DURIAN “RAKSASA” BAWOR

MEMBONGKAR KAKI GANDA DURIAN “RAKSASA” BAWOR.

DB2DB4

Tiba-tiba kaki ganda bibit durian Bawor dipertanyakan setelah lama menjadi kebanggaan warga Kemranjen, Banyumas. Seseorang yang mengaku berinitial D bahkan tanpa bosa basi merasa perlu menshare di beberapa grup FB dan membuat pernyataan menyakitkan betapa kaki bibit durian Bawor adalah pembodohan alias penipuan terselubung pada konsumen. Lewat foto2nya dia membandingkan bagaimana kaki-kaki ganda durian Bawor akan menyatu dengan semakin besarnya pohon, apa ini tidak sia-sia aja? Saya cuma senyum aja, jelas dia nggak tahu sejarah durian Bawor yang panjang (bisa dibaca detailnya di blog saya buahbuahimpian.com). Dan wajar aja kok, kalo kemudian Kang Wahir Fruit-Durian sampai kayak kebakaran jenggot….hehhheee….pice Kang!
Untuk melihat kebenarannya objektifnya beberapa hari yang lalu saya saya sampai perlu sore2 mendatangi Kemranjen, terutama ke rumah pak Sarno Ahmad Darsono. Dengan disuguhi buah-buah durian gratis “raksasa” Bawor dan durian Bawor versi Montong Oranges (maaf, dikenal Moreng) jadilah saya lebih banyak makan dari pada wawancara…..xiixiiiixiii. Dan tersibak lah sedikit-sedikit jawabannya. Apalagi setelah bersilaturohmi ke warga sekitar terlihat bahwa durian Bawor memang bukan monopoli atau (maaf) ide orisinil pak Sarno aja. Itu dah ngrasa milik wong Kemranjen. Namun jangan salah, pak Sarno itu mirip pak Isto dari Prambanan di sejarah buah Lengkeng dataran rendah…….dia lah sang pelopor, pendobrak sekaligus ahli pemasaran yang mampu membuat boom….bikin kita bilang Woowww!!…..semua orang termasuk pejabat-pejabat berwenang di negeri ini terhenyak, terperanjat, dan pingin menanamnya! Bahkan dalam penelusuran ini saya sampai menemukan jejak pas Sarno di Riset Center (RC) Getas, Salatiga. Yang dulu merupakan basis koleksi paling lengkap durian2 Bangkok, sayang sekarang hanya kenangan.
Dapat disimpulkan bahwa saudara D salah dalam mempersoalkan kaki ganda pada bibit durian Bawor. Seperti halnya bibit2 buah hasil perbanyakan lewat okulasi, batang atas lah yang penting. Batang atas lah yang dinamakan Bhineka Bawor itu. Artinya tanpa kaki ganda pun di Kemranjen tetap dinamakan Bawor bila atasnya dari entres durian Bawor. Dengan kelebihan2 durian Bawor sbg satu paket: genjah (cepet berbuah), nikmat banget dan berbuah raksasa. Lho trus fungsinya kaki ganda?
Mohon dimengerti, bahwa kaki ganda sebenarnya adalah olah pikir pak Sarno yang lugu selama bertahun-tahun: dia mikir apakah dalam pemuliaan tanaman harus menggunakan persilangan bunga jantan dan betina saja untuk memperbaiki mutu genetik sehingga didapat tanaman baru yang hebat? Dalam kesederhaannya dia mikir dengan cara penambahan kaki lewat okulasi akankah terakit kultivar yang lebih baik? La kalo kemudian 20 jenis bibit durian unggul (lokal dan luar) nekad disatukan lewat cara itu, dan percobaan berulang memang yang muncul durian yang bener2 bikin decak kagum. Saluuut pokoknya. Bayangkan, selain besarnya super dan dagingnya yang tebel banget, perubahan rasa juga terjadi dengan masuknya rasa pahit yang legit, warna daging buah pun ada yang berubah orange…..sehingga menambah orang makin kesemsem. Stop! Ini proses yang dah selesai, mas Bro!!
Nah selanjutnya……dari situlah timbul ide “KREATIF” penambahan asesoris dengan pemberian kaki jugak pada bibit durian Bawor yang dijual, sebagai ciri khas bibitnya. Bener aja……penjualan bibit durian bawor pun langsung meroket!!! Sampai pak Sarno pernah kewalahan.
Sekali lagi batang atas yang perlu diperhatikan……yang jlas sudah super…..kaki-kaki pada bibit durian bawor yang jumlahnya paling 2, 3 atau 4 memang berpengaruh, namun tidak banyak banget. Misal kalo ada seorang ahli yang bilang 1 kaki ngaruhnya 5 % berarti kalo 3 jadi 15% persen….lumayan kan? dan siapa tahu durian Anda beda dengan yang dimiliki pak Sarno….hehhhhee…..
Kecepatan tumbuh dan berbuahnya pun karna batang atas memang dah gejah. Tapi kalo ditambahin kaki lagi di bibitnya kan jadi bak bermesin turbo, mas Bro…..xixiii…nambah kecepatan maksudnya. Nah, sekarang mudeng dan jelas kan! Jadi bukan pembodohan……apalagi nipu….woalahhh amit2……keterlauan bener sampeyan mas D menuduh kita. DB1Tak senista itu kita dalam mencari rezeki Allah. DB3

