NANGKA SUPER

INDONESIA GUDANGNYA NANGKA SUPER

NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen…..yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya “Bibit Buah”, banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya…..lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!….jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka…..Martinah sayang abang pingsan!…hehhhee……
Foto: NANGKA-NANGKA SUPER! Ketka saya menampilkan foto Nangka yg ganjen.....yg buahnya mreyot gini di halaman FB saya "Bibit Buah", banyak yg ngira itu sebagai Cempedak. Ini bener2 Nangka, super lagi, boro2 duduk di bawahnya.....lihat aja dah takut, begitu buanyaakkk buahnya dan besar2!!!!....jadi inget lagunya Martinah: Gedebuk kpala abang ketiban nangka.....Martinah sayang abang pingsan!...hehhhee......

NANGKA SRI BAJONG

KESEMPURNAAN SEBUAH NANGKA

Foto: NANGKA SRI BAJONG. Ketika serangan2 roket pejuang Palestina menghantam Israel......ternyata ketahuan salah satu korbannya orang Thailand yang bekerja sebagai tenaga ahli pertanian di negara Zionis itu. Gila kan?.....orang2 Yahudi yg terkenal (ditakdirkan) sangat cerdas itu sampai perlu belajar ke Thailand. Lebih gila lagi dalam hal pemuliaan tanaman, misal Nangka. Thailand itu sadar betul kalau Nangka seperti halnya jambu Mete, sejatinya bukan buah betulan! Buktinya aja di negara kita, nangka lebih banyak dijadikan sayur olahan (gudeg, lalap Padang, nasi Megono, sayur Gori, dll) daripada dimakan sebagai buah segar. Maka dilakukan serangkaian penelitian oleh Thailand untuk mengangkat nangka ini jadi buah sejati yang nikmat! Hasilnya malah buah nangka yang super nikmat. Buah nangka Sri Bajong yang isinya hampir cuma buah aja (lihat foto), kalaupun ada daminya cuma sedikit dan bisa dimakan pula. Dengan ukuran buah yang jumbo, justru bijinya jadi kecil2 dan sedikit juga kok. Apalagi kulitnya yang cenderung tipis, hampir tak bergetah. Nyamleng pokoke. TOP nya lagi, dagingnya itu garing nggak jemek alias renyaah, manisnya pun krasa banget di lidah tanpa diganggu percikan air buahnya yang terkadang bikin kotor baju kita. Bener-bener buah! Jadi jangan harap ya (sekarang) bisa bikin gudeg dari buah yang legit ini............ apalagi bikin gara2: lu makan nangkanya, gue dapet getahnya....kagak ada lagi!!!.... wkkkkwkkk......(NB: Namanya juga antik lho Sri Bajong kayak singkatan aja: mbak Sri wis bali, mas Sony Joss seneng...hehhehe....)
Ketika serangan2 roket pejuang Palestina menghantam Israel……ternyata ketahuan salah satu korbannya orang Thailand yang bekerja sebagai tenaga ahli pertanian di negara Zionis itu. Gila kan?…..orang2 Yahudi yg terkenal (ditakdirkan) sangat cerdas itu sampai perlu belajar ke Thailand. Lebih gila lagi dalam hal pemuliaan tanaman, misal Nangka. Thailand itu sadar betul kalau Nangka seperti halnya jambu Mete, sejatinya bukan buah betulan! Buktinya aja di negara kita, nangka lebih banyak dijadikan sayur olahan (gudeg, lalap Padang, nasi Megono, sayur Gori, dll) daripada dimakan sebagai buah segar. Maka dilakukan serangkaian penelitian oleh Thailand untuk mengangkat nangka ini jadi buah sejati yang nikmat! Hasilnya malah buah nangka yang super nikmat. Buah nangka Sri Bajong yang isinya hampir cuma buah aja (lihat foto), kalaupun ada daminya cuma sedikit dan bisa dimakan pula. Dengan ukuran buah yang jumbo, justru bijinya jadi kecil2 dan sedikit juga kok. Apalagi kulitnya yang cenderung tipis, hampir tak bergetah. Nyamleng pokoke. TOP nya lagi, dagingnya itu garing nggak jemek alias renyaah, manisnya pun krasa banget di lidah tanpa diganggu percikan air buahnya yang terkadang bikin kotor baju kita. Bener-bener buah! Jadi jangan harap ya (sekarang) bisa bikin gudeg dari buah yang legit ini………… apalagi bikin gara2: lu makan nangkanya, gue dapet getahnya….kagak ada lagi!!!…. wkkkkwkkk……
(NB: Namanya juga antik lho Sri Bajong kayak singkatan aja: mbak Sri wis bali, mas Sony Joss seneng…hehhehe….)Lihat lah produktivitas nangka Sri Bajong ini…..begitu besaaar dan begitu buuanyak buahnya…….meski pohonnya sendiri belum begitu besar……

