NANGKA MADU MALAYSIA

HASIL PILIHAN SILANGAN DARI 600 JENIS NANGKA 

NANGKA MADU. Kalo bicara pemulian tanaman, Malaysia memang gila2an. Bayangkan, untuk buah Nangka aja, melalui kajian slama 6 tahun ditunjang dana yg tidak sedikit: Profesor Dr. Zainal Abidin dr Universitas Sains Malaysia telah bekerja keras mengumpulkan 600 jenis nangka dr seluruh wilayah Asia Tenggara yg gudangnya nangka, sehingga terkumpullah 6 kultivar top yg disilang2kan shg menghasilkan nangka yg luar biasa: Nangka Madu Malaysia. Dng mengambil sifat2 yg baik/unggul aja maka jadilah nangka ini cepat berbuah, lebat, jumbo buahnya bahkan terbesar, rasanya manis legit, renyah, warna kuning emas, daging buah tebal, biji kecil, dst.
Pertanyaannya kemudian: knapa mereka justru memilih nangka? Jlas karena nangka adalah buah yg bisa/cocok dijadikan apa saja, shg tak perlu takut busuk bila kelebihan produksi. Dari mulai sayuran, gudeg, buah segar, permen, kripik, selai, jeli, es buah/jus….dan masih banyak lagi. Ternyata nilai komesial Nangka Madu inilah, yg membuat Malaysia mampu mengekspor produk olahannya (yg tahan lama) ke berbagai negara. Salllluuutt!!………..(Foto Yan Lee Agriculture).

READY STOCK:
Bibit buah Nangka Madu Malaysia (tersedia sampai ukuran 1 meter).

GRUMICHAMA

CHERRY PALING MENGGODA

Kalau ada buah yg begitu indah tampilannya sehinga Anda seperti nggak tega mau memakannya, maka salah satunya adalah buah GRUMICHAMA atau black pitomba. Saking indahnya bahkan bisa sbg hiasan top taman. Warna buahnya yg hitam keunguan serempak dan mengkilat yg bisa memantulkan cahaya membuat pohonnya bak ditebari permata. Rasanya pun manis menyegarkan sperti cherry (tpi ada yg bilang mirip Jaboticaba) shg ada menyebut Brazillian Cherry. Kulit buahnya yg tipis menyajikan sensasi tersendiri, membuat lidah Anda berputar2 tak sadar. Apalagi bila Anda menikmatinya dalam bentuk jelly…..wuiiihh…… betul2…..nikmat nyooo…….

JAMBU AIR BLACK KINGKONG

Manisnya Nggak Bosenin!

Jambu Manis BLACK KINGKONG! Gaya hidup sehat hampir sudah jdi standar dunia, sehingga buah2 terbaik dunia pun mesti memiliki kriteria yg dpat menyehatkan bukan justru sebaliknya……kadar gula dan alkohol jlas rendah, tidak berbiji/biji kecil, berserat tpi lembut, dsb…….tak aneh bila durian Musangking termasuk dlam deretan buah terenak itu, namun jangan coba2 suguhkan Musangking pada tamu Anda yg maniak durian……nggak ngaruh!……beri aja dia durian Kumbo Karno, maka termehek2 dia dng tenggorokan yg krasa kayak dikrubutin semut saking tingginya alkohol…….demikian pula untk maniak jambu2 air manis semarangense…..jangan dikasih jambu air Black Diamond, berilah saudaranya yg lebih top yaitu jambu air BLACK KINGKONG yg manisnya super sejak muda, seedless lagi……dng ukurannya yg super pulak dijamin puas…..apalgi di siang bolong yg panas gini, trus dibikin rujak….wuaih sueeegeeerrrnyaaa…….

Menjawab pertanyaan mas Hariyanto Javanese: ada penampakan gelas plastik utk mangga dan jambu air seperti apa ya?.. di share dunk.. kalo ada yang punya. Jawab: waduh, kalo jambu air jlas agak sulit…..apalagi jambu air jumbo macem Black Kingkong ini……pakai ukuran plastik biasa aja sudah bisa menuh-menuhin bungkusnya gitu (lihat tanda lingkaran) padahal blum maximal lho…….
Foto: Menjawab pertanyaan mas Hariyanto Javanese: ada penampakan gelas plastik utk mangga dan jambu air seperti apa ya?.. di share dunk.. kalo ada yang punya. Jawab: waduh, kalo jambu air jlas agak sulit.....apalagi jambu air jumbo macem Black Kingkong ini......pakai ukuran plastik biasa aja sudah bisa menuh-menuhin bungkusnya gitu (lihat tanda lingkaran) padahal blum maximal lho.......

