Buah-buah Impian

Jual Bibit Buah Exclusive dari bibitbuah.com

BEACH CHERRY

Tinggalkan komentar

BERBUAH TERUS

Seringkali saya menerima keluhan kenapa buah Beach Cherry milik mereka tidak manis?? Padahal buah yg satu ini manis bener bila mendapat perawatan maximal: pemangkasan produksi, penjarangan buah dan daun, pemberian pupuk NPK dng unsur P dan K yg tinggi, penyiraman tidak terlambat, dll. Buah pun akan tampak sempurna seperti yg terlihat di tangan istri saya: besar, merah, dan yg penting maniiiisss…….

Foto: Seringkali saya menerima keluhan kenapa buah Beach Cherry milik mereka tidak manis?? Padahal buah yg satu ini manis bener bila mendapat perawatan maximal: pemangkasan produksi, penjarangan buah dan daun, pemberian pupuk NPK dng unsur P dan K yg tinggi, penyiraman tidak terlambat, dll. Buah pun akan tampak sempurna seperti yg terlihat di tangan istri saya: besar, merah, dan yg penting maniiiisss.......

 

Dan juga, sering kali banyak pembeli yang complain karena ketidaktahuan akan perawatan tanaman buah impian. Yang memang perlu perawatan dan pengetahuan khusus. Gimana sih kok tanaman buahku nggak berbuah lagi, padahal waktu beli bisa berbuah? Tanamanku kok jadi subur begini tapi malah malas berbuah? Menanggapi complain seperti ini harus sabar dalam mencari akar permasalahannya. Kalau tidak begitu akan timbul kesalahpahaman atau yang lebih sadis lagi pembeli merasa tertipu! Gawat….

Beach Cherry Loh (BCL) atau dalam bahasa latinnya Eugenia reinwardtiana adalah salah satu tanaman yang manja ini. Trus apa hubungannya manja dan berbuah? Para pembeli pasti akan jawab kalau mereka sudah kasih pupuk yang cukup, disiram teratur, dikasih ZPT segala. Bahkan ibaratnya dijaga trus, nggak boleh ada yang menggangu pokoknya. Biasanya saya akan balik tanya: sudah ibu pangkas tanamannya? Apa, dipangkas? Eman-eman to Mas. Lah justru itu penyebabnya. Banyak tanaman buah yang mesti dipangkas untuk menjadikan dia stres dan berbuah. Karena pemangkasan juga salah satu upaya memanjakan tanaman supaya berbuah. Dari pangkasan ini akan memunculkan cabang-cabang baru yang akan menghasilkan bunga dan kemudian berbuah. Tanaman juga kelihatan jadi menarik, terlalu subur juga membuat tanaman terlalu banyak daunnya, yang menghambat pembungaan. Selain BCL, anggur, markisa, dan apel adalah tanaman buah-bauhan yang memerlukan pemengkasan produksi untuk bisa berbuah. Setelah itu biasanya sayapun jadi lega dan bahagia kalau para pembeli memahaminya, tapi bukan kata ‘maaf’ dari mulut mereka yang membuatku bahagia lho, tidak lagi dituduh menipu, point itu yang membahagiakan….lega rasanya………..

Sebenarnya saya ingin menampilkan Mangga Chokanan (sayang nggak bisa dalam satu foto, karena berjarak) yang berbuahnya tidak kenal musim, sehingga berbuahnya susul menyusul seperti foto Beach Cherry ini: ada buah yg dah matang, buah mengkal, buah mentah, pentil, bunga mekar, bunga menutup, calon bunga……..sampai kasihan rasanya…..apa nggak lelah tuh berbuah teruuuuussss!!!!……..
Foto: Sebenarnya saya ingin menampilkan Mangga Chokanan (sayang nggak bisa dalam satu foto, karena berjarak) yang berbuahnya tidak kenal musim, sehingga berbuahnya susul menyusul seperti foto Beach Cherry ini: ada buah yg dah matang, buah mengkal, buah mentah, pentil, bunga mekar, bunga menutup, calon bunga........sampai kasihan rasanya.....apa nggak lelah tuh berbuah teruuuuussss!!!!........
READY STOCK:
Bibit buah Beach Cherry.

Penulis: Sulis Mo

Pusat Penjualan Bibit Buah Super dan Pembuatan Kebun Buah dari BibitBuah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s