LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2 (NEW KRISTAL)

BABAK BARU LENGKENG KRISTAL 2 PER DOMPOL BISA 3 Kg!

Kristal 2 - top foto 1
GEGER LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2. Sebenarnya saya pingin menyimpan foto saya ini selama mungkin, terus terang (maap) saya dah kewalahan rasanya melayani besarnya permintaan bibit lengkeng Kristal 2 yang fenomenal ini (soalnya pada nggak sabaran, pingin cepet dikirim bibitnya kalo dah transfer…hhheehe). Mana ada sich lengkeng yang hampir begitu sempurna seperti lengkeng satu ini: ya manisssnya yg mak nyesss (pas, nggak manis banget, dijamin nggak berhenti makan), ya daging buahnya yg begitu tebelll dengan bijinya yg kecil, ya bentuk buahnya yg bulet gede……dan begitu kering daging buahnya itu lho jadi nggak merepotkan kalo kita sedang asyik makan buah lengkeng. Trus ngapain akhirnya saya munculkan jugak foto ini???
Gara-garanya itu muncul varietas lengkeng baru, tapi blum tersedia bibitnya. Nah, ini kan jlas bikin repot saya…..hp saya trus berdering…hadeww…..Ketika saya tawarkan lengkeng top Kristal 2 ini sebagai penggantinya, ada yg justru balik bertanya:
“Apa buahnya selebat seperti yg di foto ini???”, tanyanya sambil memperlihatkan/ mengirimkan foto wartawati majalah pertanian bersama lengkeng baru tersebut. Kebetulan di fb saya nge-share jugak.
Woalah, belum tahu dia!!!
Saya pun langsung kirim balik foto saya ini.
“Lihat baik2, pak……meski hujan lebat……lengkeng ini bandelnya minta ampun. Buahnya lebat juga kan?? Kalo bapak lihat dompolan terbesar yang paling kiri itu diperkirakan (sampai saat ini belum di panen – kurang lebih 3 Minggu lagi) beratnya nyampek 3 Kg…..lebih keren kan???”
Diem, tak ada jawaban.
Tuttt….tuuuttt…tuuttt….
Malemnya pesanan besar dan bertahap muncul di BBM saya….
Alhamdulillah.
Karena saya pikir sudah terlajur beredar, ya udah skalian dibikin status aja….xiiixii…..sambil berdoa: moga2 Anda tertarik jugak!!!!!
Aaamiiin.

(sengaja dikirim pas jam 12 malam ini….biar nggak geger….hehhhee).

Ini yang 3 Kg itu:

lengkeng Kristal 2 per dompol 3 kg


LENGKENG PINPONG BERDAUN/ BERBIJI KECIL

TIDAK LAGI KLAMUT2!

Batang lengkeng Pinpong yg cenderung nglacir, perlu trik penataan tersendiri supaya berbuah lebat…..selain lewat pemangkasan, salah satunya bisa pakai penyangga bambu! Jlas lebih tampak indah kan.

Foto: Batang lengkeng Pinpong yg cenderung nglacir, perlu trik penataan tersendiri supaya berbuah lebat.....selain lewat pemangkasan, salah satunya bisa pakai penyangga bambu! Jlas lebih tampak indah kan.
Terkadang saat bener2 jenuh di kebun…..enjoy aja langsung alih peran jdi pembeli. Keliling jalan2 ke kios temen, sesama penakar dan para hobiis. Pasti ada aja yg ditemukan. Seperti pohon lengkeng Pinpong ini, meski sdah jadi jemuran tapi indah banget menurut saya. Butuh waktu bertahun2 untk pembentukan percabangannya.
Foto: Terkadang saat bener2 jenuh di kebun.....enjoy aja langsung alih peran jdi pembeli. Keliling jalan2 ke kios temen, sesama penakar dan para hobiis. Pasti ada aja yg ditemukan. Seperti pohon lengkeng Pinpong ini, meski sdah jadi jemuran tapi indah banget menurut saya. Butuh waktu bertahun2 untk pembentukan percabangannya. Dan yg paling mengejutkan: meski ini lengkeng pinpong berdaun besar tpi hebatnya biji buahnya kecil. Jlas ada rahasianya!!!!
Banyak yg bertanya: kapan bibit lengkeng dataran rendah (Pinpong, Jendral, Kaisar, Aroma Durian, dll) milik saya bisa berbuah, pak? Sebenarnya lengkeng jenis ini mudah berbuah kok, asalkan dri perbanyakan Vegetatif (okulasi, sambung susu, dll). Saya mengibaratkan seperti kloning aja. Dari batang yg dah pernah berbuah, jlas mudah berbuah. Perawatan yg maximjal kuncinya, atau kalo tidak justru pakai cara stres air. Cara ini mampu memancing lengkeng berbunga akibat instingnya akan ancaman kematian.
Foto: Banyak yg bertanya: kapan bibit lengkeng dataran rendah (Pinpong, Jendral, Kaisar, Aroma Durian, dll) milik saya bisa berbuah, pak? Sebenarnya lengkeng jenis ini mudah berbuah kok, asalkan dri perbanyakan Vegetatif (okulasi, sambung susu, dll). Saya mengibaratkan seperti kloning aja. Dari batang yg dah pernah berbuah, jlas mudah berbuah. Perawatan yg maximjal kuncinya, atau kalo tidak justru pakai cara stres air. Cara ini mampu memancing lengkeng berbunga akibat instingnya akan ancaman kematian.