Iklan

DURIAN MONTHONG SUPER

DURIAN LEGENDA DARI BANGKOK


monthong

Melejitnya durian Musangking, Ochee, Pelangi sebagai durian-durian terenak dunia, membuat pamor durian Monthong yang pernah merajai dalam beberapa dekade sebelumnya makin lama makin meredup. Dan akibatnya, saya yang sudah menjual ribuan bibit durian Monthong harus berhadapan dengan banyak komplain.
“Menurut pak Mono, apakah saya harus menebang pohon durian Monthong yang mungkin tinggal 1 tahun lagi berbuah ini, dan diganti dengan durian2 top tersebut?”
Sedih rasanya hati saya mendengarnya…….seakan2 mereka menuduh saya tidak becus membaca masa depan.
Pertama2 saya akan katakan bahwa durian Monthong adalah durian fenomenal sampai sekarang. Dihasilkan dari puluhan bahkan ratusan tahun penelitian dan pencarian dengan dana yang tidak main2. Bila saat ini dianggap dari segi rasa kalah dengan durian2 anyar…….jangan berkecil hati…..durian Monthong masih punya buayak kelebihan yang lain.
Langsung disahut cepat: “Apa misalnya?”
“Monthong kan juga durian genjah….cepet berbuah bila perawatannya maxi. Makanya kecil-kecil sudah berbuah. Ini indah bingiiiittt!! Bahkan dengan teknik pemangkasan khusus bisa dibikin pendek seterusnya….dwarf durio…..hehhhee…..jelas cocok kan pak dengan pohon Monthong milik bapak yang ditanam di depan rumah??”
“Uups, iya ya…..nggak kepikiran. Sori2…….terima kasih.”

??????????????????????????????????????????????????????????????aaamontong9

DURIAN NANAS

DURIAN YANG DISUKAI GADIS-GADIS!

durian nanas

Gara-gara teman saya mas Hartono Rakiman komplain kok model statusnya saya trus……yowis terpaksa saya harus nyari model gadis yang jlas cantik dan bisa membuat Anda tertarik membaca status saya ini….hehhheeee. Padahal maksud saya sebenarnya baik kok, yah biar foto2 saya terlihat asli bukan copy paste….gitu. Apalagi sotoshop…amit2….
Akibatnya saya mesti jugak nyari buah durian yang jugak disukai para gadis. Sehingga para gadis rela jadi model saya….qiiiqiiiii.
Rasa durian itu tidak boleh pahit, namun kemanisannya begitu lembuut. Itu ada pada daging buah durian yang tebel dengan sedikit serat. Yang paling penting lagi warna daging buahnya pun harus kuning ngejreng!!!! Nah itu syarat mutlak yang bikin para gadis penasaran mencicipinya.
aaaaananas3
Akhirnya terpilihlah DURIAN NANAS. Durian ini memang keren. Gede dengan keistimewaan punya 6 juring beserta isinya yang buanyak. Beli satu bisa dimakan rame2.
Dan selanjutnya tempat yang tepat untuk mendapatkan model yang pas ya di kios durian….di sanalah gadis-gadis yang suka durian datang membeli durian.
Dan Alhamdulillah…..setelah lelah 2 hari nongkrong di kios simbok, saya pun bisa nulis status ini dengan model2nya.
Trima kasih, mbak2 yang ikhlas jadi model saya.
(lihat aja betapa nikmat ekspresi mereka saat makan durian Nanas).

