MANGGA IRWIN

Mangga CantiiiiK

Si Ungu “IRWIN”……..rasanya kok nggak aneh ya kalo tetangga Anda iri banget mlihat kecantikkannya saat berbuah, dimana warna kulit buahnya yg ungu bergantungan bak bunga saja, atau begitu bandelnya mangga yg satu ini, terbukti tahan serangan hama pengerek batang sekalipun …..dan yg penting lagi, inilah mangga dng rasa yg paling RAME! Bayangkan begitu lembutnya ketika kita kunyah pelan2 tanpa …terganggu bijinya yg kecil, begitu juicy, dng serat2nya yg halus dan kandungan tepungnya yg sedikit mengingatkan kita pada mangga Indramayu. Dan rasa manisnya langsung menyergap rongga mulut yg bisa mencapai 15 Briks, Wow…..jlas top, dan secara tiba2 pula muncul sensasi asam yg menyegarkan yg mengakhiri petualang rasa itu! Hemm…..Sunggu kenikmatan yg luar biasa……

MANGGA CINAWANG

Besar Membanggakan

Koko yang jualan grosir di pasar Babadan – Ungaran…..tadi siang bangga banget memperlihtkan hasil kebunnya ke saya (pelanggan setia) berupa buah Mangga Jumbo 2 Kg (tepatnya 1,98 Kg)……tadinya dari jauh aku pikir Kio Jay tapi ternyata CINAWANG…….warnanya semburat ke kuningan, lain Kio Jay (artinya Hijau Besar) yg cenderung kehijauan, bentuk buah juga lebih memanjang, tentunya dng rasa mani…snya yg khas……..bagi Anda yg keberatan dng harga bibit Kio Jay yg masih tinggi….inilah mangga alternatif yg bisa jadi pilihan……karna sudah lama masuk ke negara kita, harga bibitnya jlas jauh lebih murah……..dan bagi yg masih kurang puas rasa Kio Jay…….cobalah tanam bbibit Cinawang ini………..dijamin puassss……….

MANGGA NAM DOK MAI

Mangga Dataran Tinggi

Kalo Anda punya pohon mangga, tapi tidak berbuah2 dan batangnya bolong2 terkena hama, bisa jadi karena Anda mungkin tinggal di dataran tinggi atau daerah dengan curah hujan tinggi, maka ganti aja pohon mangga Anda dng mangga NAM DOK MAI. Batangnya aja tahan ama penggerek batang, udah gitu bunganya bandel alias nggak rontok meski hujan deras…..mau???

Saya kaget ketika ada yang bilang bahwa mangga Nam Dok Mai nggak enak?……bagaimana mungkin mangga yg merupakan hasil perbaikan dari mangga Okyong, bagitu euuunak……..campuran dari berbagai rasa mangga terbaik: arumanis, manalagi, falan, indramayu, etc…….apalagi yang seri 4 ini……..dahsyaaattt………….lihatlah kilauan kuning madunya……Ohhh…..bgitu maniiiiss….

Sumber: buahbuahimpian.facebook

MANGGA CARABAO

Mangga Unggulan Philipina


Seorang petani di desaku di Indramayu sana nanya padaku: ” Kenapa Mas, mangga Indramayu yang seenak dan sebesar ini kok nggak bisa diekspor ke Eropa?”. Akupun tersenyum makfum, rasanya sudah puluhan kali aku mendapat pertanyaan seperti ini. Terkadang aku malas menjawabnya, karena ujung-ujungnya bisa ditebak, dia pasti ‘ngeyel’.

Strateginya aku akan mencoba dengan membandingkan mangga Gedong Gincunya yang berhasil dia jual ke pengekspor. “Tapi tetep masih enak mangga Indramayu, mas” (tuh kan ngeyel) “Itu menurut selera bapak” jawabku “Trus warnanya, gimana?” Dia bengong “Apa hubungannya, Mas?” Itulah permainan persepsi, orang kita sudah terbiasa dengan beraneka ragam buah tropis, bagi kita, buah apa saja enak kalau manis! Bagaimanapun tampak bentuknya, apalagi warnanya, kita nggak peduli.

Sedangkan  konsumen kita lain (orang Eropa. red), mereka terbiasa dengan buah-buahan 4 musim. Kalau mau melihat yang manis ya dari warnanya – Yellow or red is sweet. Warna mampu menunjukkan tingkat  kematangan, sekaligus kemanisan buah. Jelas, atau masih ngeyel? Mangga Carabao (dari Philipina – lihat gambar) adalah salah satu contoh yang bagus. Buahnya luar dalam semuanya berwarna kuning cerah. Mampu menggoda lidah orang Eropa. Namun sejak diperkenalkan di Indonesia, mangga yang satu ini tidak banyak mendapat respon dari pekebun kita, bahkan cenderung dicuekin. Padahal dari buah yang satu ini, Philipina menjadi salah satu pemasok terbesar mangga di pasaran dunia. Jadi ya monggo, berarti kita harus mau mengubah persepsi kita dan disesuaikan dengan yang dimaui konsumen? begitu. Itupun masih ada yang ngeyel dan coba-coba teriak lewat iklan-iklan mereka di Eropa bahwa ‘Green is Sweet!’. Waduh, perlu berapa puluh tahun untuk mengubah persepsi mereka, Mas?…..

Sumber: http://buahbuahimpian.blogspot.com/