LENGKENG KAISAR

RINDU MANISNYA LENGKENG LOKAL??


Sepasang kekasih datang dng muka saling cemberut…..
di kebun bibit saya
Sang pria tegas2 meminta lengkeng2 unggul dataran rendah,
Saya pun jelas kan satu persatu lengkeng2 top itu
Setalah itu keduanya mau berunding,
dan memutuskan memilih:
LENGKENG KAISAR!
Lho kok?
Ternyata pilihan itu bisa menyatukan mereka lagi,
karna sebelumnya
sang gadis ngotot memilih lengkeng batu (lokal)
karna menurutnya
manisnya jlas tak tertandingi,
maka hanya dng lengkeng Kaisar lah mereka mendapatkan lengkeng komplit plit
lengkeng dataran rendah yg asli (super) manis lokalnya,
tebel dan garing shg renyah,
serta tahan lama buahnya.
dan mereka pun pulang dng mesranya
Akh…….
pengeeenn……heeehhee…..

LENGKENG VERNIE

DOMPOLAN BUAH RAPAT MIRIP ANGGUR

Knapa sih Varietas tanaman lengkeng makin banyak aja? Ya, jlas karna makin banyak mutasi yg ditemukan dan makin banyak pula permintaan yg aneh2 dri pelanggan. Contoh aja tiga hari yg lalu:
Seorang ibu2 malam2 nelpon
Setelah salam, kenalan, basa basi dan bla…..bla….blaaaa
dia pun memulai critanya
“Tadi to mas……saya arisan di tempat seorang istri pejabat tinggi”
“Trus…” sela saya bingung
“Halamannya keren banget…….penuh tanaman2 buah”
Ok, mulai ada hubungannya, pikir saya
“Ada tanaman lengkeng yg dompolan buahnya rapat mirip anggur….. bergelantungan dan misah di bawah daun2nya…..indah skali….saya sampai tak tahan memetiknya dan bner2 maniiiiss….rasanya mirip lengkeng lokal…..tpi ini kering……eunakkk….lengkeng apa y, mas??? punya bibitnya??”
Pikiran saya langsung ke lengkeng Vernie, namanya memang mirip nama latinnya anggur; Vitis vinifera L. Kalo sudah berbuah, woooww….siapa pun ngiler lihat tampilannya……
m e n g g o d a…..

Trus, ada lanjutan dalam menjawab pertanyaan teman ‘Sinar Baru’ di status saya yg membahas Lengkeng Vernie: “Ini bijinya kecil ya?”……maka pemuatan foto buah lengkeng Vernie ini smoga bisa lebih menjawab, memberi bukti dan memberi gambaran secara jelas seberapa kecilnya biji lengkeng Vernie ini yg dibalut daging buahnya yg begitu tebal dan garing (meski blum matang bener)! Nyammmm….. 

Atas bawah isinya cuma buah melulu….itu lah produkstivitas lengkeng Vernie……..
Foto: Atas bawah isinya cuma buah melulu....itu lah produkstivitas lengkeng Vernie........