Foto: Lihat lah produktivitas nangka Sri Bajong ini.....begitu besaaar dan begitu buuanyak buahnya.......meski pohonnya sendiri belum begitu besar......

Jelas sudah tersedia bibit buah impian Nangka Sri Bajong ini!

NANGKA MADU MALAYSIA

HASIL PILIHAN SILANGAN DARI 600 JENIS NANGKA 

NANGKA MADU. Kalo bicara pemulian tanaman, Malaysia memang gila2an. Bayangkan, untuk buah Nangka aja, melalui kajian slama 6 tahun ditunjang dana yg tidak sedikit: Profesor Dr. Zainal Abidin dr Universitas Sains Malaysia telah bekerja keras mengumpulkan 600 jenis nangka dr seluruh wilayah Asia Tenggara yg gudangnya nangka, sehingga terkumpullah 6 kultivar top yg disilang2kan shg menghasilkan nangka yg luar biasa: Nangka Madu Malaysia. Dng mengambil sifat2 yg baik/unggul aja maka jadilah nangka ini cepat berbuah, lebat, jumbo buahnya bahkan terbesar, rasanya manis legit, renyah, warna kuning emas, daging buah tebal, biji kecil, dst.
Pertanyaannya kemudian: knapa mereka justru memilih nangka? Jlas karena nangka adalah buah yg bisa/cocok dijadikan apa saja, shg tak perlu takut busuk bila kelebihan produksi. Dari mulai sayuran, gudeg, buah segar, permen, kripik, selai, jeli, es buah/jus….dan masih banyak lagi. Ternyata nilai komesial Nangka Madu inilah, yg membuat Malaysia mampu mengekspor produk olahannya (yg tahan lama) ke berbagai negara. Salllluuutt!!………..(Foto Yan Lee Agriculture).

READY STOCK:
Bibit buah Nangka Madu Malaysia (tersedia sampai ukuran 1 meter).

NANGKA DULANG

NIKMAT DAMINYA!

 Ini lah pohon buah yg sering jadi pilihan untuk diajak curhat. Sejak saya mengulas hal itu di blog saya (bibitbuah.com), banyak yg terinpirasi dan mempraktekkannya. Kalo pohon aja bisa menyerap sampah CO2 nafas kita, knapa tidak untuk masalah kita?? Hasilnya bner2 luar biasa, terkadang saya ngeri sendiri….gimana tidak, wong pohon dari bawah ke atas kok isinya cuma buah mlulu. Entah lah knapa jadi temen saat galau gitu, apa karna bunga jantannya yg bentuknya rada seksi itu y…xiiixiii……atau nama buahnya yg rada2 porno kali ya Nangka (thok) sedang Inggrisnya lebih parah lagi yaitu buah mas Jack (Jackfruit)……wkkkwkkk….

NANGKA33
Sayangnya banyak bagian2 buah nangka yg tidak bisa dimakan, shg banyak buah sama aja banyak sampah, trutama daminya. Nah, gimana kalo ada nangka yang daminya itu bisa dimakan dan rasa manisnya ngejreng justru lebih nikmat dari daging buahnya? Jelas ini nangka top, namanya NANGKA DULANG, padahal daging buahnya aja udah super lho: kering, legit (lebih manis dri nangka biasa), tebel, besar memanjang dengan bijinya yg kecil2. Tapi istimewanya yaitu tadi: daminya gede-gede krasa manis banget! Mak nyussss dah…..
Dengan karakter selalu berbuah lebat dan tak kenal musim, layak banget nangka ini dikebunkan, apalagi besar buahnya jumbo bisa mencapai 20 Kg lebih….Woooow!!! Sempurna untk sebuah nangka…….

