Buah-buah Impian

Jual Bibit Buah Exclusive dari bibitbuah.com

DURIAN “NINGRAT” SUNAN

Tinggalkan komentar

DURIAN SPESIAL UNTUK SUNAN SOLO, YANG BERASA BAK ICE CREAM

Pas jam 12 malam ngluarin status lagi, tentang legenda durian ningrat yang eunak bin enaakkk banget. Masak gara2 ngasih usulan ….eh dikeluarin dri sebuah komunitas durian, padahal beberapa perbincangan durian mereka yang dianggap kontroversial dan jadi perdebatan berlarut2 sering saya deskripsikan di sini.…..
Nah, rasa2nya saya masih nyisakan pr yang sayang banget jugak kalo nggak segera dibikin status, bisa lenyap berlembar2 hasil wawancara……namun sayangnya jugak saya sekarang nggak bisa akses lagi ke sana. Lupa2 inget. Yaitu tentang pernyataan berani salah satu membernya bahwa: durian Sunan lebih enak daripada durian Musangking, Malaysia. Ckkkckkk……benar ke??? Bahkan pernyataan ini mendapat dukungan maestro durian pak Panca Jarot Santoso.

sunan
Pemahaman lebih lanjut durian ini ternyata membawa saya ke daerah asalnya yaitu Boyolali, daerah istri saya jugak. Durian yang penuh mistis, filosofi dan pantangan. Maksudnya dengan memahami filosofi masyaratnya…..ternyata kita jadi tahu seberapa nikmatnya durian yang digembar-gemborkan tertua di tanah Jawa ini.
Tidak cuma bisa bilang enak thok, lebih dari itu!
Soalnys Boyolali itu selain gudangnya susu, abon, buah pepaya, juga terkenal kuliner sotonya yang khas. Jangan bilang sudah ke Boyolali lho kalo belum makan sotonya yg berreret2 sepanjang kota.
Padahal saya sendiri trus terang dari dulu nggak suka makan soto, bingung saya dimana enaknya……tapi sejak dikenalkan oleh istri cara elegan makan Soto Boyolali, saya jadi ketagihan. ….hehhhee…..Soto itu dibuat dengan kuah yg kekentalannya saat disruput trasa gurih banget, jlas dimasak dengan kayu bakar yang lama untuk mendapatkan kuah yg heboh gini dan disajikan cuma dalam mangkok kecil. Tpi dijamin Anda bakalan nambah dan nambah.
Nah demikian pula durian Sunan, nggak besar jugak tapi saking istimewa kelezatannya maka menjadi sakral, meski berbuah buanyak bisa nyampek lebih dari 800 butir per pohon, nggak sembarang orang dulu brani makan durian yang hanya dipersembahkan dan dinikmati terbatas untuk keluarga kerajaan Sunan Solo Hadiningrat…… tanpa dijaga, orang dah takut: ora ilok pokoke….
Seberapa enaknya sih?? Seorang pelanggan saya yang merupakan eksekutif di pabrik Garment dan punya kebun durian Sunan di Ungaran bercerita, suatu kali dia kedatangan seorang maniak durian kawakan yang dah lama nyari2 keberadaan durian Sunan….eh pas disuruh nyicipin…..kok nggak berapa lama teler jugak, padahal baru separuh menikmati durian Sunan miliknya…kejap-kejap….nggak nahan nikmatnya, katanya……hehhee…
Dan ini membuktikan jugak durian sunan tidak bersifat lokalitas…ditanam di mana aja, tidak berubah rasa …….meski Boyolali beriklim kering, seorang pekebun di Bogor pun mengamini itu…..dan kerennya lagi tahan terhadap hama dan penyakit yang merupakan momok menakutkan para pekebun durian yaitu busuk akar dan penggerek buah….
Kok bisa ya, mengherankan? Ini jlas durian sakti kali…..hehhhee….wong kulitnya tipis……kok daya simpan lama dan nggak tembus penggerek buah y…..sip!
Durian unggulan nasional ini seakan dibuat special untk dimakan satu orang, beda dengan Monthong yang perlu teman untuk menghabiskannya. kayak soto Boyolali tadi lah, kalo kurang tinggal nambah…..begitu nikmat…..daging buahnya yang berwarna krem justru tampak lain dari pada yang lain, dagingnya pun terasa begitu keset berlemak pas banget ketika dimakan lembut karena seratnya yang halus seperti menuh-menuhin rongga mulut kita….rasa manis bercampur sedikit pahit diakhir seperti muncrat pelan2 namun terus menerus kita rasakan karna dagingnya sangat tebal dan cenderung berbiji kecil. Paling cuma beberapa biji aja yang sempurna. Lainnya kecil tapi bukan kopek. Jadi bukan cuma seperti ice creamnya Musangking……ini kayak ada topingannya…..ada sesuatu yang lebih namun nggak brani saya omongin. Hasrat kelaki-lakian yang seperti terpancing. Yang jlas saya jadi paham sekarang, knapa ada pantangan dalam memakan durian keramat ini: “Jika Anda ingin makan durian ini bersamaan dengan durian lain, ANDA DILARANG MAKAN DURIAN SUNAN DULU!” Karna bila Anda tetep aja ngotot makan durian Sunan dulu, maka durian lain akan nggak berasa durian lagi……weleh weleh…….….
Xiiixiii……
jadi terbukti lebih enakkan????!

 

Ready Stock:
Bibit buah Durian Sunan

 

Penulis: Sulis Mo

Pusat Penjualan Bibit Buah Super dan Pembuatan Kebun Buah dari BibitBuah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s