RED CHERRY GUAVA

DIABETES PUN MENGHILANG!!!!!!

Gara-gara tidak saya hapus data maupun sms2 dari para pelanggan, sudah 2 HP saya yang jebol! Entah lah, bak kekasih aja, dari data mereka yg rapi saya simpan, saya ini suka banget menyapa pelanggan2 saya dengan apa yang mereka suka. Tentang apa yang bisa membuat mereka tertawa. Adem rasanya dengan suara mereka lagi, tanpa keluhan tentunya….hehhehee. Saya akui saya bisa aja salah, bagaimana pun tidak semuanya bisa tangani sendiri. Biasanya saya tiba2 ada feeling untuk menghubungi mereka. Tampak seperti dialog berikut ini:
“Selamat Siang, pak….”
“Siang….”
“Saya dari bibitbuah.com, pak. Gimana, pak?……Red Cherry Guava yang Anda beli dulu tentunya sudah bertambah besar dan berbuah lebat kan…..”
(dari data saya tahu beliau beli tabulampot Red Cherry Guava yang besar, baru pertama kali berbuah namun berbuah lebat, dengan pertumbuhan yg mengagumkan)
“Berbuah lebat???……kalo mas di sini, Anda bisa lihat tanaman yang kurus jelek dan tanpa daun satupun”
Saya terkaget2 mendengar bahasanya yg rada kasar, namun saya sedikit bisa menenangkan diri (dari data saya tahu orangnya suka bikin kejutan dng guyon).
“Oh, maaf…..hari Sabtu saya mau ke Jogja, pak. Kalo diijinkan saya bisa mapir berkunjung ke rumah bapak, untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi???”
“Tidak, Mas tidak boleh ke sini…”
Hadeww. Tenang2…..diapun melanjutkan jawabannya:
“Saya yang akan ke tempat, mas….besoook! Saya akan borong tabulampot jambu cherry mas itu……haaahhhaa,” jawab beliau sambil terus tertawa ngakak……
Saya bengong….jlas bingung….
“Maksud, bapak???”
“Begini, denger crita saya, trus terang dulu saya tertarik beli tabulampot mas, karna mas crita bisa mengobati diabetes. Kan mas inget kalo waktu itu saya cuma nemenin istri saya yang penasaran lihat mas di internet. Nah, di rumah saya makan satu persatu tuh buahnya. Eh, saya yg suka kesemutan jadi nggak lagi…..Suenengnya saya! Tetangga2 saya yang juga kebanyakan saudara saya pada tahu, ikut ngemil jugak. Ya, ludes lah buahnya……karna mereka merasakan khasiatnya, salah satu dari mereka nekad makan daunnya. Ampun, semuanya ikut2an bak ulat aja……banyak cara, ada yang diekstrak dulu. Akibatnya bisa ditebak kan, mas…..daunnya pun ablas!…hehhhee. Bahkan sekarang pada rebutan kalo ada tunas yg muncul…..xiiiixiii……ditungguin kayak emas aja”
Wooow….luar biasa, berita kejutan! Penampilan buah yang terus menerus muncul tanpa mengenal musim menjadikan tanaman ini bagus bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi. Secara fisik tanaman ini memiliki bentuk daun, bunga dan buah seperti jambu biji (Guava), dengan ukuran buah yang relatif lebih kecil dari jambu biji. Buahnya bila matang menarik dengan warna merah agak keunguan, dengan bentuk bulat, rasanya pun maniiis nikmat bila telah matang bener. Gegernya buah Cherry Guava yang satu ini karna ternyata berkhasiat mengobati penyakit kencing manis bersumber dari pak Widodo dari Widodo Farm yang tanpa sengaja membaca literatur di saat menggunakan jasa penerbangan Garuda. Seorang dokter Jepang merekomendasikan buah ini sbg alternatif pengobatan diabetes. Bahkan pengobatan di China pun menggunakannya. Sayang, saya sudah melakukan banyak uji pustaka dan browsing di internet…..tapi belum menemukan data akurat yg mendukung. Justru saya menemukan manfaat lain yang tak kalah dahsyatnya yaitu bahwa Lycopene yang terkandung dalam jambu biji ini, memiliki sifat antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu mengatasi masalah kesuburan. Manfaat dari lycopene tersebut adalah dapat meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi laki-laki. Begitu…..yang jlas perlu dicoba banget…..OK!