 

 

???????????????????????????????

DURIAN MUSANGKING

DURIAN TERENAK DI DUNIA

durian Musangking

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Durian adalah buah yang memiliki perpaduan rasa yang paling lengkap. Ada manis, gurih mentega (sedikit asin), masam seger, dan tak lupa ada pahitnya pula. Makanya waktu saya ditanya temen: “Buah durian apa yang paling enak??”
Waduh bingung juga saya menjawabnya…..soalnya yang terbayang diingatan saya adalah banyaknya deretan durian yang begitu nikmat dan lembuuuut.
Sayapun balik bertanya: “Buat siapa?”
“Ibu Mertuaku! Beliau pingin banget makan durian enak…..padahal dua kali sudah aku beliin, mengecewakan katanya”
Wkkkwkkk…..
Tanpa pikir panjang saya langsung menjawab: “Musangking! Ya, Musangking si Raja Kunyit dari negeri jiran”
“Sama Monthong enakan mana?”
“Jauh……kalau diibaratkan mah durian Monthong kayak nasi (rasa standar maksudnya), sedangkan Musangking bak lauk dagingnya gitu….hehhhee…
Bagaimana tidak? Wong warna kuning kunyit dagingnya yang ngejreng itu, saat pertama dibuka pasti bikin pingin ibu-ibu untuk cepet-cepet merasakannya. Udah kodrati…..hehhhee. Ditambah tebel daging buah Musangking yang legit terasa seperti bertoping mentega itu jan nikmat banget…..lumer kayak es krim….
dan baunya juga tidak menyengat sehingga waktu makan kita tak merasa terganggu. Rasa pahitnya pun sedikit aja dan hanya muncul ditengah-tengah…..manis durian jelas mendominasi….sehingga antara manis dan pahit bergulung-bergulung dan bergantian di lidah kita….wuiiihhh sumpah nikmattt!!!…..
Istimewanya lagi: rasa legitnya itu lho……begitu lama bertahan di mulut kita, sis……hemm nyammmm pokoknya…….”
“lu yakin???”
DIJAMIN!!!.
(tak terasa sayapun pingin juga…..cleguuuk…hehhhee)

DURIAN “NINGRAT” SUNAN

DURIAN SPESIAL UNTUK SUNAN SOLO, YANG BERASA BAK ICE CREAM

Pas jam 12 malam ngluarin status lagi, tentang legenda durian ningrat yang eunak bin enaakkk banget. Masak gara2 ngasih usulan ….eh dikeluarin dri sebuah komunitas durian, padahal beberapa perbincangan durian mereka yang dianggap kontroversial dan jadi perdebatan berlarut2 sering saya deskripsikan di sini.…..
Nah, rasa2nya saya masih nyisakan pr yang sayang banget jugak kalo nggak segera dibikin status, bisa lenyap berlembar2 hasil wawancara……namun sayangnya jugak saya sekarang nggak bisa akses lagi ke sana. Lupa2 inget. Yaitu tentang pernyataan berani salah satu membernya bahwa: durian Sunan lebih enak daripada durian Musangking, Malaysia. Ckkkckkk……benar ke??? Bahkan pernyataan ini mendapat dukungan maestro durian pak Panca Jarot Santoso.

