MANGGA GOLEK

KUPAS TUNTAS mangga GOLEK KITA, GOLEK INDIA & GOLEK BANGKOK (NANG KLANG WAN).

Daripada dikritik trus karna dikira mbela2in buah2an luar, padahal kan saya cuma jual bibitnya, bukan buahnya (tujuan mulianya sih, supaya kita bisa makan buah mereka, tapi produksi sendiri, gitu!). Maka kita coba realistis lah, untuk membandingkan mangga kita dan mangga2 luar. Pertama, untuk urusan mangga, maka India kiblatnya, selain sbg negeri asalnya buah satu ini, teknik budidayanya pun sungguh jempolan. Saya dapat bocoran ketika lama bekerja di sebuah perusahaan milik konglomerat India. Juga seorang peneliti, Ir. Rebin yg pernah ke India bercerita bagaimana penanganan hama bgitu jlimet, shg bunga mangga saja bisa terselamatkan dri kerontokan. Pingin banget saya ke sana, seorang teman facebook yaitu Mr. Amit Singh juga pernah mengundang ke sebuah pertemuan yg membahas buah mangga thok! Wih, keren. Moga2 ada yg berbiak hati ya ngirm saya ke sana….hehhheee…
Produksi buah mangga kita yg membludak saat panen raya, artinya 90%nya dimakan sendiri, shg harga anjlok bebas……eh ternyata nggak ada apa2nya dibandingkan produksi India yg hampir 10 kali lipatnya. Dengan kemampuan mempertahankan harga tetap tinggi di pasaran dunia, harganya pun gilak2an….Ckkkckkk…..

GOLEK3

Itu dari segi budidaya dan pemasarannya, trus yg kedua, gimana kualitas buahnya??? Contoh mangga Golek (ada yg mengartikan karna mirip golek yg lonjong memanjang, eh ada yg mengartikan golek sbg mencari) dimana untk merasakan nikmatnya mangga Golek kita yg terkenal, mesti sabar nunggu matang baru bisa dimakan. Sedangkan mangga Golek India sudah mengumbar rasa manis meski belum matang. Mangga Golek kita juga jangan dimakan terlalu matang…..makin juicy alias basah. Golek India masih enak….yg ternyata mampu menaikkan gairah sex!!
Kalo matang tuh; sama2 manis banget, harum khas menyengat, daging buah yg kuning begitu menggoda, tebal, lembut tanpa serat……namun lagi2 mangga Golek India menang jumbonya, dan bijinya yg begitu tipis…..

Ketiga, gimana kalo sekarang kita bandingakan dng milik negri Gajah putih yg getol trus memuliakan tanaman yaitu Golek Bangkok yg biasa disebut mangga yg bisa dimakan muda atau mangga Nang klang wan. Dari namanya kita udah tau keunggulan utamanya, meski banyak kesamaan, namun ternyata daging buahnya yg sangat lembut terasa bertepung kayak mangga Indramayu dan bentuknya lebih gendut. Malah lebih enak euy…..
Sekarang tinggal pilih, mana yg Anda suka????

Mungkin saja Mangga Golek India yang dipegang Salsa menurut Anda kurang besar…..tapi dalamnya bok…..bijinya bener2 super tipis dengan rasanya yang manissss nyesss…….
Foto: Mungkin saja Mangga Golek India yang dipegang Salsa menurut Anda kurang besar.....tapi dalamnya bok.....bijinya bener2 super tipis dengan rasanya yang manissss nyesss.......
Lihatlah super tipisnya biji Golek India!!!!!!
Foto: Lihatlah super tipisnya biji Golek India!!!!!!

READY STOCK:
Bibit buah Golek Lokal
Bibit buah Golek India
Bibit buah Golek Bangkok (Nang Klang Wan)

RED MANGO

BAK PELANGI!

Sebaiknya tanaman buah atau tabulampot di depan rumah berfungsi juga untuk memperindah rumah kita……sperti cerahnya warna RED MANGO ini….(bikin tamu pingin memetiknya)……

Foto: Sebaiknya tanaman buah atau tabulampot di depan rumah berfungsi juga untuk memperindah rumah kita......sperti cerahnya warna RED MANGO ini....(bikin tamu pingin memetiknya)......
READY STOCK:
Bibit buah Mangga Pelangi/ Red Mango SANGAT TERBATAS.

