Category: Nangka


NANGKA SUPER

INDONESIA GUDANGNYA NANGKA SUPER

NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen…..yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya “Bibit Buah”, banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya…..lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!….jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka…..Martinah sayang abang pingsan!…hehhhee……
Foto: NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen.....yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya "Bibit Buah", banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya.....lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!....jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka.....Martinah sayang abang pingsan!...hehhhee......

NANGKA SRI BAJONG

KESEMPURNAAN SEBUAH NANGKA

Foto: NANGKA SRI BAJONG. Ketika serangan2 roket pejuang Palestina menghantam Israel......ternyata ketahuan salah satu korbannya orang Thailand yang bekerja sebagai tenaga ahli pertanian di negara Zionis itu. Gila kan?.....orang2 Yahudi yg terkenal (ditakdirkan) sangat cerdas itu sampai perlu belajar ke Thailand. Lebih gila lagi dalam hal pemuliaan tanaman, misal Nangka. Thailand itu sadar betul kalau Nangka seperti halnya jambu Mete, sejatinya bukan buah betulan! Buktinya aja di negara kita, nangka lebih banyak dijadikan sayur olahan (gudeg, lalap Padang, nasi Megono, sayur Gori, dll) daripada dimakan sebagai buah segar. Maka dilakukan serangkaian penelitian oleh Thailand untuk mengangkat nangka ini jadi buah sejati yang nikmat! Hasilnya malah buah nangka yang super nikmat. Buah nangka Sri Bajong yang isinya hampir cuma buah aja (lihat foto), kalaupun ada daminya cuma sedikit dan bisa dimakan pula. Dengan ukuran buah yang jumbo, justru bijinya jadi kecil2 dan sedikit juga kok. Apalagi kulitnya yang cenderung tipis, hampir tak bergetah. Nyamleng pokoke. TOP nya lagi, dagingnya itu garing nggak jemek alias renyaah, manisnya pun krasa banget di lidah tanpa diganggu percikan air buahnya yang terkadang bikin kotor baju kita. Bener-bener buah! Jadi jangan harap ya (sekarang) bisa bikin gudeg dari buah yang legit ini............ apalagi bikin gara2: lu makan nangkanya, gue dapet getahnya....kagak ada lagi!!!.... wkkkkwkkk......(NB: Namanya juga antik lho Sri Bajong kayak singkatan aja: mbak Sri wis bali, mas Sony Joss seneng...hehhehe....)
Ketika serangan2 roket pejuang Palestina menghantam Israel……ternyata ketahuan salah satu korbannya orang Thailand yang bekerja sebagai tenaga ahli pertanian di negara Zionis itu. Gila kan?…..orang2 Yahudi yg terkenal (ditakdirkan) sangat cerdas itu sampai perlu belajar ke Thailand. Lebih gila lagi dalam hal pemuliaan tanaman, misal Nangka. Thailand itu sadar betul kalau Nangka seperti halnya jambu Mete, sejatinya bukan buah betulan! Buktinya aja di negara kita, nangka lebih banyak dijadikan sayur olahan (gudeg, lalap Padang, nasi Megono, sayur Gori, dll) daripada dimakan sebagai buah segar. Maka dilakukan serangkaian penelitian oleh Thailand untuk mengangkat nangka ini jadi buah sejati yang nikmat! Hasilnya malah buah nangka yang super nikmat. Buah nangka Sri Bajong yang isinya hampir cuma buah aja (lihat foto), kalaupun ada daminya cuma sedikit dan bisa dimakan pula. Dengan ukuran buah yang jumbo, justru bijinya jadi kecil2 dan sedikit juga kok. Apalagi kulitnya yang cenderung tipis, hampir tak bergetah. Nyamleng pokoke. TOP nya lagi, dagingnya itu garing nggak jemek alias renyaah, manisnya pun krasa banget di lidah tanpa diganggu percikan air buahnya yang terkadang bikin kotor baju kita. Bener-bener buah! Jadi jangan harap ya (sekarang) bisa bikin gudeg dari buah yang legit ini………… apalagi bikin gara2: lu makan nangkanya, gue dapet getahnya….kagak ada lagi!!!…. wkkkkwkkk……
(NB: Namanya juga antik lho Sri Bajong kayak singkatan aja: mbak Sri wis bali, mas Sony Joss seneng…hehhehe….)Lihat lah produktivitas nangka Sri Bajong ini…..begitu besaaar dan begitu buuanyak buahnya…….meski pohonnya sendiri belum begitu besar……

Foto: Lihat lah produktivitas nangka Sri Bajong ini.....begitu besaaar dan begitu buuanyak buahnya.......meski pohonnya sendiri belum begitu besar......

Jelas sudah tersedia bibit buah impian Nangka Sri Bajong ini!

NANGKA MADU MALAYSIA

HASIL PILIHAN SILANGAN DARI 600 JENIS NANGKA 

NANGKA MADU. Kalo bicara pemulian tanaman, Malaysia memang gila2an. Bayangkan, untuk buah Nangka aja, melalui kajian slama 6 tahun ditunjang dana yg tidak sedikit: Profesor Dr. Zainal Abidin dr Universitas Sains Malaysia telah bekerja keras mengumpulkan 600 jenis nangka dr seluruh wilayah Asia Tenggara yg gudangnya nangka, sehingga terkumpullah 6 kultivar top yg disilang2kan shg menghasilkan nangka yg luar biasa: Nangka Madu Malaysia. Dng mengambil sifat2 yg baik/unggul aja maka jadilah nangka ini cepat berbuah, lebat, jumbo buahnya bahkan terbesar, rasanya manis legit, renyah, warna kuning emas, daging buah tebal, biji kecil, dst.
Pertanyaannya kemudian: knapa mereka justru memilih nangka? Jlas karena nangka adalah buah yg bisa/cocok dijadikan apa saja, shg tak perlu takut busuk bila kelebihan produksi. Dari mulai sayuran, gudeg, buah segar, permen, kripik, selai, jeli, es buah/jus….dan masih banyak lagi. Ternyata nilai komesial Nangka Madu inilah, yg membuat Malaysia mampu mengekspor produk olahannya (yg tahan lama) ke berbagai negara. Salllluuutt!!………..(Foto Yan Lee Agriculture).

READY STOCK:
Bibit buah Nangka Madu Malaysia (tersedia sampai ukuran 1 meter).

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 119 pengikut lainnya.