat, mas....besoook! Saya akan borong tabulampot jambu cherry mas itu......haaahhhaa," jawab beliau sambil terus tertawa ngakak......<br /><br />Saya bengong....jlas bingung....<br /><br />"Maksud, bapak???"<br /><br />"Begini, denger crita saya, trus terang dulu saya tertarik beli tabulampot mas, karna mas crita bisa mengobati diabetes. Kan mas inget kalo waktu itu saya cuma nemenin istri saya yang penasaran lihat mas di internet. Nah, di rumah saya makan satu persatu tuh buahnya. Eh, saya yg suka kesemutan jadi nggak lagi.....Suenengnya saya! Tetangga2 saya yang juga kebanyakan saudara saya pada tahu, ikut ngemil jugak. Ya, ludes lah buahnya......karna mereka merasakan khasiatnya, salah satu dari mereka nekad makan daunnya. Ampun, semuanya ikut2an bak ulat aja......banyak cara, ada yang diekstrak dulu. Akibatnya bisa ditebak kan, mas.....daunnya pun ablas!...hehhhee. Bahkan sekarang pada rebutan kalo ada tunas yg muncul.....xiiiixiii......ditungguin kayak emas aja"<br /><br />Wooow....luar biasa, berita kejutan! Penampilan buah yang terus menerus muncul tanpa mengenal musim menjadikan tanaman ini bagus bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi. Secara fisik tanaman ini memiliki bentuk daun, bunga dan buah seperti jambu biji (Guava), dengan ukuran buah yang relatif lebih kecil dari jambu biji. Buahnya bila matang menarik dengan warna merah agak keunguan, dengan bentuk bulat, rasanya pun maniiis nikmat bila telah matang bener. Gegernya buah Cherry Guava yang satu ini karna ternyata berkhasiat mengobati penyakit kencing manis bersumber dari pak Widodo dari Widodo Farm yang tanpa sengaja membaca literatur di saat menggunakan jasa penerbangan Garuda. Seorang dokter Jepang merekomendasikan buah ini sbg alternatif pengobatan diabetes. Bahkan pengobatan di China pun menggunakannya. Sayang, saya sudah melakukan banyak uji pustaka dan browsing di internet.....tapi belum menemukan data akurat yg mendukung. Justru saya menemukan manfaat lain yang tak kalah dahsyatnya yaitu bahwa Lycopene yang terkandung dalam jambu biji ini, memiliki sifat antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu mengatasi masalah kesuburan. Manfaat dari lycopene tersebut adalah dapat meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi laki-laki. Begitu.....yang jlas perlu dicoba banget.....OK!

JAMBU FARANG

JAMBU SUKUN JUMBONYA THAILAND,  TANPA BIJI

MAU JAMBU BIJI TANPA BIJI…….ini dia: Jambu Sukun Jumbo alias Jambu FARANG….. buktinya tampak pada gambar waktu muda/mengkal……. bener-bener asli seedless sejak muda kan…….

FARANG1

 

 

Sbagai Jambu biji….bentuk Farang (Sukun Bangkok) terlihat lucu….namun jangan tanya rasanya…….manis tanpa suara KRAK kalo dimakan…….dimakan cepat pun bisa….karna tanpa biji, lembut seperti makan spon aja…..lapeeeeerrr…………
Foto: Sbagai Jambu biji....bentuk Farang (Sukun Bangkok) terlihat lucu....namun jangan tanya rasanya.......manis tanpa suara KRAK kalo dimakan.......dimakan cepat pun bisa....karna tanpa biji, lembut seperti makan spon aja.....lapeeeeerrr............

 

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 104 pengikut lainnya.