Buah-buah Impian

Jual Bibit Buah Exclusive dari bibitbuah.com

MANGGA MAHACHANOK (MC)

Tinggalkan komentar

MANGGA “PELANGI DNG RASA SURGAWI”

 

MC


Kesempurnaan sebuah mangga.
Ok, daripada bosen baca berita ontrang-ontrang politik terus…..ayo kita bahas aja mangga heboh yang masuk jajaran mangga terindah dan terenak di dunia ini.
Meski terus-terang – maaf – di sini pun dibahas jugak pertarungan yang makin sengit antara 3 negara papan atas antara Thailand, Malaysia dan Taiwan….hehhhee…..podo wae….yaitu untuk mendapatkan buah silangan exotis paling top, tentunya dengan tujuan export bener-bener tak terelakkan. Dan kita di sini masih tenang2 saja, bah! Dalam hal ini, para penyilang bener2 dimanjakan kerajaan/ negara masing2 dengan dana trilyunan sehingga mereka pun lepas landas mencari plasma nutfah di seluruh dunia. Bau pertarungan pun ada di mana-mana. Saya sampek pernah terbengong-bengong ketika seorang tukang tour & travel memborong bibit-bibit buah exotis saya tanpa nanya harganya. Baru setelah tahu dia adalah utusan dari salah satu dari 3 negara tersebut, langsung deh dengan semangat “nasionalisme” saya sembunyikan yang memang perlu disembunyikan…….hehhhee….menyelamatkan asset negara. Tapi betapa kecewanya saya saat mengantar orderan, mereka juga memborong banyak bibit dari pembibitan lain. Hadewww…..

Katakan lah untuk buah Mangga, mereka mengincar mangga dari tanah nenek moyangnya mangga seperti India dan Pakistan, atau jawaranya dulu dalam expor mangga seperti Phlilipina dengan mangga Carabaonya yang bisa dimakan bak pisang, juga negara dengan koleksi mangga yang luar biasa indah seperti Amerika dau Ausi. Kita terkadang nggak dilirik….hehhhee….wong mangga kita yang umumnya berwarna kulit hijau jelas sulit di ekspor…..lebih detail baca blog saya: http://www.bibitbuah.com/2010/11/green-is-sweet-mister.html

Dan mangga Mahachanok adalah pencapaian Thailand yang dahsyat. Diawali dengan kebanggaan akan buah lokal asli….maka lewat Tew-Thong Farm di Chieng Mai sono mereka ingin menjadikan mangga golek Bangkok atau Nangklangwan jadi andalan ekspor. Bukan lagi cuma jago kandang tok. Eeee….kita di sini masih teriak ‘selamatkan buah lokal!’, bukannya dimuliakan/ diperbaiki. Mangga Nangklangwan yang bisa dimakan muda atau manenda ini jangan ditanya kalo dah matang….mak Nyuss……dengan daging buahnya yg tebel sangat lembut terasa bertepung kayak mangga Indramayu dan bentuknya yang memanjang lebih gendut dibanding golek India sekalipun. Sehingga yang diperlukan untuk menyempurnakannya adalah warna kulit buah yang harus menarik dan aroma yang merangsang yang disukai pasar luar negeri. Alhamdulillah, sempat melirik ke mangga Gedong Gincu kita. Namun pilihan pun akhirnya jatuh pada mangga-mangga Amerika yang jelas keturunannya….hehhee….

Hasilnya didapatkan mangga Mahachanok yang menghebohkan dunia! Bahkan Raja Bhumipol Adulyadej sendiri yang memberinama Mahachanok (Bapak Yang Agung) dan sempat beberapa waktu hanya menjadi koleksi kerajaan saja saking eunaknya. Mangga Nam Dok Mai yang terkenal saat itu dengan manis polosnyapun dilibas. Sayang ketertutupan Thailand dalam menjaga rahasia silangan membuat spekulasi beredar tentang mangga-mangga apa yang akhirnya jadi pasangan Nangklangwan? Banyak gossip….hehhhee….kayak selebritis aja. Sempat terdengar selentingan mangga Mexican. Baru setelah Mahachanok mampu menembus dan merajai pasar Jepang……..eh orang-orang Amrik ikut2an penasaran dan melakukan semdiri test DNA, hasilnya mangga Sunset yang berwarna merah golden dipastikan menjadi salah satunya. Padahal mangga Sunset adalah hibrida hasil silangan dari mangga Haden dan kultivar Amini. Tak ayal mangga Sunset dan Haden pun kembali turut terdongkrak pasarnya….wooow…..luar biasa efeknya!

Apa sich istimewanya mangga Mahachanok ini yang membuat geger??? Yaitu pada keseimbangan sempurna antara rasa manis, mentega, asam, rasa lezat, tak ada serat, aroma harum yang kuat, dan daya tarik keseluruhan.. Profil rasa yang sangat kompleks. Ini membuat orang ketagihan. Dimana bentuk buah memanjang dan warna kulitnya yang bak pelangi berubah dari hijau ke warna kuning-oranye, ungu dan merah saat matang…..sensaisional cantiknya. Dan menurut saya, rasa mangga Mahachanok seperti durian Musangking yang bergulung2 rasanya, dimana rasa masam segarnya terletak di tengah. Banyak yang menyebutnya sebagai rasa Surgawi, yang akan muncul saat buah sudah matang, pada gigitan pertama rasa manis madu daging buah yang mencapai 18 briks ini (disertai semerbak aroma buah yang harum} akan terasa mencair pada lidah yang perlahan akan memunculkan rasa agak asam dan secara ajaib akan berubah memuncratkan kembali rasa manis nis pada kunyahan berikutnya yang nendang menjelang dan saat ditelan. Oh bener-bener nikmat Surga……cleguk….woalah, biyunggg…..enak tenan!

Penulis: Sulis Mo

Pusat Penjualan Bibit Buah Super dan Pembuatan Kebun Buah dari BibitBuah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s