MANGGA COKANAN

BERBUAH TERUS DAN TERUSSS!!

Mau Mangga yg nggak kenal musim…..alias BISA BERBUAH TERUS? Mangga ‘Cokanan’ jawabnya.
Foto: Mau Mangga yg nggak kenal musim.....alias BISA BERBUAH TERUS? Mangga 'Cokanan' jawabnya.
Indramayu yang panas gersang memang cocok banget untuk tanaman mangga. Tanahnya yg sampai terbelah bila kemarau, bisa membuat tanaman lain mati, eee….bgitu ditanami mangga Chokanan malah berbuah……bener2 pas kalo namanya kota mangga!
Foto: Indramayu yang panas gersang memang cocok banget untuk tanaman mangga. Tanahnya yg sampai terbelah bila kemarau, bisa membuat tanaman lain mati, eee....bgitu ditanami mangga Chokanan malah berbuah......bener2 pas kalo namanya kota mangga!

Hanya CHOKANAN, mangga tanpa musim. Manis legitnya nggak nahan………….mak cresss!!!
Foto: Hanya CHOKANAN, mangga tanpa musim. Manis legitnya nggak nahan.............mak cresss!!!
READY STOCK:
Bibit buah Mangga Chokanan.

MANGGA PARKIT

MANGGA DENGAN RASA WOWW!

Parkeed

Penikmat Mangga sejati jlas tak akan lupa dengan rasa mangga yang ngejreng seperti MANGGA PARKIT ini…… rasanya nonjok terus meski makannya sudah beberapa jam yang lalu. Juicynya membuat begitu lengket di langit-langit mulut kita….sehingga terasa ngalir pelan-pelan, dan kitapun ngecap trus manisnya. Dengan daging buahnya yang tebel (akibat begitu kecil bijinya) dan bener-bener empuk hampir tanpa serat itu membuat semerbak aroma buahnya yang harum sangat enak dinikmati!

mangga parkit 2

Apalagi warna kulitnya yang memerah di ujung itu juga mengundang selera, trus berbaur dengan warna kuning, ungu dan dominan hijau di pangkal membuatnya tampak seindah pelangi. Layaklah bila mangga dari negeri asal muasalnya buah mangga ini (India) dikoleksi di kebun buah kita. Ayo!

MANGGA INDRAMAYU

MANGGA MANIS MENGKAL BERTEPUNG

Image

Menanggapi pertanyaan mas Yusrodi Doank mengenai mangga kebanggaan kampung saya: MANGGA INDRAMAYU, membuktikan betapa sedikit yang diketahui mengenai mangga lokal yg ngeTOP markotop ini. Bahkan seorang teman penakar membuat saya kaget ketika dia menceritakan masamnya mangga ini. Ampunnn, mak! Padahal, meski saya sudah mencicipi berbagai macam mangga, rasanya belum makan mangga bener kalo belum ngrasain mangga yg manisnya bercampur tepung ini. Bahkan kulitnya pun penuh tepung. Mangga yg aslinya bernama cengkir ini (warna dan gedenya mirip klapa muda) bobotnya bisa mencapai 1 Kg lebih. Rasa manis dan asam segar bercampur baur di langit2 mulut saat makan mangga yg mengkal. Dan kesegarannya itu lho tak hilang meski kemanisan sudah full. Pokoknya bukan mangga biasa. Delicious…..
Image

Untuk yang ingin menanam mangga top ini sudah tersedia bibit buah Indramayu dari ukuran kecil sampai ukuran besar atau yang sudah siap berbuah!

MANGGA ASIA KING

JUMBONYA MANGGA MANALAGI!

MANGGA ASIA KING! Senikmat mangga Manalagi, tapi gede! Inilah buah yg enak untuk dibahas. Coba bayangin: di dalam kitab suci agama Hindu “Weda” mangga dianggap sebagai “hidangannya para dewa”. Tentunya buah yang nikmat banget kan?

