Latest Entries »

MANGGA GOLEK

KUPAS TUNTAS mangga GOLEK KITA, GOLEK INDIA & GOLEK BANGKOK (NANG KLANG WAN).

Daripada dikritik trus karna dikira mbela2in buah2an luar, padahal kan saya cuma jual bibitnya, bukan buahnya (tujuan mulianya sih, supaya kita bisa makan buah mereka, tapi produksi sendiri, gitu!). Maka kita coba realistis lah, untuk membandingkan mangga kita dan mangga2 luar. Pertama, untuk urusan mangga, maka India kiblatnya, selain sbg negeri asalnya buah satu ini, teknik budidayanya pun sungguh jempolan. Saya dapat bocoran ketika lama bekerja di sebuah perusahaan milik konglomerat India. Juga seorang peneliti, Ir. Rebin yg pernah ke India bercerita bagaimana penanganan hama bgitu jlimet, shg bunga mangga saja bisa terselamatkan dri kerontokan. Pingin banget saya ke sana, seorang teman facebook yaitu Mr. Amit Singh juga pernah mengundang ke sebuah pertemuan yg membahas buah mangga thok! Wih, keren. Moga2 ada yg berbiak hati ya ngirm saya ke sana….hehhheee…
Produksi buah mangga kita yg membludak saat panen raya, artinya 90%nya dimakan sendiri, shg harga anjlok bebas……eh ternyata nggak ada apa2nya dibandingkan produksi India yg hampir 10 kali lipatnya. Dengan kemampuan mempertahankan harga tetap tinggi di pasaran dunia, harganya pun gilak2an….Ckkkckkk…..

GOLEK3

Itu dari segi budidaya dan pemasarannya, trus yg kedua, gimana kualitas buahnya??? Contoh mangga Golek (ada yg mengartikan karna mirip golek yg lonjong memanjang, eh ada yg mengartikan golek sbg mencari) dimana untk merasakan nikmatnya mangga Golek kita yg terkenal, mesti sabar nunggu matang baru bisa dimakan. Sedangkan mangga Golek India sudah mengumbar rasa manis meski belum matang. Mangga Golek kita juga jangan dimakan terlalu matang…..makin juicy alias basah. Golek India masih enak….yg ternyata mampu menaikkan gairah sex!!
Kalo matang tuh; sama2 manis banget, harum khas menyengat, daging buah yg kuning begitu menggoda, tebal, lembut tanpa serat……namun lagi2 mangga Golek India menang jumbonya, dan bijinya yg begitu tipis…..

Ketiga, gimana kalo sekarang kita bandingakan dng milik negri Gajah putih yg getol trus memuliakan tanaman yaitu Golek Bangkok yg biasa disebut mangga yg bisa dimakan muda atau mangga Nang klang wan. Dari namanya kita udah tau keunggulan utamanya, meski banyak kesamaan, namun ternyata daging buahnya yg sangat lembut terasa bertepung kayak mangga Indramayu dan bentuknya lebih gendut. Malah lebih enak euy…..
Sekarang tinggal pilih, mana yg Anda suka????

Mungkin saja Mangga Golek India yang dipegang Salsa menurut Anda kurang besar…..tapi dalamnya bok…..bijinya bener2 super tipis dengan rasanya yang manissss nyesss…….
Foto: Mungkin saja Mangga Golek India yang dipegang Salsa menurut Anda kurang besar.....tapi dalamnya bok.....bijinya bener2 super tipis dengan rasanya yang manissss nyesss.......
Lihatlah super tipisnya biji Golek India!!!!!!
Foto: Lihatlah super tipisnya biji Golek India!!!!!!READY STOCK:
Bibit buah Golek Lokal
Bibit buah Golek India
Bibit buah Golek Bangkok (Nang Klang Wan)

PENGOBAT BT

CAMPLONG

Ratu Jambu Air SI CAMPLONG PUTIH, pengobat BT.
Yang istimewa dari jambu air Camplong Putih yg tlah jadi buah top unggulan nasional ini adalah adanya banyak persamaan dng jambu2 air Taiwan yg dah mendunia dan trus mencetak milyader2 baru. Bedanya di sini (yg merupakan gudangnya jambu air) si Camplong termasuk larisss, namun blum banyak membuat pemiliknya kaya……
padahal dah nampang di supermarket2 lho
masalahnya packingan masih dilakukan pihak ketiga….sayangkan….

