Buah-buah Impian

Jual Bibit Buah Exclusive dari bibitbuah.com

LENGKENG KING LONG

2 Komentar

RAJANYA LENGKENG

obor tani

 

Akhir-akhir ini kita bener-bener menyaksikan duel maut antara Lengkeng Kristal 2 dan Lengkeng King Long ini. Kata yang paling cocok untk perseteruan keduanya adalah: sadis!!! Terus terang setelah lengkeng GENERASI 3 bermunculan dan tak memberi peluang ke generasi sebelumnya…..maka tak ayal generasi 3 yang terdiri dari Kristal 2, King Long, Matalada dan Ruby Longan langsung melejit di papan atas deretan lengkeng2 ekskusif. Laris manis. Meski masih ada varitas Phet ban Phaeo, Biao Khiao, Pit Long 49 dan 51, Vernie, Moya, Puang Tong, Tana Tong, dll termasuk lengkeng Jumbo…..yang masih malu-malu muncul dan kita harap kehadirannya. Tapi keempatnya dalam kesiapan bibit, kualitas produksi, kemudahan perawatan dan adaptisitas di dataran rendah yang panas harus diacungin jempol tinggi2. Fantastis. Ini lengkeng2 nyaris sempurna yang kita tunggu2 selama ini setelah kekecewaan kita yang besar pada lengkeng2 generasi sebelumnya. Bravo…..selamat datang!!!

Soal kualitas memang edun pisan! Kayak dah standar wajib untuk generasi ini. Daging buah jlas tebal, biji kecil, manis nis, kering keset, aroma harum lengkeng dan tidak bikin nek. Sayangnya ditingkat penilaian jumlah kuantitas produksi untuk tujuan bisnis……Ruby Longan (dengan warna ngejreng merahnya) dan Matalada (nyaris tanpa biji) langsung tersingkir hingga menyisakan lengkeng King Long dan Kristal 2 yang bertarung head to head. Gilak seru!!

Satu bulan ini orderan keduanya susul menyusul. Biasanya saya perlu waktu berjam-jam untuk menjelaskan perbedaan keduanya ke pekebun besar yang sedang kepincut lengkeng2 potensial ini. Pokoknya, kalo Anda pingin yang dompolannya besar ya pilih Kristal 2, tapi kalo yang buahnya besar secara individual ya pilih King Long….hehhhee….kayak kampaye aja ya?!

Memang sesuai bener ya namanya Si Raja Lengkeng (King Long), maka untuk saat ini…..terus terang aja ini lah ibaratnya lengkeng PINPONG yang sesungguhnya. Buahnya begitu besar (lihat gambar dompolan lengkeng King Long sedang dipegang para gadis dan bandingkan diameter buahnya dengan lengkeng Itoh di latar belakangnya atau uang Rp 500,-atau matanya mas Kadir yg nakal,,,,,hehhhee)…..dan yang penting lagi daging buahnya itu lho tebeeellll……makan 3 buah aja kayak dah menuh-menuhin perut….hehhhe. Manisnya juga pas! Nyesss….

Sayang masa lalunya tertutup kabut tebal. Simpang siur dan penuh kontroversi. Nggak jelas! Bandingkan dengan lengkeng Kristal 2 yang memang langsung didatangkan dari labnya di Thailand sono (kita bisa lihat jugak jejak jelas DNAnya). Eh…..Lengkeng King Long justru berupa ketidaksengajaan, kisahnya didatangkan sebagai itoh……kenyataannya sangat jauh dari karakter Itoh. Gawatnya lagi…..awal berbuahnya pun dikabarkan kurang bsgus sehingga dianggap bukan Itoh. Daunnya juga beda jauh, banyak yg bilang itu adalah Puang Thong. Saya pribadi sich menilainya bukan. Namun beberpa tahun kemudian lewat perawatan maxi si mutan yang sekarang bernama King Long mendadak berubah jadi ciamik. Buahnya buesar-besar dan sangat banyak! Satu pohon bisa mencapai hampir 100 dompolan. Woooww………dan daunnya pun tertutup oleh mreyotnya buah, bok. Keren!

Jadi bisa dihitungkan dengan mudah kan? Bila satu dompol aja antara 1-1,5 Kg…….berapa duit yang sampeyan terima???? Apalagi kalo punya 100 pohon, lebih mudah lagi ngitungnya kan?….hehhhee. Itu minimal populasi cuma dalam satu hektar lho! Bayangkan lagi kalo punya beberapa hektar dimana dalam masa 1,5 tahun bisa berbuah 2 X. Woalah bisa pensiun dini tenan ikk……..(Foto milik Yayasan Obor Tani dan mas Kadir).

king long 3     king long 5

Penulis: Sulis Mo

Pusat Penjualan Bibit Buah Super dan Pembuatan Kebun Buah dari BibitBuah.com

2 thoughts on “LENGKENG KING LONG

  1. mengesankan sekali pak, dimana bisa saya dapatkan bibit kelengkeng yang bagus seperti itu ya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s