Makanya di India yg menempatkan mangga sbg buah nasional dan merupakan tanah asal muasalnya buah ini, terdapat varietas2 mangga top yg super nikmat. Salah satu yg dunggul2kan adalah “Asia King”. Apa kita blum punya yg seperti ini?? Jelas punya lah, sama nikmatnya, sejak masih muda/mengkal sdah manis juga, sayangnya milik kita ukuran buahnya kok kecil ya sehingga kita menamakannya mangga “Manalagi” alias minta dikupasin lagi trusss…..hehhheee…….

Sedangkan mangga Asia King, dengan wangi harum khas mangga dan rasa manis menyegarkan yg sama, Anda pun dijamin puas, beratnya aja bisa 800 gram sampai 1 Kg lebih. Lihat daging buahnya yg lebih lembut menggiurkan. Warna kulitnya juga ngejreng kuning orange……..dan jlas layak untk bisa diekspor mendampingi pemain tunggal kita; mangga gedong Gincu (lihat juga http://www.bibitbuah.com/2010/11/green-is-sweet-mister.html). Jadi, ini lah mangga ASLI dari sumbernya, manisnya jlas tidak kebangetan! (saya suka foto ini yg mampu menampilkan berat, kehalusan daging buah dan warna kulitnya yg menguning sekaligus adalh milik pekebun Widodo Farm).

Seperti halnya mangga Manalagi, percabangan dari bibit buah mangga Asia King ini kompak. Sehingga jelas bisa dimaksimalkan jumlah produksinya.

MANGGA KHIO SAWOEI CROSS

YANG MUDA, YANG MANISSSS!

Mudanya aja Manis, mas Bro! Dulu saat istri saya hamil pertama, bawaannya pingin makan buah mangga muda trusss, apalagi waktu itu di Indramayu yg gudangnya mangga. Kalo sendirian sih nggak apa2….ini mah minta ditemenin segala. Ya udah, perut saya yg emang dasarnya peka jadi sering mules. Untung ada temen saya yg waktu itu punya mangga Khio Sawoei yg krasa manis meski masih mengkal. Slamett…..slamett…..


Saat itu masih Khio Sawoei Sirikit lho, namun sdah begitu enak, apalagi sekarang muncul varietas up datenya: Khio Sawoei Cross. Dimana merupakan silangan (crossing) dengan mangga Nam Dok Mai yg terkenal legit itu. Bentuknya memanjang seperti Golek India namun bedanya bulat penuh tidak gepeng, ukurannya juga lebih besar, dan indah dengan semburat warna kuning saat matang. Jadi mau dimakan saat muda bisa toh sudah manis atau pingin dapet matangnya aja jlas sangat manis lah…..pilih mana, mas Bro????
Peluang bisnis untuk di kebunkan pun jlas banget tergambar yaitu dari nilai impor mangga negara kita selama tahun2 terakhir. Jenis yang paling banyak diimpor ternyata mangga ‘brondong’ Khio sawoei dari Thailand ini. Ya maklum aja mas Bro, alasannya tetep sama: karna mangga ini tipe manenda alias mangga panen muda.

Terakhir saya cuma pingin menunjukkan betapa genjahnya mangga Khio Sawoei Cross yang saat ini sedang berbuah!

MANGGA KIO JAY

si ARUM MANIS SUPER JUMBO.

Ketika seorang ibu2 di Pulutan – Salatiga bersemangat banget crita kalo pohon mangganya menghasilkan buah seberat 2 kiloan, tidak terlitas di kepala saya kalo itu mangga KIO JAY. Soalnya Kio Jay paling banter beratnya 1,5 Kg. Namun begitu tahu pohonnya dan perawatan extranya, saya baru mengangangguk-angguk takjub. Bayangkan: kalo ada yg bilang tak ada yg mengalahkan Arum Manis dari segi rasa, memang tidak, tapi rasa manisnya Kio Jay mirip dng Arum manis, bahkan ditambah bonus daging buahnya yang beraroma wangi! Kalo Arum manis yg bagus aja beratnya 1/ 2 Kilo brati 4 X lipatnya dong. Yah, ini memang Arum Manis Super Jumbo, Bos. Jlas kebagian: Ibu, bapak, nenek, kakek, om, tante, adik, kakak………..(Foto perbandingan atas milik Sunthon blog)