Sedang kesamaannya, meski jambu air di Taiwan sono dipelihara dengan sepenuh hati, dimana keseimbangan dalam pemangkasan, pemupukan, dan pengairan maxi dilakukan rutin sehingga setiap pohon jambu air luar biasanya bisa dipanen 3–4 kali dalam setahun…woooww…
Ehhh….Jambu asal Sampang Madura ini justru nggak kalah, mempunyai kekhasan tersendiri dengan 3 periode masa panen jugak yaitu, Pebruari – Maret, Juli – Agustus dan Oktober – Nopember……sama wooownya kan…

Persamaannya lainnya ada pada style pemasaran lokalnya (bukan expor), pembungkusan buah sedini mungkin, dan pasca panen sehingga jambu air yg kecil ini bisa berharga premium meski dijual di lapak2. Bandingkan dengan jambu air Delima atau Cincalo yg terkadang harganya dibanting2. Dan lagi bergelar terhormat sehingga sudah bisa masuk Istana segala saking exclusivenya……
di lapaknya, orang Madura memang piawi dan ‘dingin’ dalam berdagang buah…
supaya terjaga keawetan segernya, dilampiri daun pisang yg memang ada lapisan lilinnya…
saat Anda beli, dijamin buah dalam kondisi sudah matang manis dan tanpa cacat
Saluuutt…..

Kerennya lagi, terkenal bisa ngilangin galau…..
lho kok??
Orang seperti saya yg mesti jaga mood, kalo tiba2 timbul ide secepatnya bisa diaplikasikan dalam tulisan yg bisa bikin Anda ngiler…..hehhhee! Namun entah lah, terkadang masalah kecil seperti nggak diundang temen ke acara kondangan bikin BT, bikin drop. Nah, Jambu air Camplong Putih bisa jadi obat….punya kandungan air dalam setiap 100 gram bisa mencapai 93 persen, artinya dengan kandungan yg melimpah ruah dan seger seperti itu, plus vitamin C dan A langsung mendongkrak mood saya tinggi2. Ide2 pun bermunculan.
Jambu yg termasuk dalam Syzgium quaeum (jambu air kecil) ini buahnya bandel banget, nggak rontok meski kemarau….dan memang punya ukuran yg mungil dan praktis, hingga bisa masuk kantong…
dan bisa dibawa kemana2…
dijamin nggak bikin noda di baju kok….
warnanya yg putih mengkilat, bener2 menggoda selera….
Rasanya nggak ketulungan manisnya….jadi pingin trus dan truss…
teksturnya lembut
dengan dagingnya yg tebel renyah, jlas mak kress dalam setiap gigitan….
bikin seugerr tenan
tanpa ganguan bijinya….karna seedless asli!!!
Ckkkckk……
dng kelebihan2 super tsb…
Mengapa Anda tidak segera order bibit jambu air Camplong putih ini???

READY STOCK:
Bibit buah Jambu Camplong

MANISNYA POLL!

Terkadang saking buanyaknya jambu air Delima kalo berbuah……seringkali terlewat beberapa buah tidak dibungkus…..padahal jumlah totalnya tak seberapa, hanya beberapa persen saja, namun ini yg sering jadi sasaran complain konsumen…..sehingga monitor dan pengawasan kualitas sangat penting dilakukan……

Foto: Terkadang saking buanyaknya jambu air Delima kalo berbuah......seringkali terlewat beberapa buah tidak dibungkus.....padahal jumlah totalnya tak seberapa, hanya beberapa persen saja, namun ini yg sering jadi sasaran complain konsumen.....sehingga monitor dan pengawasan kualitas sangat penting dilakukan......
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 213 pengikut lainnya.