Lihatlah bagian dalemnya setelah satu gigitan……..begitu tebel, begitu padet, tanpa biji pula……membuat jambu air BLACK KINGGKONG ini begitu mulus masuk mulut……oh, yummy…..
Foto: Lihatlah bagian dalemnya setelah satu gigitan........begitu tebel, begitu padet, tanpa biji pula......membuat jambu air BLACK KINGGKONG ini begitu mulus masuk mulut......oh, yummy.....

DURIAN KUMBO KARNO

DURIAN BESAR DNG RASA TAK TERTANDINGI!

kumbo karno
KUMBO KARNO: DURIAN PALING SEXY! Bak cerita pewayangan dimana si Kumbo Karno adalah raksasa yg baik hati, maka durian Kumbo Karno asli pun merupakan durian yg montok (ukuran besarnya pun bisa mencapai se kaleng biskuit besar) dng rasa yg tak tertandingi!……bayangkan rasa manis, legit, krasa bertaburan mentega, susu hingga goyangan lidah akibat rasa cres2nya soda yg berujung sedikit pahit adalah efek dri kandungan alkoholnya yg begitu tinggi. Mka jangan coba2 memakan daging buahnya yg tebeeel itu lebih dri 3 pongge, kalo Anda tidak mau dibikin pusing tujuh keliling seperti Sang Rama yg keder jugak ngadepin smangat nasionalisme Kumbo Karno (bukan karna membela kakaknya Rahwana).
Namun bila masih pingin jugak, tinggal kantongi aja kok di saku….dijamin tidak menimbulkan bekas noda…..alias tidk njemek….
Tampilan buah luarnya pun sdemikian cantik, duri berlekuk2 dng warna hijau semburat kuning, apalagi daging buahnya mirip lembutnya es krim yg meleleh. Woww……kuning dng warna2 lain, trus di atasnya ada warna putih seperti sengaja ditaburkan. Ihhh……sexynya…..

Tampilan bibit durian Kumbo Karno dng ciri khas daunnya yg lebar, mengkilat, hijau semburat kuning, kaku tebal yg mampu menunjukkan kualitas buahnya.

Sedang nyobak……kalo Monthong atau Chanee atau apalah yg dikasih kaki 3 bisa jadi bawor yg top gitu, trus gimana kalo yg dikasih kaki 3 adalah bibit durian lokal sekelas Kumbo Karno yg buahnya aja udah sebesar kaleng biskuit Khong Guan, apakah ukurannya bisa lebih besar lagi ya….dan rasa alkoholiknya bisa berkurang??? Nah kalo Anda pingin nyobak jugak, sudah tersedia bibit durian Kumbo Karnonya dalam jumlah terbatas……

Foto: Sedang nyobak......kalo Monthong atau Chanee atau apalah yg dikasih kaki 3 bisa jadi bawor yg top gitu, trus gimana kalo yg dikasih kaki 3 adalah bibit durian lokal sekelas Kumbo Karno yg buahnya aja udah sebesar kaleng biskuit Khong Guan, apakah ukurannya bisa lebih besar lagi ya....dan rasa alkoholiknya bisa berkurang??? Nah kalo Anda pingin nyobak jugak, sudah tersedia bibitnya dalam jumlah terbatas......

LENGKENG VERNIE

DOMPOLAN BUAH RAPAT MIRIP ANGGUR

Knapa sih Varietas tanaman lengkeng makin banyak aja? Ya, jlas karna makin banyak mutasi yg ditemukan dan makin banyak pula permintaan yg aneh2 dri pelanggan. Contoh aja tiga hari yg lalu:
Seorang ibu2 malam2 nelpon
Setelah salam, kenalan, basa basi dan bla…..bla….blaaaa
dia pun memulai critanya
“Tadi to mas……saya arisan di tempat seorang istri pejabat tinggi”
“Trus…” sela saya bingung
“Halamannya keren banget…….penuh tanaman2 buah”
Ok, mulai ada hubungannya, pikir saya
“Ada tanaman lengkeng yg dompolan buahnya rapat mirip anggur….. bergelantungan dan misah di bawah daun2nya…..indah skali….saya sampai tak tahan memetiknya dan bner2 maniiiiss….rasanya mirip lengkeng lokal…..tpi ini kering……eunakkk….lengkeng apa y, mas??? punya bibitnya??”
Pikiran saya langsung ke lengkeng Vernie, namanya memang mirip nama latinnya anggur; Vitis vinifera L. Kalo sudah berbuah, woooww….siapa pun ngiler lihat tampilannya……
m e n g g o d a…..