MANGGA ‘SUPER’ ZABECAN

MANGGA KELAPA YANG BISA LANGSUNG DIMAKAN

MANGGA SUPER ZABECAN. Wah, lumayan juga serangan kata2 di E-mail saya yg sebenarnya bermaksud baik sich; melindungi tanaman buah asli negeri kita tercinta ini…….saya ngerti kok. Saya juga paham banget! Bahkan rasa miris saya itu saya tuangkan dlam salah satu tulisan saya….http://www.bibitbuah.com/2011/02/lengkeng-ambarawa-riwayatmu-kiniiiii.html …..yg jlas kita perlu menyadari bahwa kita ini sedang berperang di ranah kualitas. Bayangkan, 60 % lebih lho buah yg ada di supermarket2 adalah import. Ini sudah keterlaluan, bahkan Tuhan pun bisa marah karna Dia tlah menganugrahi kita jutaan tanah subur-makmur, tapi kok ngimpor trus! Dari situlah timbul ide2 untk pemulian tanaman kita sendiri. Dan salah satunya melalui masuknya bibit2 buah introduksi dri luar, siapa tahu akan muncul silangan/mutasi baru. Contoh saja: Mangga Kelapa kita, apa nggak enak? Eunak lah, cuma enak banget kalo di Jus. Bahkan saya nyebutnya: rajanya jus!! Nah, kalo ada yg suka mangga Kelapa tpi maunya yg enak dimakan langsung, beratnya sama nyampek 2 Kg, bentuknya bulat lucu, warnanya lebih ngejreng dng semburat merahnya, daging buahnya lembut trus manis dalam tiap gigitan dan juicy, maka tlah tersedia bibit mangga super (jumbo) Zabecan untk ditanam………dan seratnya pun terbukti tidak lagi kasar seperti tampak pada foto pak Nonot ini….

BIBIT MANGGA SUPER ZABECAN! Berkali-kali saya harus menjawab pertanyaan yg sama seperti ini: Kenapa pak, bibit buah yg kata bapak unggul kok sampai sekarang tidak berbuah-buah jugak, kalaupun bisa berbunga rontok trus, padahal daunnya lebat???
Dari ciri2 tsb biasanya saya langsung balik bertanya:
“Sudah dipupuk, pak??”
Hampir sebagian besar langsung menggeleng kepala, bingung. Apa hubungannya? Kan tanah kita terkenal subur.
Masalahnya yg Anda tanam adalah bibit buah unggul alias bibit super. Bak ayam: ini bukan ayam kampung yg bisa nyari makan sendiri, ini ayam ras yg mesti ada asupan nutrisi tinggi shg bisa tumbuh melesat dlm waktu singkat.
Bayangkan saja, Nangka Madu Mastura dari Malaysia itu adalah hasil silangan yg mengambil sifat2 baik dari 600 nangka top dunia. Tak aneh lah bila Anda mau menanam hasilnya luar biasa: Anda akan mendapatkan nangka terenak dan terbesar jugak.
Atau lihat lah bibit mangga Super Zabecan ini. Baru 2 bulan selepas tanam langsung muncul pentil buah. Apa sebuah kebetulan? Jlas tidak. Karna bibitnya memang super, namun diiringi perawatan maximal, termasuk pupuk yg komposisinya sesuai yg dibutuhkan bibit super ini sejak dini. Nah, siapkah Anda menanam bibit2 buah super dng perawatan yg super jugak??
Foto: BIBIT MANGGA SUPER ZABECAN! Berkali-kali saya harus menjawab pertanyaan yg sama seperti ini: Kenapa pak, bibit buah yg kata bapak unggul kok sampai sekarang tidak berbuah-buah jugak, kalaupun bisa berbunga rontok trus, padahal daunnya lebat???<br />
Dari ciri2 tsb biasanya saya langsung balik bertanya:<br />
"Sudah dipupuk, pak??"<br />
Hampir sebagian besar langsung menggeleng kepala, bingung. Apa hubungannya? Kan tanah kita terkenal subur.<br />
Masalahnya yg Anda tanam adalah bibit buah unggul alias bibit super. Bak ayam: ini bukan ayam kampung yg bisa nyari makan sendiri, ini ayam ras yg mesti ada asupan nutrisi tinggi shg bisa tumbuh melesat dlm waktu singkat.<br />
Bayangkan saja, Nangka Madu Mastura dari Malaysia itu adalah hasil silangan yg mengambil sifat2 baik dari 600 nangka top dunia. Tak aneh lah bila Anda mau menanam hasilnya luar biasa: Anda akan mendapatkan nangka terenak dan terbesar jugak.<br />
Atau lihat lah bibit mangga Super Zabecan ini. Baru 2 bulan selepas tanam langsung muncul pentil buah. Apa sebuah kebetulan? Jlas tidak. Karna bibitnya memang super, namun diiringi perawatan maximal, termasuk pupuk yg komposisinya sesuai yg dibutuhkan bibit super ini sejak dini. Nah, siapkah Anda menanam bibit2 buah super dng perawatan yg super jugak??” src=”<a href=https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/p480x480/488234_395139073887032_2008604926_n.jpg&#8221; width=”504″ height=”872″ />