Foto: RED CHERRY GUAVA. Gara-gara tidak saya hapus data maupun sms2 dari para pelanggan, sudah 2 HP saya yang jebol! Entah lah, bak kekasih aja, dari data mereka yg rapi saya simpan, saya ini suka banget menyapa pelanggan2 saya dengan apa yang mereka suka. Tentang apa yang bisa membuat mereka tertawa. Adem rasanya dengan suara mereka lagi, tanpa keluhan tentunya....hehhehee. Saya akui saya bisa aja salah, bagaimana pun tidak semuanya bisa tangani sendiri. Biasanya saya tiba2 ada feeling untuk menghubungi mereka. Tampak seperti dialog berikut ini:<br /><br />"Selamat Siang, pak...."<br /><br />"Siang...."<br /><br />"Saya dari bibitbuah.com, pak. Gimana, pak?......Red Cherry Guava yang Anda beli dulu tentunya sudah bertambah besar dan berbuah lebat kan....."<br /><br />(dari data saya tahu beliau beli tabulampot Red Cherry Guava yang besar, baru pertama kali berbuah namun berbuah lebat, dengan pertumbuhan yg mengagumkan)<br /><br />"Berbuah lebat???......kalo mas di sini, Anda bisa lihat tanaman yang kurus jelek dan tanpa daun satupun"<br /><br />Saya terkaget2 mendengar bahasanya yg rada kasar, namun saya sedikit bisa menenangkan diri (dari data saya tahu orangnya suka bikin kejutan dng guyon).<br /><br />"Oh, maaf.....hari Sabtu saya mau ke Jogja, pak. Kalo diijinkan saya bisa mapir berkunjung ke rumah bapak, untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi???"<br /><br />"Tidak, Mas tidak boleh ke sini..."<br /><br />Hadeww. Tenang2.....diapun melanjutkan jawabannya:<br /><br />"Saya yang akan ke tempat, mas....besoook! Saya akan borong tabulampot jambu cherry mas itu......haaahhhaa," jawab beliau sambil terus tertawa ngakak......<br /><br />Saya bengong....jlas bingung....<br /><br />"Maksud, bapak???"<br /><br />"Begini, denger crita saya, trus terang dulu saya tertarik beli tabulampot mas, karna mas crita bisa mengobati diabetes. Kan mas inget kalo waktu itu saya cuma nemenin istri saya yang penasaran lihat mas di internet. Nah, di rumah saya makan satu persatu tuh buahnya. Eh, saya yg suka kesemutan jadi nggak lagi.....Suenengnya saya! Tetangga2 saya yang juga kebanyakan saudara saya pada tahu, ikut ngemil jugak. Ya, ludes lah buahnya......karna mereka merasakan khasiatnya, salah satu dari mereka nekad makan daunnya. Ampun, semuanya ikut2an bak ulat aja......banyak cara, ada yang diekstrak dulu. Akibatnya bisa ditebak kan, mas.....daunnya pun ablas!...hehhhee. Bahkan sekarang pada rebutan kalo ada tunas yg muncul.....xiiiixiii......ditungguin kayak emas aja"<br /><br />Wooow....luar biasa, berita kejutan! Penampilan buah yang terus menerus muncul tanpa mengenal musim menjadikan tanaman ini bagus bila dijadikan tabulampot ataupun tanaman koleksi. Secara fisik tanaman ini memiliki bentuk daun, bunga dan buah seperti jambu biji (Guava), dengan ukuran buah yang relatif lebih kecil dari jambu biji. Buahnya bila matang menarik dengan warna merah agak keunguan, dengan bentuk bulat, rasanya pun maniiis nikmat bila telah matang bener. Gegernya buah Cherry Guava yang satu ini karna ternyata berkhasiat mengobati penyakit kencing manis bersumber dari pak Widodo dari Widodo Farm yang tanpa sengaja membaca literatur di saat menggunakan jasa penerbangan Garuda. Seorang dokter Jepang merekomendasikan buah ini sbg alternatif pengobatan diabetes. Bahkan pengobatan di China pun menggunakannya. Sayang, saya sudah melakukan banyak uji pustaka dan browsing di internet.....tapi belum menemukan data akurat yg mendukung. Justru saya menemukan manfaat lain yang tak kalah dahsyatnya yaitu bahwa Lycopene yang terkandung dalam jambu biji ini, memiliki sifat antioksidan yang mempunyai manfaat untuk membantu mengatasi masalah kesuburan. Manfaat dari lycopene tersebut adalah dapat meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi laki-laki. Begitu.....yang jlas perlu dicoba banget.....OK!

