DEWANDARU

CHERRYNE WONG JOWO DIPERCAYA BAWA WAHYU

dewandaru
DEWANDARU atau Cermai Londo atau bahkan ada yang menyebut Java Cherry…..top banget kalo sedang berbuah…..terlihat warna buahnya bertumpuk-tumpuk, ada yg masih hijau, kuning, merah dan merah kehitaman. Indah nian! Akhir-akhir ini didapuk sebagai buah anti kanker dan anti oksidan yg ampuh, karna kaya akan kandunga kimiawi yg dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

READY STOCK:
Bibit buah Dewandaru
Tabulampot Dewandaru

Iklan

BEACH CHERRY

BERBUAH TERUS

Seringkali saya menerima keluhan kenapa buah Beach Cherry milik mereka tidak manis?? Padahal buah yg satu ini manis bener bila mendapat perawatan maximal: pemangkasan produksi, penjarangan buah dan daun, pemberian pupuk NPK dng unsur P dan K yg tinggi, penyiraman tidak terlambat, dll. Buah pun akan tampak sempurna seperti yg terlihat di tangan istri saya: besar, merah, dan yg penting maniiiisss…….

Dan juga, sering kali banyak pembeli yang complain karena ketidaktahuan akan perawatan tanaman buah impian. Yang memang perlu perawatan dan pengetahuan khusus. Gimana sih kok tanaman buahku nggak berbuah lagi, padahal waktu beli bisa berbuah? Tanamanku kok jadi subur begini tapi malah malas berbuah? Menanggapi complain seperti ini harus sabar dalam mencari akar permasalahannya. Kalau tidak begitu akan timbul kesalahpahaman atau yang lebih sadis lagi pembeli merasa tertipu! Gawat….

Beach Cherry Loh (BCL) atau dalam bahasa latinnya Eugenia reinwardtiana adalah salah satu tanaman yang manja ini. Trus apa hubungannya manja dan berbuah? Para pembeli pasti akan jawab kalau mereka sudah kasih pupuk yang cukup, disiram teratur, dikasih ZPT segala. Bahkan ibaratnya dijaga trus, nggak boleh ada yang menggangu pokoknya. Biasanya saya akan balik tanya: sudah ibu pangkas tanamannya? Apa, dipangkas? Eman-eman to Mas. Lah justru itu penyebabnya. Banyak tanaman buah yang mesti dipangkas untuk menjadikan dia stres dan berbuah. Karena pemangkasan juga salah satu upaya memanjakan tanaman supaya berbuah. Dari pangkasan ini akan memunculkan cabang-cabang baru yang akan menghasilkan bunga dan kemudian berbuah. Tanaman juga kelihatan jadi menarik, terlalu subur juga membuat tanaman terlalu banyak daunnya, yang menghambat pembungaan. Selain BCL, anggur, markisa, dan apel adalah tanaman buah-bauhan yang memerlukan pemengkasan produksi untuk bisa berbuah. Setelah itu biasanya sayapun jadi lega dan bahagia kalau para pembeli memahaminya, tapi bukan kata ‘maaf’ dari mulut mereka yang membuatku bahagia lho, tidak lagi dituduh menipu, point itu yang membahagiakan….lega rasanya………..

Sebenarnya saya ingin menampilkan Mangga Chokanan (sayang nggak bisa dalam satu foto, karena berjarak) yang berbuahnya tidak kenal musim, sehingga berbuahnya susul menyusul seperti foto Beach Cherry ini: ada buah yg dah matang, buah mengkal, buah mentah, pentil, bunga mekar, bunga menutup, calon bunga……..sampai kasihan rasanya…..apa nggak lelah tuh berbuah teruuuuussss!!!!……..
READY STOCK:
Bibit buah Beach Cherry.