Trus, ada lanjutan dalam menjawab pertanyaan teman ‘Sinar Baru’ di status saya yg membahas Lengkeng Vernie: “Ini bijinya kecil ya?”……maka pemuatan foto buah lengkeng Vernie ini smoga bisa lebih menjawab, memberi bukti dan memberi gambaran secara jelas seberapa kecilnya biji lengkeng Vernie ini yg dibalut daging buahnya yg begitu tebal dan garing (meski blum matang bener)! Nyammmm….. 

Atas bawah isinya cuma buah melulu….itu lah produkstivitas lengkeng Vernie……..
Foto: Atas bawah isinya cuma buah melulu....itu lah produkstivitas lengkeng Vernie........

Meski masih pentil buahnya, namun sudah terlihat “galak” juga lengkeng VERNIE ini…..mau dijarangin eman, nggak dijarangin takut patah tuh cabang2nya…….dengan produksinya yg dahsyat, apalagi bijinya yg kecil pula, lengkeng super ini memang pantas jadi pilihan utama pekebun……

vernie3

ANGGUR POHON JABOTICABA

BUAH DNG TUJUH RASA YG MENAKJUBKAN!

CHERRY BELLE! Kalau inget girl band yg satu ini, sya inget buah dng 7 rasa nano2 yg menakjubkan…….makanya diembel2i dng segudang nama: ada yg menyebut sbagai Cherry, trus Brazillian Grape Tree, terkenal juga sbg Berry karna mampu menghancurkan sel kanker, latinnya Eugenia Cauliflora Berg dan yg pualing keren tpi sulit diucapkan “JABOTICABA”. Ehhh…orang kita cukup menyebutnya sbg Kupa Landak atau Gowok aja, soalnya kita sbenarnya punya kok beberapa varietas aslinya. Dri beberapa nama itu, saya sih biar mudah diingat menyebutnya dng singkatan Cheery Belle aja…heehhee.

Soal rasa, jangan ditanya bok!…..Misalkan dibandingkan anggur, jlas manisan buah ini lagi, udah gitu terdiri dri perpaduan rasa yg mlompat2……bayangkan saat 9 hari menjelang matang nich diawali dengan rasa manis jambu biji, esoknya rasa legit manggis, dan berubah lagi jadi rasa leci di hari ke tiga. Pada hari keempat dan kelima menjadi rasa markisa dan srikaya. Hari keenam sampai delapan berubah lagi jadi rasa anggur menyegarkan. Dan pada saat matang sempurna, rasanya jadi manis dengan aroma haruuum semerbak. Owww…… nikmat luar biasooo…….lidah kita bener2 bergoyang……(Foto Noah Proyek)

 

Kalo Anda dah bosan dng anggur Anda yg menjalar nggak karuan….ya ganti aja dengan anggur pohon (Jaboticaba)….buahnya ada di pokok pohon…indah kan? tinggal metik dan lepp….seger bener…..mak nyess……dng nikmat 7 rasa…..
Foto: Kalo Anda dah bosan dng anggur Anda yg menjalar nggak karuan....ya ganti aja dengan anggur pohon (Jaboticaba)....buahnya ada di pokok pohon...indah kan? tinggal metik dan lepp....seger bener.....mak nyess......dng nikmat 7 rasa.....

Trus terang, dulu saya menyangka, buah Jaboticaba atau anggur pohon itu mirip2 buah duwet/jamblang lah……..tpi ternyata jauh beda…..bayangkan aja: lebih manis (dng 7 rasa yg berbeda), lebih seger, tanpa rasa sepet, lebih juicy, juga lebih kecil bijinya…..apalagi daging buahnya lebih putih dan tidak menimbulkan noda!!!!……(lho, kok terakhirnya kyak iklan detergen)….hehhhee….

READY STOCK:
Bibit buah Anggur Pohon (Jaboticaba) dari ukuran kecil sampai besar.

ZAINAL MAHANG

Rambutan Terbesar di Dunia! 

Kalo Anda makan buah rambutan
maka cara asyik makannya;
ya, begitu rambutan dikupas
langsung masuk mulut, dikulum dan nglotok pakai gigi kita pula
Tapi gimana kalo rambutannya Zainal Mahang
yg sebesar telur angsa????
yg lebih besar dripda rambutan Garuda
Waooowww…..pasti lebih euuunak lagi……..
terasa begitu tebal isi buahnya yg kering
dan sangat renyah di lidah
ketika nglotok
menuh-menuhin rongga mulut pokoknya….
tanpa ada kulit ari yg nempel
karna biji tidak melekat pd isi buah
rasa manisnya pun cepat menyebar
dijamin Anda tidak perlu menghabiskan satu iket
untk merasa kenyang……
karna
jlas ini rambutan jumbo……
super