Category: Jeruk


JERUK KEPROK CHOKUN/ FAREL

SENSASI DAHSYAT JERUK “KEPROK” CHOKUN

“Jangaaan, nak!!!”, teriak saya melarang anak lanang saya Zidan memetik jeruk Chokun. Pohon jeruk chokun yang berbuah lebat ini memang sering menarik perhatian Zidan untuk mendekatinya. Apalagi dia sedang seneng blajar jalan. Sayang terlambat, satu buah jeruk yang belum mateng bener terpetik sudah. Tadinya saya ragu…..namun rengek tangisannya memaksa saya membukanya. Wuiiihhh…..maniiis segger!!

10154080_679265392141064_1499251189_n

Jeruk ini memang istimewa. Saya mendapatkannya penuh lika-liku. Dimana dalam melayani pelanggan yang menginginkan belanja bibit buah lengkap model ‘one stop shopping’……terkadang nggak enak, bila musti menjawab ‘nggak ada’. Salah satunya yang sering diminta yaitu jeruk Farel. Dan saya nggak punya, daripada malu terus akhirnya saya maksa nyari dan telusuri, eh ternyata banyak yang bilang kalo jeruk Farel itu ya jeruk Chokun jugak. Oooo…pantesan banyak yang nyari.
Ini jeruk memang top. Genjah banget, bayangkan cuma dalam waktu 10 bulan bisa berbuah. Perwatannya pun terbilang sederhana, nggak neko-neko. Namun hasilnya bok, buahnya lebat dan berasa manis, dengan kesegaran jeruk yang sempurna.
Bulir2 jeruknya begitu lembut. Nyesss…..krasa bener manisnya…..manis nis (srosotnya juga nggak pahit)…..maka nggak aneh lah bila berjuluk jeruk Madunya Thailand.
Percabangan yang kompak membikin buah yang lebat bergantungan menyebar ke segala arah…..indah banget pokoknya kalo dijadikan tabulampot.
Bintik2 atau jelaga yang biasa menyerang jeruk, tak terlihat sedikitpun pada jeruk ini. Tampaknya bandel jugak sama hama penyakit.
Lucunya lagi, dilihat sepintas kayak tampilan jeruk siem yang kulitnya tipis dan mulus tidak berkerut…..namun begitu dibukak daging buahnya yg merah merekah begitu menggiurkan. Merangsang air liur keluar. Clegukkk!! Jlas ini keprok, apalagi kulitnya jugak tebel sehingga mudah dikupas.
Dengan sensasi ini, Anda dibikin tak sadar dah makan berapa tadi ya….hehhheee…..

 

READY STOCK:
Bibit buah Jeruk Keprok Chokun
Tabulampot Jeruk Keprok Chokun

JERUK KEPROK GARUT

AROMA JERUK GARUT BIKIN NGILER!!!

jeruk garut mas Doyo2

Gara2 begitu hebohnya berita tentang Aceng Fikri, membuat nama Garut langsung melejit, termasuk Jeruk Keproknya. Jeruk yang pernah berjaya sebelum tahun 90-an shg masuk dalam deretan jeruk keprok terbaik di negeri ini, tlah dihajar habis2an oleh bencana letusan gunung Galunggung dan serangan penyakit CVPD yang parah. Puluhan tahun tak juga kembali bangkit, namun kasus Kang Aceng mendadak menyadarkan kita, ada emas tersembunyi di Garut. Perlahan tapi pasti, jeruk Keprok Garutpun mulai dikenal lagi, apalagi ternyata bibitnya sudah bebas dari momok menakutkan CVPD itu. Kok CVPD lagi, makhluk apa sih itu???

Saya begitu ngeri melihat sendiri dahsyatnya akibat wabah CVPD (HIV/ AIDS-nya jeruk), ketika mengirim bibit2 buah ke pelanggan saya: mas Wardoyo Gonzalez di desa Girirejo (deket Wisata Kopeng). Sepanjang jalan yg saya lalui saat masuk desa yg dulu gudangnya jeruk itu, ternyata masih menyisakan pohon2 jeruk Keprok lokal meranggas yg kurus tegak berdiri dengan sedikit buah, namun batang pokoknya dipenuhi lendir2 yg menjijikkan. Ibaratnya mati segan, hidup pun tak mau. Nah, pelanggan saya ini rupanya tak putus asa, dia nekad nyoba mengebunkan Jeruk Keprok Garut di sawahnya, jauh dri wilayah epidemic, hasilnya luar biasa. Dia pun menikmati hasil panen jeruknya yg manis menyegarkan itu……
Lihatlah kebahagiaan yg terpancar di wajah anak dan istrinya!

WARNING!!! Tapi jangan coba2 ya sembarangan makan buah Jeruk Garut ini di tempat umum, karna saat Anda buka…..wangi segarnya bikin orang di seluruh ruangan menengok ke Anda dengan air liur mentes….. mulut menganga…….hehhee…….kabuurrr…
Aroma wangi khas Jeruk Garut memang bikin orang lapeeeerr…..
Apalagi ketika dibuka…..
daging buahnya berwarna kuning kemerahan…..
Wuih, bikin tak sabar langsung lep…..
dan rasanya yg sangat manis namun menyegarkan
bener2 memanjakan lidah kita pada tiap bulirnya
topnya lagi
tanpa rasa pahit sedikitpun
soalnya daging buahnya mudah banget terlepas dri kulit arinya
keren kan!
dan saking melegendanya jugak,
jeruk satu ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti demam
dan yang woooow….
bisa bikin anak2 kita jadi pintar!!!

Namun kalo saat ini Anda makan jeruk Garut
dan tidak seheboh crita saya di atas
trus dapetnya murah jugak
(soalnya per kilonya Jeruk Garut bisa nyampek Rp 30.000,-)
bisa dipastikan nggak ASLI jeruk Garutnya sampeyan
pingin yg asli???
tanem bibitnya aja, dijamin asliii lho……
dijamin MANISSS!!!
Mak Yess…..

JERUK NIPIS JUMBO

GEDENYA WOOOWW!

Terkadang jengkel, kalo meres jeruk nipis untuk obat anak kita yang batuk ternyata airnya cuma sedikit! Namun sekarang hal itu tak akan terjadi lagi, karena sudah tersedia jeruk nipis jumbo yang woowww gedenya!!!!

Foto: Terkadang jengkel, kalo meres jeruk nipis untuk obat anak kita yang batuk ternyata airnya cuma sedikit! Namun sekarang hal itu tak akan terjadi lagi, karena sudah tersedia jeruk nipis jumbo yang woowww gedenya!!!!
READY STOCK:
Bibit buah Jeruk Nipis Jumbo
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 114 pengikut lainnya.