Meski masih pentil buahnya, namun sudah terlihat “galak” juga lengkeng VERNIE ini…..mau dijarangin eman, nggak dijarangin takut patah tuh cabang2nya…….dengan produksinya yg dahsyat, apalagi bijinya yg kecil pula, lengkeng super ini memang pantas jadi pilihan utama pekebun……

vernie3

LENGKENG KRISTAL II

LENGKENG SUPER YANG KERING

DAHSYATNYA LENGKENG 2012. Wajarlah kalo saya slalu berpatokan pada nilai ekonomisnya suatu varietas lengkeng, apalagi sbg mantan Manager Accounting yg juga pernah malang melintang di beberapa perusahaan perkebunan mka hal itu menjadi wajib! Tapi wajar juga kok klo ada yg mentertawakan ketika sya bilang rata2 perdompolnya lengkeng Itoh hanya 1,5 Kg, soalnya ada yg tembus 2 Kg. Maslahnya saya berbicara skala perkebunan (Itoh memang cocok untk perkebunan), sedangkn dia pribadi/hobiis. Contoh dri pemberian pupuk aja beda jauh; hobiis bisa jor joran. Nah kalo kemudian muncul lengkeng KRISTAL (bukan Kristalin/Kristalun) sbg perbaikan Itoh, menjadi tidk mengheran bila bisa tembus sgitu. Apalgi berlanjut dng muncul KRISTAL II (baru), lengkeng super yg bener2 kering! Tdak lagi ada air yg menetes ketika Anda menikmati manisnya lengkeng yg satu ini. Mkanya masih kecil aja (lihat foto) sdah diserang kelelawar dan perlu dibrongsong. Dan lihat jga betapa panajng malainya……Woww brapa kilo ya?????

Menanggapi komentar dari pak Hemat Sitepu: “Sama, di rumah ada 4 batang aku tanam dan gak pernah berhenti berbuah”. Beliau berkomentar tentang status terbaru saya yg membahas lengkeng KRISTAL II. Bayangkan, betapa bener2 dahsyat lengkeng yg satu ini. Apalagi kalo tahu produktivitasnya bisa ngeri……saya pernah lihat sendiri pohon lengkeng ini tumbang karna tak kuat menahan beban akibat tidak adanya penjarangan. Bagaimana mungkin itu terjadi? Lihat saja begitu panjang malainya ketika masih berbuah muda……

Ceritapun berlanjut, ketika seorang teman yg kebetulan perokok berat mampir ke kebun bibit saya dan sebelum pulang sempat bertanya tentang manfaat makan buah lengkeng, selain mengenyangkan tentunya. Yang jlas, dia terheran-heran dng besarnya minat orang menanam bibit lengkeng.

Maka saya jawab sesuai kebutuhannya……

“Buah lengkeng bisa menghentikan kebiasaan merokok, mas!”

Dia menatap saya bengong: “Kok bisa??”

“Karna buah ini bisa menggantikan rokok, artinya mengambil alih manfaat rokok. Bahkan lebih dahsyat lagi, karna hampir tanpa efek samping. Buah ini memberikan rasa tenang yang nyata sehingga berkhasiat mengatasi rasa gelisah (anxiety) mas, susah tidur, dan sulit berkonsentrasi. Kandungan fitokimianya berfungsi untuk mengendurkan saraf-saraf yang tegang alias bisa memberikan efek sedatif (menenangkan).”

Diapun menghentikan langkahnya, berbalik meninggalkan saya dan mengambil bibit lengkeng KRISTAL 2 (Itoh Super yg kering) yg dari tdi diincarnya.

Plong rasanya……itulah tugas saya, membuang keragu-raguan orang menanam bibit buah dari www.bibitbuah.com.

Rasanya baru kali ini saya sampai 4 kali menulis dan menampilkan foto status yang membahas hal yang sama yaitu tentang Lengkeng KRISTAL 2…….tapi memang layak kok, habisnya top banget! Lihat aja tampilannya di usia muda sudah mreyott buahnya gitu……dng cuaca saat ini yang mulai kering dan ditemenin buah lengkeng Kristal 2 yang kering pula…..dijamin tangan saya tak brenti nyobak buahnya…..uhhh……segerrrrr…..