MANGGA MAHATHIR

Si Raksasa dari Kinabalu

Nama ‘Mahathir’ begitu lekat dalam ingatan saya, orang besar yg begitu garang dlm menghadapi musuh-musuhnya tanpa kenal takut, namun menghomati jirannya dng santun. bahkan dng jiwa besarnya tak malu untuk belajar dan menganggap dirinya sbg saudara muda. Maka ketika ada Mangga Mahathir dari Kinabalu, persepsi saya adalah mangga jumbo dan saya benar. Bahkan dari beratnya yg bisa mencapai 3 Kg, dianggap super alias mangga raksasa! Bayangkan 6 x lipatnya mangga Arumanis bok! Top tenan. Daging buahnya yg kuning menyala bikin ngiler…….manisnya tajam dan juicy akan memunculkan sensasi sedikit rasa masam yg menyegarkan, apalagi dng serat dagingnya yg teramat halus maka Anda tak perlu kuatir lagi nyelip di gigi Anda. Anda hanya perlu pisau besar untuk mengirisnya, lantaran bijinya yg teramat kecil pun tak bisa jadi pegangan. Ajib!

Penting! Bahwa biji mangga Mahathir ini begitu kecilnya bila dibandingkan ukuran buahnya (lihat foto). siip kan……

Dengan daun yg bisa mencapai panjang lengan orang dewasa, maka pantas lah kalo mangga Mahathir mampu menghasilkan mangga ‘super jumbo’ seberat 3 Kg! Apalagi dengan rasanya yg manis legit, dan seratnya yg teramat halus, menjadikannya teramat istimewa untuk ukuran sebuah mangga!!

Ini mangga “Super Jumbo” Mahathir yg sering kena fitnah!! Banyak yg bilang kalo mangga ini masam, wong mangga top kok masam. Memang bener sih saat masih muda krasa masam, apalagi Anda mencicipi di rumah temen yg ngambilnya asal. Dengan berat bisa 3-4 Kg, mesti sabar nunggu sampai matang bener, maka rasanya bukan saja manis, tapi manis juicy dan nikmat banget, dng bonus seratnya yg begitu halus…..tak kan ada keluhan nyelip di gigi…..percayalah!!!
Foto: Ini mangga "Super Jumbo" Mahathir yg sering kena fitnah!! Banyak yg bilang kalo mangga ini masam, wong mangga top kok masam. Memang bener sih saat masih muda krasa masam, apalagi Anda mencicipi di rumah temen yg ngambilnya asal. Dengan berat bisa 3-4 Kg, mesti sabar nunggu sampai matang bener, maka rasanya bukan saja manis, tapi manis juicy dan nikmat banget, dng bonus seratnya yg begitu halus.....tak kan ada keluhan nyelip di gigi.....percayalah!!!