LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2 (NEW KRISTAL)

BABAK BARU LENGKENG KRISTAL 2 PER DOMPOL BISA 4,3 Kg!

Kristal 2 - top foto 1

GEGER LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2. Sebenarnya saya pingin menyimpan foto saya ini selama mungkin, terus terang (maap) saya dah kewalahan rasanya melayani besarnya permintaan bibit lengkeng Kristal 2 yang fenomenal ini (soalnya pada nggak sabaran, pingin cepet dikirim bibitnya kalo dah transfer…hhheehe). Mana ada sich lengkeng yang hampir begitu sempurna seperti lengkeng satu ini: ya manisssnya yg mak nyesss (pas, nggak manis banget, dijamin nggak berhenti makan), ya daging buahnya yg begitu tebelll dengan bijinya yg kecil, ya bentuk buahnya yg bulet gede……dan begitu kering daging buahnya itu lho jadi nggak merepotkan kalo kita sedang asyik makan buah lengkeng. Trus ngapain akhirnya saya munculkan jugak foto ini???
Gara-garanya itu muncul varietas lengkeng baru, tapi blum tersedia bibitnya. Nah, ini kan jlas bikin repot saya…..hp saya trus berdering…hadeww…..Ketika saya tawarkan lengkeng top Kristal 2 ini sebagai penggantinya, ada yg justru balik bertanya:
“Apa buahnya selebat seperti yg di foto ini???”, tanyanya sambil memperlihatkan/ mengirimkan foto wartawati majalah pertanian bersama lengkeng baru tersebut. Kebetulan di fb saya nge-share jugak.
Woalah, belum tahu dia!!!
Saya pun langsung kirim balik foto saya ini.
“Lihat baik2, pak……meski hujan lebat……lengkeng ini bandelnya minta ampun. Buahnya lebat juga kan?? Kalo bapak lihat dompolan terbesar yang paling kiri itu diperkirakan (sampai saat ini belum di panen – kurang lebih 3 Minggu lagi) beratnya nyampek 3 Kg…..lebih keren kan???”
Diem, tak ada jawaban.
Tuttt….tuuuttt…tuuttt….
Malemnya pesanan besar dan bertahap muncul di BBM saya….
Alhamdulillah.
Karena saya pikir sudah terlajur beredar, ya udah skalian dibikin status aja….xiiixii…..sambil berdoa: moga2 Anda tertarik jugak!!!!!
Aaamiiin.(sengaja dikirim pas jam 12 malam ini….biar nggak geger….hehhhee).

MAAF! Terus-terang, baru kali ini saya akui bahwa perkiraan saya pada status sebelumnya (saat masih di pohon) tentang berat dompolan lengkeng KRISTAL 2 yang terberat sekitar 3 Kg ternyata jauh dari itu. Maaf…..salah! Ternyata beratnya waktu pertama ditimbang di kebun aja bisa nyampek 4,3 Kg!!!!! Ckkkckkk……
Ini bener2 kejutan……gimana kalo pemeliharaan bisa dimaximalkan lagi?? Bisakah tembus 5 Kg?? Woooww ini jlas tantangan. Karena perawatan pohon lengkeng Kristal 2 ini memang tergolong biasa saja dan dikerjakan secara bersama-sama oleh kelompok pembibit buah di Semarang. Lokasinya berada di lahan milik salah satu anggota yaitu pak  Ismanto……..yang dianggap rada jauh dari anggota kelompok yang lain. Smoga ini menjadi semangat untuk kembali guyup bekerja sama.
Sayang ketika dilakukan penimbangan ulang pada malam harinya dan disaksikan oleh teman-teman penggemar buah lengkeng……..jarum timbangan cuma menunjukkan angka 4 Kg lebih sedikit…mungkin ada faktor penyusutan, rontok atau kehilangan….hehhhee….
Yang jlas ini rekor baru yang saya catat: 4,3 Kg. LUAR BIASA.Ini saat ditimbang kedua kalinya disaksikan teman2 komunitas di Tegal, namun ada faktor kehilangan/ susut sehingga cuma 4 Kg saja….. 

ditimbang kristal 2

Ini yang 4,3 Kg itu(masih di kebun).

lengkeng Kristal 2 per dompol 3 kg


READY STOCK:
Bibit buah Lengkeng Kristal 2 berbagai ukuran
Tabulampot Lengkeng Kristal 2

34 tanggapan untuk “LENGKENG “SUPER” KRISTAL 2 (NEW KRISTAL)

  1. Saya sangat tertarik membaca keterangannya disertai dengan foto buah lengkeng yang lebat, saya ingin meyakinkan kalau bibit yang baru ini bisa berbuah di dataran tinggi, kebetulan saya tinggal di pegunungan Tana Toraja Sulawesi Selatan, untuk itu mohon keterangan lebih lanjut khususnya alamat pemesasan bibit yang di maksud.

    1. Perlu bapak pahami bahwa lengkeng sendiri sebenarnya tanaman dataran tinggi (sub tropis)……jadi kalau ditanam di Tana Toraja ya kayak kembali ke asalnya.
      Dsn Kolang kaling RT 09/ RW 01 Desa Wujil, Kec. Bergas, Kab. Semarang
      telp: 085226947434

    1. Khusus untuk lengkeng Kristal 2 ini memang tahan bunganya terhadap guyuran hujan…..namun tetap sebelum perangsangan buah dipupuk dulu sehingga terlihat subur.
      Ukuran buah besar dengan cara dipotong 10 cm dri ujung bunganya…..ini yang disebut seleksi.

  2. PAK , APA BISA DILAYANI KALAU PESAN BIBIT HARGA 150.000,- SEBANYAK 10 BATANG BERAPA TAMBAH ONGKOSNYA KALAU DIKIRIM KE CEPU,BLORA JAWA TENGAH. TERIMA KASIH.

Tinggalkan komentar