PUTSA MADU

Si Manis Apel Dataran Rendah

Saking Istimewanya buah Putsa ini, saya sampai menulis artikel khusus di blog saya ( http://buahbuahimpian.blogspot.com/2010/11/mudanya-apel-tuanya-kurma.html ). Bayangkan, di negara asalnya China aja ada lebih 400 kultivar. Jadi paasti, akan banyak kultivar yang muncul ke negeri ini, termasuk untuk jenis madunya yang hibrid dari Taiw…an: HONEY PUTSA ini. Jelas lebih manis dari pendahulunya Putsa India biasa. Apalagi batang/cabangnya juga bisa dikatakan lebih tegak. Lihatlah foto “Kebun Putsa” mereka yg saya impi2kan slalu…..sayangnya, ditempat saya baru tersedia bibit2 Putsa Madunya saja…..hehhee…..kapan ya kita punya?????

Banyak yg protes ketika saya bilang kalo sudah tua Putsa (apalagi yang madunya) berasa bak Kurma. Seperti diketahui mudanya aja Putsa Madu dah maniis Apel banget maka dng sendirinya banyak penyakit/jamur dan hama yg menyerang bila tanpa perlakuan khusus. Bekas gigitan kelelawan misalnya atau masuknya jamur bisa timbulkan rasa masam saat matang. Namun sbagai bukti lain, saya perlihatkan foto Putsa Cheum ( jajanan Thailand) atau Candied Chinese Date, nah dng diolah aja bentuknya dah mirip apalagi rasanya….pasti jrek nong…

Banyak yang menanyakan tentang ketidaksempurnaan bentuk buah yang dihasilkan tanaman kesayangannya. Trutama Putsa/Apel India yang bentuknya jadi kecil2 dan memanjang! Kuncinya sebenarnya mudah, maximalkah perawatan Anda? Apalagi bila itu tabulampot, mesti lebih extra lagi. Lihat lah contoh buah Putsa madu ini, masih muda sudah begitu menggemaskan!!!!
Foto: Banyak yang menanyakan tentang ketidaksempurnaan bentuk buah yang dihasilkan tanaman kesayangannya. Trutama Putsa/Apel India yang bentuknya jadi kecil2 dan memanjang! Kuncinya sebenarnya mudah, maximalkah perawatan Anda? Apalagi bila itu tabulampot, mesti lebih extra lagi. Lihat lah contoh buah Putsa India ini, masih muda sudah begitu menggemaskan!!!!
Iklan

APEL INDIA (PUTSA)

Mudanya Apel, Tuanya bak Kurma

Jangan coba-coba menanam pohon ini, jika Anda malas merawat tanaman. Bila dibiarkan (tanpa pemangkasan) maka pohon ini akan berubah menjadi semak belukar yang menutupi sebagain besar halaman Anda dan sifatnya memang ekspansif.

Asal tanaman ini dari negri Tirai bambu, dengan berbagai nama/ sebutan yang lucu-lucu. Nama latinnya aja Ziziphus ziziphus. Di Thailand terkenal dengan nama ‘Putsa’. Adalagi yang menyebutnya Chinese date, Indian plum, atau Indian jujube. Bahkan ada yang menyebutnya Apel India, Kurma India, atau Apel dataran rendah, sedangkan kita menyebutnya ‘Widara’. Bingungkan??? Tapi kenapa paling banyak menyebut kata ‘India’, mungkin karena disanalah mulai dibudidayakan secara modern dan dalam skala besar. Dari namanya saja sudah kebaca betapa plin=plannya (bingungnya) orang memandang tanaman buah ini, Itu memang sangat beralasan, betapa tidak? Kalau masih muda berwarna hijau kekuningan rasa buahnya kayak Apel, tetapi kalau sudah tua berwarna merah rasanya jadi berubah kayak Kurma.

Sebenarnya ini menjawab kebutuhan kita akan Apel dan Kurma yang tidak bisa berbuah di sembarang tempat. Dengan Putsa, kita mampu memetiknya langsung di pohonnya di dataran rendah lagi. wooowooooww.

Selama ini kita masih kurang menghargai Widara, karena memang dianggap dari kultivar yang rendah (kurang unggul). Sekarang dengan masuknya Putsa, kita bisa kok mengebunkan secara komersial, apalagi bila kita mau, tanaman ini bisa dimanipulasi dengan hormon menjadi lebih besar (bisa sebesar apel manalagi), lebih manis dan enak buahnya.

buah putsaku