Menjawab pertanyaan: Gimana dng Lengkeng Kristal 2, Ą̶̶̈ρą̶̶̈ bs daging buahnya tebal dgn biji kecil spt vernie? Jlas ya, lihat di foto. Apalagi tiap dompolnya juga bisa tembus 2 Kg. Luar biasooo…..

Di status2 saya sebelumnya, kita sudah melihat bagaimana panjangnya malai bunga Kristal 2, banyaknya buah dan dompolan dalam satu pohon……juga bagaimana kecil nya bijinya dan keringnya daging buah………nah, sekarang kita lihat ukuran dari per buahnya……bener2 besar kan? (lihat foto), bisa disebut adiknya buah lengkeng pinpong…….dagingnya pun jlas tebal dan krasa manis………dahsyat pokoknya!!!!!!

LENGKENG MOYA

LENGKENG KOMPLIT!

Lengkeng generasi 2 trus bermunculan, jlas mengeser yg sdah ada. Saking bingungnya para hobiis mengikuti perkembangan tersebut, shg berupaya dng memesan dalam satu pohon ditempel beberapa jenis varietas lengkeng skaligus. Namun hal itu tidak perlu dilakukan lagi skarang karna tlah muncul lengkeng yg menggabungkan keunggulan itu semua. Didaulat dng nama MOYA. Langsung melejit sbagai …lengkeng top terlengkap. Bayangkan! Isi butiran buah banyak sekali dalam satu dompolan, padahal buahnya hampir sebesar Pinpong (adiknya). Tentu bisa dikira2 berapa berat buah per dompol. Kulit luarnya begitu muluuuus, tanpa noda. Daging buahnya pun kering, tebal dan trasa maniiis, dng biji yg relatif kecil, tentunya tak heran bila Moya is Good!!!!!!!!

Lengkeng Puang Tong

Si Kulit Keras yang Super Produktif

Bila Anda di Sumatera jangan bandingkan ongkos kirim saya dng nursery2 di Jakarta. Dan jangan bandingkan juga antara Lengkeng si Kuncup Emas alias PUANG TONG dng lengkeng Itoh. Meski sama2 perlu dirangsang supaya berbuah, tapi keduanya jauh berbeda. Puang Tong dng kuncup emasnya mampu menghasilkan 1,5 Kg – 2 Kg dlm satu dompolan buah, Itoh bisa?

Kulit Puang Tong juga keras hingga tidak disukai kelelawar. Bahkan ada yg bgitu kesemsem karna Puang Tong nyaris tanpa biji. Wooow…..ini betul2 lengkeng idaman, dan nyaris sempurna untuk dikebunkan dlm skala luas. Dengan rasa yg manis kering, seperti lengkeng lokal…….Uhhh mana tahan……lihatlah penampilan si Kuncup Emas ini saat mulai berbunga…..

HIPNOSIS? Sering kali saya ditolak ketika menawarkan bibit lengkeng dataran rendah yang memang bener2 berkualitas…..jawaban mereka hampir sragam:
“Maaf, saya tidak suka lengkeng, pak….”
Dan saya juga tidak memaksa, saya cuma bertanya lagi:
“Tapi Anda suka keindahan kan?”
“Ya!”
… “Dan Anda tentu suka uang banyak kan?”
“Ya jlas lah, Pak!”
“Nah, lihat lah foto lengkeng PUANG TONG yg sedang berbuah ini!” pinta saya sambil memperlihatkan foto di atas padanya.
“Apakah bentuk malai buahnya tidak indah? Apakah Anda bisa hitung brapa uang yg Anda dapatkan kalo tiap malai atau dompolan itu seberat 2 Kg lebih?”
Wooowww…….itu hampir 80% lebih lo bisa merubah ketidaksukaannya pada lengkeng…….syukur lah…..