sunan
Pemahaman lebih lanjut durian ini ternyata membawa saya ke daerah asalnya yaitu Boyolali, daerah istri saya jugak. Durian yang penuh mistis, filosofi dan pantangan. Maksudnya dengan memahami filosofi masyaratnya…..ternyata kita jadi tahu seberapa nikmatnya durian yang digembar-gemborkan tertua di tanah Jawa ini.
Tidak cuma bisa bilang enak thok, lebih dari itu!
Soalnys Boyolali itu selain gudangnya susu, abon, buah pepaya, juga terkenal kuliner sotonya yang khas. Jangan bilang sudah ke Boyolali lho kalo belum makan sotonya yg berreret2 sepanjang kota.
Padahal saya sendiri trus terang dari dulu nggak suka makan soto, bingung saya dimana enaknya……tapi sejak dikenalkan oleh istri cara elegan makan Soto Boyolali, saya jadi ketagihan. ….hehhhee…..Soto itu dibuat dengan kuah yg kekentalannya saat disruput trasa gurih banget, jlas dimasak dengan kayu bakar yang lama untuk mendapatkan kuah yg heboh gini dan disajikan cuma dalam mangkok kecil. Tpi dijamin Anda bakalan nambah dan nambah.
Nah demikian pula durian Sunan, nggak besar jugak tapi saking istimewa kelezatannya maka menjadi sakral, meski berbuah buanyak bisa nyampek lebih dari 800 butir per pohon, nggak sembarang orang dulu brani makan durian yang hanya dipersembahkan dan dinikmati terbatas untuk keluarga kerajaan Sunan Solo Hadiningrat…… tanpa dijaga, orang dah takut: ora ilok pokoke….
Seberapa enaknya sih?? Seorang pelanggan saya yang merupakan eksekutif di pabrik Garment dan punya kebun durian Sunan di Ungaran bercerita, suatu kali dia kedatangan seorang maniak durian kawakan yang dah lama nyari2 keberadaan durian Sunan….eh pas disuruh nyicipin…..kok nggak berapa lama teler jugak, padahal baru separuh menikmati durian Sunan miliknya…kejap-kejap….nggak nahan nikmatnya, katanya……hehhee…
Dan ini membuktikan jugak durian sunan tidak bersifat lokalitas…ditanam di mana aja, tidak berubah rasa …….meski Boyolali beriklim kering, seorang pekebun di Bogor pun mengamini itu…..dan kerennya lagi tahan terhadap hama dan penyakit yang merupakan momok menakutkan para pekebun durian yaitu busuk akar dan penggerek buah….
Kok bisa ya, mengherankan? Ini jlas durian sakti kali…..hehhhee….wong kulitnya tipis……kok daya simpan lama dan nggak tembus penggerek buah y…..sip!
Durian unggulan nasional ini seakan dibuat special untk dimakan satu orang, beda dengan Monthong yang perlu teman untuk menghabiskannya. kayak soto Boyolali tadi lah, kalo kurang tinggal nambah…..begitu nikmat…..daging buahnya yang berwarna krem justru tampak lain dari pada yang lain, dagingnya pun terasa begitu keset berlemak pas banget ketika dimakan lembut karena seratnya yang halus seperti menuh-menuhin rongga mulut kita….rasa manis bercampur sedikit pahit diakhir seperti muncrat pelan2 namun terus menerus kita rasakan karna dagingnya sangat tebal dan cenderung berbiji kecil. Paling cuma beberapa biji aja yang sempurna. Lainnya kecil tapi bukan kopek. Jadi bukan cuma seperti ice creamnya Musangking……ini kayak ada topingannya…..ada sesuatu yang lebih namun nggak brani saya omongin. Hasrat kelaki-lakian yang seperti terpancing. Yang jlas saya jadi paham sekarang, knapa ada pantangan dalam memakan durian keramat ini: “Jika Anda ingin makan durian ini bersamaan dengan durian lain, ANDA DILARANG MAKAN DURIAN SUNAN DULU!” Karna bila Anda tetep aja ngotot makan durian Sunan dulu, maka durian lain akan nggak berasa durian lagi……weleh weleh…….….
Xiiixiii……
jadi terbukti lebih enakkan????!

 

Ready Stock:
Bibit buah Durian Sunan