JAMBU FARANG

JAMBU SUKUN JUMBONYA THAILAND,  TANPA BIJI

MAU JAMBU BIJI TANPA BIJI…….ini dia: Jambu Sukun Jumbo alias Jambu FARANG….. buktinya tampak pada gambar waktu muda/mengkal……. bener-bener asli seedless sejak muda kan…….

FARANG1

 

 

Sbagai Jambu biji….bentuk Farang (Sukun Bangkok) terlihat lucu….namun jangan tanya rasanya…….manis tanpa suara KRAK kalo dimakan…….dimakan cepat pun bisa….karna tanpa biji, lembut seperti makan spon aja…..lapeeeeerrr…………
Foto: Sbagai Jambu biji....bentuk Farang (Sukun Bangkok) terlihat lucu....namun jangan tanya rasanya.......manis tanpa suara KRAK kalo dimakan.......dimakan cepat pun bisa....karna tanpa biji, lembut seperti makan spon aja.....lapeeeeerrr............

 

JAMBU KRISTAL

Sukun Jumbo Paling Top!

Pingin Jambu yang renyah sampe ke kulitnya? Ini dia Jambu KRISTAL, jambu introduksi dari Taiwan ini memang top….didaulat sebagai Jambu tanpa biji (meski sebenarnya masih ada) maka jambu ini mampu menggantikan jambu Sukun yg lelet dalam berbuah, ukurannya juga Jumbo dan manisnya itu lho nyampai 12 briks!

Maka tak heran harga buahnya ada di urutan paling atas untuk kategori jambu biji! (Foto saya ambil dari fotonya pak Budi, salah satu petani pelopor Jambu Kristal).

Kalo Anda masih ragu2 dengan kehebatan JAMBU KRISTAL…..gambar BIBITNYA (lihat batangnya yg kecil) ygberbuah ini barangkali bisa menunjukkan kedahsyatannya! Atau klik jugak di http://www.bibitbuah.com/2011/05/bibit-jambu-kristal-yang-fenomenal.html

GALAKNYA JAMBU KRISTAL! Terkadang mesti hati-hati membungkus buah jambu Kristal…….kalo jadinya bagus semua, justru bingung kita mau menjarangkannya. Eman2…hhhheehee,,,,,

kristal galak

Semua memang sudah tahu kok kalau jambu Kristal itu jlas jumbo, nikmat karna manis disertai suara renyahnya yang “KRAK!”. Dan perawatan bukan penentu kejumboannya itu, katanya. Dah dari galur sononya. Oh, jangan gitu…….kalau mau jambu Kristal yang gede banget hingga menuh-menuhin bungkusnya, nggak cuma jumbo tok. Ya PENJARANGAN BUAH kuncinya. Di pohon yg dah tinggi 2 m hanya disisain 3 buah aja……buah jambu Kristal pun segede kepala bayi…..Woooowwww!!!!
Foto: Semua memang sudah tahu kok kalau jambu Kristal itu jlas jumbo, nikmat karna manis disertai suara renyahnya yang "KRAK!". Dan perawatan bukan penentu kejumboannya itu, katanya. Dah dari galur sononya. Oh, jangan gitu.......kalau mau jambu Kristal yang gede banget hingga menuh-menuhin bungkusnya, nggak cuma jumbo tok. Ya PENJARANGAN BUAH kuncinya. Begitu.......

JAMBU GETAS MERAH

Penakluk Demam Berdarah

Demikian dahsyatnya buah Jambu Biji, sampai ada hadistsnya sgala. Thalhah menyatakan: Nabi SAW pernah memberikan padaku sebutir buah Safarjal dan berkata: “Makanlah ini, karena buah ini bisa melembutkan hati” (HR Ibnu Majah). Berarti Safarjal atau Quence (sejenis jambu biji) mampu sekaligus menyembuhkan lahir batin kita! Bayangkan aja, selain mampu menaklukkan ganasnya DB, kandungan vitamin C-nya bisa sampai 6 kalinya buah Jeruk lho, eeh… ternyata masih mampu pula melembutkan hati kita! Ckkkk ckkkk ckk……

Namun ternyata, begitu banyak orang yang tidak tahu bahwa hanya bibit F1 (bibit silangan dari turunan pertama) yang berhak diperbanyak, dikembangkan dan ditanam. Misalnya saja Buah Jambu Bangkok dulu begitu unggul dan diagungkan, sekarang orang males menanam karena berulat. Bagaimana tidak berulat….Jambu Bangkok yang sekarang sudah yampek F256 (cara ngitungnya F1 trus F2 trus F4 trus F8….gitu). Soalnya habis makan, langsung ditanam…..dan seterusnya…..sampek turunan 256…soalnya makin jauh makin rapuh….

Kalo mau melihat sisa kejayaan Jambu Bangkok ya pada kreativitas orang RC Getas Salatiga (sayang kini meninggalkan hortikultura sebagai basic penelitian dan berfokus pada Karet yang sedang booming) menyilangkan F1nya dengan jambu lokal kita yang merah sehingga sekarang ini ada Jambu Getas Merah yang ampuh ngobatin Demam Berdarah!….

Sumber: buahbuahimpian.facebook

JAMBU PEAR

Pilihan Bertanam Buah Di Dalam Pot – Jambu Pear

Jambu peer/pir memiliki bentuk penampilan selayaknya buah pear. Keistimewaan dari jambu ini adalah jumlah biji yang ada di dalamnya relatif sedikit jumlahnya dibanding jambu biji lainnya dan seringkali didapati tanpa biji.

Jambu pear layak menghiasi pekarangan rumah kita, karena selain rasa daging buah yang renyah, manis dan segar, tanaman jambu pear akan membuat mata siapapun enggan berkedip menikmati keindahan bentuk buahnya.

Diambil dari berbagai sumber.