LENGKENG WF 26

Lengkeng yang Berbuah Terus

Saya sering terharu kalo denger crita heroik penemuan buah unggul. Seperti lengkeng WF 26 yg kering, manis dan berbuah sepanjang tahun ini. Petualangan bermula saat ada orang Pasuruan kerja di Serawak yg terkagum2 ada pohon lengkeng yg berbuah trus sambung menyambung, artinya di pohonnya ada bunga, ada buah kecil/pentil, ada buah meng…kal, ada buah matang. Trus dia bawa entresnya untuk disambung di Pasuruan. Jadilah pohon kembarannya yg dilihat oleh pak Widodo pemilik Widodo Farm yg kemudian dibeli dan sdah diperbanyak, hingga diberi nama WF 26 (kenangan bulan 2 tahun 2006).

iHiiks…..hiks…..

 

 

Sumber:  http://www.facebook.com/home.php#!/buahimpian

LENGKENG DATARAN RENDAH

Lengkeng Generasi Ke-1

HATI-HATI!! Lengkeng Dataran Rendah mulai memasuki GENERASI KE-2: lengkeng tidak lagi berbiji besar atau tipis dagingnya sehingga kalo makan nggak klamut2 lagi, lebih kering, manis dengan cita rasa lengkeng asli, perbanyakan tidak boleh lagi dengan biji dan yang paling penting bisa berbuah di dataran rendah tanpa perlakuan (obat). Dideretan ini ada: Jendral, Pinpong Berbiji Kecil (bahkan kabarnya ada yg kempes), Bekiew, Kaisar, dan lainnya. Tetapi saya heran, knapa masih saja banyak yg KEKEUH memproduksi massal lengkeng generasi ke-1 dengan alasan lengkeng Asli dataran rendah ya?!

Terus-terang, saya masih terkaget-kaget……ribuan bibit lengkeng dataran rendah generasi 1 (Diamond River, Kristalin, Aroma Durian, Pingpong daun besar, dll) yg jlas tak layak lagi dikebunkan karna mutu buah dan jumlah produksinya yg rendah…………..masih terus dipesan untk proyek2 baik negri maupun swasta…….bayangkan, kalo sekarang aja Anda kesulitan menawarkan/ menjual buahnya ke supermarket2….ngapain ditanam trus dlm skala luas???…..lengkeng2 itu hanya pantas ditanam sbg tambahan koleksi aja di kebun atau taman kita yg di deket rumah…….
Foto: Terus-terang, saya masih terkaget-kaget......ribuan bibit lengkeng dataran rendah generasi 1 (Diamond River, Kristalin, Aroma Durian, Pingpong daun besar, dll) yg jlas tak layak lagi dikebunkan karna mutu buah dan jumlah produksinya yg rendah..............masih terus dipesan untk proyek2 baik negri maupun swasta.......bayangkan, kalo sekarang aja Anda kesulitan menawarkan/ menjual buahnya ke supermarket2....ngapain ditanam trus dlm skala luas???.....lengkeng2 itu hanya pantas ditanam sbg tambahan koleksi aja di kebun atau taman kita yg di deket rumah.......
Dari lengkeng-lengkeng generasi 1 antara lain lengkeng Diamond River, Kristalin, Aroma Durian, Itoh, Pinpong biji besar, puang ray, dll……. maka hanya lengkeng ITOH yang masih layak dikebunkan secara luas dan komersial……..lihat lah perdompolnya masih bisa tembus 1,5 Kg……
Foto: Dari lengkeng-lengkeng generasi 1 antara lain lengkeng Diamond River, Kristalin, Aroma Durian, Itoh, Pinpong biji besar, puang ray, dll....... maka hanya lengkeng ITOH yang masih layak dikebunkan secara luas dan komersial........lihat lah perdompolnya masih bisa tembus 1,5 Kg......

Lengkeng Diamond River memang galak juga kalo berbuah. Namun dng membanjirnya lengkeng import yg kualitas buahnya jauh lebih baik dri Diamond, maka Diamond River sepantasnya hanya untk koleksi saja dan bukan untuk dikebunkan!
Foto: Lengkeng Diamond River memang galak juga kalo berbuah. Namun dng membanjirnya lengkeng import yg kualitas buahnya jauh lebih baik dri Diamond, maka Diamond River sepantasnya hanya untk koleksi saja dan bukan untuk dikebunkan!READY STOCK (untk Koleksi aja):
Bibit buah Lengkeng Diamond River
Bibit buah Lengkeng Pinpong Vietnam (daun/ biji besar)
Bibit buah Lengkeng Kristalin
Bibit buah Lengkeng Aroma Durian
dll.