BARBADOS CHERRY

PENCEGAH PENYAKIT PARKINSON!

barbados2Berhubung PENTING nya info ini yg sudah saya muat di halaman saya “Bibit Buah” dan banyaknya kesalahpahaman terhadap cherry yang satu ini. Maka perlu diketahui sekali lagi bahwa Cherry Barbados (Malphigia emarginata) alias Acerola adalah tanaman yang dianggap ajaib dan mengejutkan….selain bentuknya yang indah yang mirip apel mini, juga manfaatnya sebagai obat terhadap penyakit tertentu begitu luar biasa. Meskipun ternyata sebagai Cherry dianggap rada masam, namun itu bisa diatasi dengan dibuatnya dalam bentuk juice! Makanya sebagai bahan antioksidan yang tinggi, terutama yang disediakan sebagai juice tadi malahan lebih tinggi dibandingkan juice strawberry, juice anggur, bahkan juice apel sekalipun. Dan sangat kaya akan vitamin A dan C. Bayangkan aja….kandungan vitamin C dalam Barbados Cherry bisa mencapai 16.000 – 17.000 ppm, coba bandingkan dengan buah jeruk yang hanya mengandung 500 – 4.000 ppm. Top bangetkan!

Sehingga tak heran bila Barbados Cherry bisa mempercepat penyembuhan pilek dan flu, dan yang lebih terkenal meningkatkan kesehatan otak atau mencegah Parkinson’s disease yang mengerikan itu, juga menjaga kesehatan kulit (mencegah penuaan dini dan sebagai anti jamur). Sehingga bila pingin mencegah/ memperlambat kepikunan saat tua nantinya ya tanem aja Cherry yang bener2 woow ini!

Barbados Cherry

Makanya nggak heran tanaman ini sudah dibudidayakan secara besar-besaran di negara Brazil dan Vietnam dengan dukungan Jepang yg memiliki jumlah manula yg terbilang besar di dunia.

Bibit buah Cherry Barbados ini sudah tersedia dalam bentuk cangkok maupun sambung pucuk.

LOLITA CHERRY

SI HITAM MANIS ‘LOLITA’!

Dijamin kemayu tenan. Dng dahannya yg ramping tampak bergoyang2 terkena angin. Wong sebelum akhirnya menghitam, warna buahnya tuh udah cuantik banget dng 4 warna berubah2: hijau muda, hiaju tua trus kuning, dilanjut jadi merah menyala (kayak di foto). Maka pantas aja ada yg menyebutnya Ratu Cherry. Dibanding kembarannya si Fermilion Cherry, maka Lolita Cherry ini juga terkenal sama2 maniiisnya. Legit dan seger lah. Cuma kalo si Fermilion nggak bisa berwarna puncak hitam sempurna gitu, paling nyampai merah aja. Yang top lagi, kalo berbuah bisa banyak dan bertumpuk-tumpuk…. tampak indah……maksudnya ada yg pentil, hijau muda sampai warna masak hitam. Woww…ini lah Cherry tanpa rasa masam….Jlas rasa manisnya yg khas itu yg bisa membedakannya dng cherry-cherry lain……tinggal lep…….

GRUMICHAMA

CHERRY PALING MENGGODA

Kalau ada buah yg begitu indah tampilannya sehinga Anda seperti nggak tega mau memakannya, maka salah satunya adalah buah GRUMICHAMA atau black pitomba. Saking indahnya bahkan bisa sbg hiasan top taman. Warna buahnya yg hitam keunguan serempak dan mengkilat yg bisa memantulkan cahaya membuat pohonnya bak ditebari permata. Rasanya pun manis menyegarkan sperti cherry (tpi ada yg bilang mirip Jaboticaba) shg ada menyebut Brazillian Cherry. Kulit buahnya yg tipis menyajikan sensasi tersendiri, membuat lidah Anda berputar2 tak sadar. Apalagi bila Anda menikmatinya dalam bentuk jelly…..wuiiihh…… betul2…..nikmat nyooo…….

Ada yang menyebut Black Pitomba Cherry