Ini dia penampakan nangka Dulang yang daminya lebih nikmat dari daging buahnya…mau???? terlihat foto dari NaturIndonesia.com

nangka dulang

 

NANGKA MINI

Nangka Mini

Sebagai tanaman pekarangan depan rumah maupun tabulampot Nangka Mini dengan ketinggian tanaman yang dapat mencapai 3 – 5 meter adalah salah satu pilihan tanaman buah yang layak dipilih.

Nangka mini yang memiliki sifat genjah dapat mulai berbuah di pekarangan rumah pada umur satu setengah tahun dan dapat dinikmati rasa manis buahnya setelah empat bulan setelah pembungaan. Berat buah rata-rata nangka mini adalah 5-7,5 kg, tetapi dapat mencapai 15 kg pada varietas tertentu.

Seperti halnya jenis tanaman nangka lainnya, tempat ideal untuk pertumbuhan nangka mini adalah daerah dengan ketinggian sampai 700 m di atas permukaan laut dengan tanah yang gembur dan agak berpasir. Tanaman nagka mini memerlukan curah hujan tinggi, yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun untuk dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Pembelian Bibit Nangka Mini

Bibit nangka mini setinggi 60 Cm up siap tanam dapat diperoleh dengan harga mulai dari Rp. 60.000,- melaui pemesanan (Stok sangat terbatas)

NANGKADAK

Nangka + Cempedak = Nangkadak

Satu prestasi luar biasa anak bangsa Tim Ahli Pemuliaan Tanaman Taman Wisata Mekarsari melakukan perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dan cempedak (Artocarpus integer Merr) pada tahun 2000, setelah melalui evaluasi penelitian selama tiga tahun, ditemukan tiga varietas unggul baru yaitu, nangkadak, cempeka dan pedakka.

Dimana tumbuhan ini masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, secara umum sosok tanaman dan tipe buah dari silangan ini lebih mengarah kepada cempedak, tetapi ukuran buah yang dihasilkan serta kualitas buahnya jauh lebih unggul dan berbeda dari induk aslinya. Bentuk buah nangkadak berbentuk silindris dan berkesan padat, aroma ketika buah matang terasa sangat lembut, tidak setajam cempedak, tapi lebih mengarah pada aroma nangka.  Nangkadak memiliki tekstur daging buah lembut dan dami buah tidak lengket karena getah yang dihasilkan sedikit

 Keunggulan lainnya dari buah ini adalah rasanya yang sangat manis dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Buah yang dihasilkan pada musim hujan pun tetap manis, tidak seperti nangka maupun varietas cempedak lainnya yang sedikit berkurang rasa manisnya, bahkan terasa hambar jika berbuah di musim penghujan.

Berbeda dengan pohon nangka pada umumnya yang ketinggiannya dapat mencapai 20 hingga 30 Meter untuk ukuran nagka besar dan 6 sampai 8 Meter untuk ukuran nangka kecil, pohon Nangkadak setinggi  2 Meter saja sudah dapat menghasilkan buah yang sangat banyak..

Buah Nangkadak berukuran lebih kecil dibanding varietas lainnya, tapi nangkadak lebih cepat berbuah, Saat berusia 2,5 Tahun saja, satu pohon Nangkadak sudah dapat berbuah dari 30 hingga 50 buah sehingga sangat cocok untuk dikomersilkan

Keunggulan Nangkadak :

  • Aroma buah lembut, tidak terlalu kuat.
  • Daging buah tebal & berwarna menarik (kuning orange).
  • Rasa mendekati nangka dengan tingkat kemanisan tinggi (30° brix).
  • Tekstur daging buah lembut tanpa serat. Ukuran buah sedang (3 – 5 kg).
  • Tanaman memiliki sosok & tajuk yang kompak, pendek & rimbun.
  • Tanaman berumur genjah (2 – 3 tahun). Produktivitas buah cukup tinggi (30 – 50 bh/phn/panen).
  • Buah unik karena merupakan perpaduan nangka dengan cempedak.

Diambil dari berbgai sumber.